Sukses

Kaleidoskop 2016: Nikita Mirzani & Prostitusi Online Artis Lain

Liputan6.com, Jakarta Dunia artis bukan hanya identik dengan kehidupan glamor, tapi juga skandal. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti kata skandal kurang lebih: perbuatan yang memalukan atau menurunkan derajat seseorang.

Nah, skandal yang menyengat perhatian khalayak di tahun 2016 yang sehari lagi akan kita tinggalkan, salah satunya adalah kasus dugaan prostitusi online artis, salah satunya yang melibatkan nama Nikita Mirzani.

Ya, di tahun 2016 pemberitaan di media massa tentang para artis di Tanah Air bukan hanya tentang prestasi dan karya mereka, tapi juga skandal tersebut. 

Dalam catatan Liputan6.com setidaknya ada enam artis wanita yang namanya disangkut-pautkan dengan isu itu. Bahkan, ada beberapa yang sudah sempat diproses pihak yang berwajib meski mereka masih berstatus sebagai saksi.

Pangkal dari semua itu adalah kicauan Robby Abbas.  Pria yang berprofesi sebagai muncikari itu sudah menjalani hukuman selama 16 bulan dalam kasus prostitusi. Vonis hukuman didapat dari majelis hakim Jakarta Selatan November 2015.

Namun, saat bebas bulan pertengahan tahun 2016, efek dari kasus itu tetap saja masih mengemuka. Bahkan, hadir sejumlah nama baru yang terseret kasus dugaan prostitusi itu, di luar nama yang disebut-sebut oleh muncikari Robby Abbas sebagai 'artis asuhannya'. 

Siapa saja mereka? Ini dia rangkumannya untuk Anda:

 

1 dari 7 halaman

Nikita Mirzani

Nikita Mirzani sempat diamankan dalam sebuah penggerebekan di sebuah hotel berbintang di kawasan Jakarta Pusat, 10 Desember 2015. Nama Nikita Mirzani memang sudah sejak lama dicurigai terlibat dalam prostitusi online artis.

Tapi, belakangan artis sensasional itu dianggap hanya sebagai korban human trafficking alias perdagangan manusia. Dan, tetap saja citra yang melekat pada dahi Nikita Mirzani ya artis yang tersangkut kasus prostitusi. Bahkan, gara-gara kasus ini, diketahui tarif yang akan diberikan kepada Nikita Mirzani.

Kabarnya, Nikita Mirzani memasang tarif sebesar Rp60 juta sampai Rp100 juta. Benarkah? Yang jelas, Nikita Mirzani sendiri membantah terlibat dalam kasus artis prostitusi Indonesia. Bahkan, pemain film Warkop DKI: Reborn ini mengaku bahwa dirinya merasa dijebak saat ditangkap. "Gue bukan PSK gue punya karya," katanya.

Setelah kasus ini merebak, sepanjang tahun 2016, pemberitaan tentang Nikita Mirzani kebanyakan yang berbau sensasi atau bahkan negatif. Misalnya Nikita Mirzani dikaitkan dengan kisruh rumah tangga Nafa Urbach dan Zack Lee atau perseteruannya dengan Julia Perez yang berujung saling lapor ke polisi. 

 

2 dari 7 halaman

Anggita Sari

Anggita Sari ditangkap polisi di hotel berbintang di Surabaya setelah melayani pria hidung belang dengan bayaran Rp7,5 juta sekali kencan, di akhir tahun 2015. Tapi, citra tentang profesi tambahan Anggita Sari selain sebagai model ini terus melekat sampai sekarang. 

Di akhir November 2016, malahan nama Anggita Sari diperbincangkan dengan satu kasus baru yaitu sebagai pengguna narkoba. Ya, Polres Jakarta Selatan menangkap mantan kekasih mendiang terpidana Freddy Budiman itu dengan barang bukti sejumlah narkoba.

Soal kasus prostitusi, Anggita Sari sempat membantah penangkapannya. Anehnya, belakangan dia mengakui jika dirinya masuk dalam jaringan prostitusi artis Indonesia. Tapi, Anggita Sari membantah dibayar murah untuk melayani pria hidung belang. Berapa tarif Anggita Sari?

Yang jelas, kalau soal kasus narkoba Anggita Sari tak meradang dengan pemberitaan. Menurut Kasat Narkoba Polres Jakarta Selatan Kompol Vivick Tjangkung, Anggita masuk ke RSKO. "Dia didampingi keluarga dan pengacaranya. Sudah diserahkan ke RSKO dan direhab," terang Kompol Vivick Tjangkung, saat itu.

Seperti diketahui, Anggita Sari diciduk di rumahnya di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan pada Kamis, 24 November 2016 dini hari. Dari tangan Anggita Sari, polisi menemukan 55 butir psikotropika. Model yang pernah tertangkap kasus prostitusi artis itu dikenakan Pasal 62 UU Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika. Anggita Sari pun kini terancam lima tahun penjara.

 

3 dari 7 halaman

Hesty Klepek Klepek

Nah, di awal tahun 2016, ada satu sosok artis yang juga tertangkap karena dugaan terlibat prostitusi. Dialah pedangdut Hesty Klepek Klepek. Semua berawal dari kejadian di sebuah hotel di Bandar Lampung.

Muncikari yang bernama Kiki dan Sofian kabarnya yang menjual Hesty kepada pria hidung belang, ketika Hesty Klepek Klepek sedang berada di ibu kota Lampung itu.

