Sukses

Kaleidoskop 2016: Saat Indonesia Diguncang Teror Valak

Liputan6.com, Jakarta Film The Conjuring 2, mungkin bisa dibilang film horor yang paling banyak dibicarakan di tahun 2016 ini. Ada sejumlah alasan mengapa film James Wan yang rilis di bulan Juni lalu ini menimbulkan euforia tersendiri di masyarakat.

Yang pertama, karena film yang dibintangi oleh Vera Farmiga dan Patrick Wilson adalah sekuel dari film sukses dari tahun 2013, The Conjuring. Tentu banyak orang yang penasaran bagaimana kelanjutan kisah suami istri Warren dalam film kedua.

Alasan yang kedua, karena The Conjuring 2 diangkat dari kasus paranormal yang diklaim benar-benar terjadi di dunia nyata. Peristiwa mengerikan ini, terjadi di Enfield, Inggris, pada tahun 1977.

Bukan salah netizen menjadikan Valak sebagai meme, pasalnya dia memang layak, sih. Kenapa begitu? (Via: pilotmovie.com)

Faktor lain yang mendorong meledaknya film ini di Tanah Air, adalah kemunculan Valak, sang makhluk halus yang merupakan tokoh antagonis dalam film ini. Bila dalam demonologi Valak digambarkan sebagai anak kecil yang menunggangi naga, maka dalam The Conjuring 2 karakter ini digambarkan sebagai setan berkostum biarawati dengan wajah putih.

Yang menarik, Valak kemudian menjadi sebuah fenomena tersendiri, bahkan tak jarang lepas dari film The Conjuring 2. Di Indonesia, Valak menyusup dalam berbagai percakapan masyarakat di pertengahan tahun 2016. Mulai dari meme, hingga cemoohan untuk seleb Indonesia.

 

1 dari 4 halaman

Meme

Kemunculan Meme yang menampilkan Valak, berjalan seiring dengan popularitas dedemit menyeramkan ini di Indonesia. Berbagai meme tentang Valak muncul di media sosial.

Nggak bikin takut, 11 meme The Conjuring 2 malah bikin kamu ngakak sampai sahur.

Tak sedikit yang membicarakan plesetan nama Valak. Nama ini diubah menjadi 'malak', 'galak', hingga 'salak'.

Meme Valak Conjuring 2

Perlu diingat pula, bahwa pemutaran The Conjuring 2 bersamaan dengan bulan suci Ramadhan. Kocaknya, hal ini kemudian melahirkan beragam meme yang mendukung suasana puasa. Banyak meme yang menceritakan Valak hendak membangunkan orang-orang sahur.

(Sumber: ijumpig/Instagram)

Salah satu meme Valak yang paling kocak, adalah ketika Ratu Horor Indonesia, Suzzanna, ditemukan dengan Valak dalam sebuah Meme.

 

2 dari 4 halaman

Tutorial Make Up

Siapa bilang tak ada yang menginginkan wajah mengerikan seperti Valak? Setidaknya, seorang beauty vlogger dari Malang bernama Vindy, mencoba mengkreasikan kembali gaya make up Valak dalam sebuah videonya.

Valak rupanya karakter misterius yang muncul mendadak di film The Conjuring 2. Siapakah sosok aslinya?

Hasilnya, video yang ia unggah di media sosial menjadi Viral. Video yang ia unggah di YouTube, bahkan telah ditonton lebih dari 1,8 juta kali.

3 dari 4 halaman

Cemooh

Wajah seram Valak, sayangnya menjadi senjata bagi para haters untuk mencemooh artis yang tidak mereka sukai di media sosial. Ayu Ting Ting misalnya, pernah disebut mirip dengan setan ini karena terlihat pucat tanpa makeup.

Penyanyi dangdut Ayu Ting Ting. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebaliknya Revi Mariska juga pernah disebut mirip Valak karena dinilai memulas eyeliner terlalu tebal di matanya. Untungnya, masih ada netizen yang membela artis-artis yang di-bully ini.

 

Artikel Selanjutnya
6 Film Horor Ini Cocok Ditonton oleh Para Penakut
Artikel Selanjutnya
Power Rangers: Lebih dari Sekadar Nostalgia untuk Generasi 90-an