Tapi, seperti biasa Hesty Klepek Klepek menampik sebagai pelaku prostitusi. Dia menegaskan bahwa bukan satu dari sekian artis yang terlibat dalam kasus prostitusi. Ia mengaku bahwa perginya ke Lampung hanya untuk kepentingan menyanyi saja.

Hesty Klepek Klepek digerebek pada bulan Februari 2016, di sebuah kamar hotel di Bandar Lampung. Ia ditangkap bersama dengan seorang pria, yang Hesty juga tidak kenal.

Hesty yang tengah berbadan dua ini menampik bahwa ia melakukan sesuatu hal terlarang dengan pria tersebut.
Hesty menjelaskan ia hanya mengobrol biasa saja di dalam kamar itu.

Lantaran, ia berpikir orang tersebut adalah salah satu dari orang EO (event organizer) yang hendak mengajaknya rapat. Mirisnya, saat itu Hesty diketahui sedang berbadan dua. Beberapa bulan lalu, Hesty bertemu sejumlah wartawan dan mengaku sudah melahirkan seorang bayi laki-laki. 

 

4 dari 7 halaman

Shinta Bachir

Robby Abbas berkoar-koar Shinta Bachir  sebagai salah satu artis yang terlibat prostitusi online. Shinta Bachir yang dianggap Robby sebagai salah satu asuhannya sebagai muncikari, kabarnya memasang tarif Rp40 juta sekali kencan.

Skandal Shinta Bachir terbongkar setelah Robby Abbas diadili di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Terdakwa (Robby Abbas) yang memperkenalkan Shinta Bachir kepada tamu. Rp5 juta untuk terdakwa dan Rp35 juta untuk Shinta Bachir,” ujar Ketua Majelis Hakim, Muchtar Effendi, dalam sidang di PN Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Shinta Bachir jelas menolak. Dia hanya mengaku pernah berhubungan dengan Robby Abbas untuk meminjamkan uang. Belakangan berita tentang Shinta Bachir diwarnai tentang pernikahan sirinya dengan seorang pria beristri. Dari pernikahan itu lahirnya seorang bayi laki-laki. 

Sempat mengenakan hijab dan menjalani bisnis busana muslimah dan kuliner, Shinta Bachir tiba-tiab diketahui mengenakan hijab. Tapi, dua bulan lalu, penutup kepala itu dilepas dan Shinta Bachir kembali mengumbar auratnya. Di sejumlah posting-an Instagramnya, Shinta Bachir terlihat memamerkan gaya seksinya dalam berbusana.

 

5 dari 7 halaman

Amel Alvi

Nama Amel Alvi menjadi artis pertama yang kelakuannya diungkap oleh pihak Kepolisian. Amel Alvi digerebek saat hendak melayani salah satu pelanggannya di sebuah hotel berbintang di Jakarta pada Mei 2015. Tapi, sepanjang tahun 2016, sosok DJ seksi ini terus saja identik dengan prostitusi online artis.

Amel Alvi sendiri disebut-sebut memasang tarif Rp80 juta sekali kencan, dengan pembayaran di awal sebesar Rp7 juta.
Amel Alvi sendiri sempat datang sebagai saksi dalam persidangan yang mendudukkan Robby Abbas sang muncikari sebagai tersangka. Kala itu, Amel memilih untuk menutup semua wajahnya dengan kerudung dan cadar hitam.

Belakangan pemberitaan tentang Amel Alvi ini lebih diwarnai oleh gaya seksinya dalam menjalankan profesi sebagai DJ. Saat menyajikan musik di sejumlah klub, Amel Alvi memang selalu berbusana terbuka. Misalnya dengan mengenakan bustier atau atasan ala bra blink-blink. 

Dan, Amel Alvi tak peduli dengan segala cibiran masyarakat yang ditujukan pada dirinya.

 

6 dari 7 halaman

Tyas Mirasih

Nama artis Indonesia lain yang sempat dikaitkan dengan kasus dugaan prostitusi online dan membantah sambail marah-marah adalah Tyas Mirasih. Nama Tyas Mirasih kabarnya masuk dalam daftar artis prostitusi yang dibongkar muncikari, Robby Abbas (RA).

Robby Abbas memang gemar buka-bukaan informasi. Dia misalnya membeberkan identitas artis yang dia bina dan ditawarkan kepada pengusaha, politisi dan pejabat. Salah satu di antaranya, disebut-sebut adalah Tyas Mirasih.

Tyas sendiri memberikan bantahannya dalam kasus prostitusi artis yang diduga melibatkannya. Namun, Tyas hanya buka suara di akun Instagram pribadinya, tanpa menemui awak media.

"Skrg saya mau buat pernyataan dan klarifikasi terkait perkara yg saat ini menyeret nama saya. Alhamdulillah krn perkara ini sudah berkekuatan hukum tetap, saya akan buat pernyataan dan klarifikasi, bahwa saya sama sekali tidak terlibat dalam kasus RA maupun perbuatan asusila lainnya, bahwa dlm sidang putusan kasus RA, tidak benar nama saya disebut terbukti melakukan perbuatan asusila, maka dgn ini saya minta agar pihak2 yg terus menyudutkan saya dgn menyebar berita tidak benar, untuk mencabut dan men stop pernyataannya terkait pemberitaan ttg saya yg tidak benar tersebut." tulis Tyas.

Artis sinetron ini memang rajin membalas cacian haters di akun Instagram pribadinya. Bahkan, di setiap unggahan foto dengan pose seksinya. Kini, Tyas Mirasih seperti vakum di dunia hiburan dan asyik menjalani hubungan asmaranya dengan musisi Reiden Soedjono. Belakangan Tyas seperti sedang mempersiapkan diri menjadi penyanyi.