Sukses

6 Insiden Lip Sync Para Bintang Dunia yang Paling Memalukan

Liputan6.com, Jakarta Bernyanyi dengan sebaik mungkin di atas panggung, jelas merupakan salah satu tugas seorang penyanyi. Namun kadang, karena satu dan lain hal, seorang penyanyi memilih untuk manggung secara lip sync.

Di panggung-panggung besar, keputusan untuk melakukan lip sync jelas bukan satu hal yang bijaksana. Pasalnya, sang penyanyi bisa dianggap tak menghormati panggung tersebut, dan para penonton yang telah hadir.

Namun ternyata tetap saja sejumlah penyanyi melakukan lip sync. Tak sedikit yang lantas berakhir dengan peristiwa yang mempermalukan sang penyanyi sendiri. 

Siapa saja mereka?

1 dari 7 halaman

Milli Vanilli

Ini adalah salah satu kasus paling memalukan dalam dunia musik. Duo R&B Milli Vanilli, ketahuan melakukan lip sync di atas panggung MTV di tahun 1989. Rekaman suara mereka tiba-tiba rusak dan terus mengulang di bagian yang sama.

Belakangan, bahkan ketahuan bahwa suara dalam rekaman itu pun bukan suara mereka. Duo yang selalu tampil dengan rambut gondrong ini tak pernah sekali pun bernyanyi dalam lagu-lagu mereka. Buntutnya, mereka kemudian mengembalikan piala Grammy yang telah mereka terima.

2 dari 7 halaman

Ashlee Simpson

Saturday Night Live, salah satu variety show paling populer di Amerika Serikat, kerap mengundang artis untuk ikut tampil di panggungnya. Adik Jessica Simpson, Ashlee Simpson, adalah salah satu bintang yang cukup populer di awal 2000-an. Tak heran, ia lantas diundang dalam satu episode di tahun 2004.

Lagu pertama, "Pieces of Me", ia nyanyikan dengan mulus. Saat tiba waktunya lagu kedua dinyanyikan, justru intro "Pieces of Me" yang kembali berkumandang, lengkap dengan suara Ashlee Simpson. Ini, membuka kedok bahwa Ashlee Simpson sebelumnya hanya lip sync belaka.

Bingung hendak melakukan apa, Ashlee Simpson lantas berjingkat-jingkat dan turun dari panggung, sementara band-nya terus bermain. Sampai saat ini, Ashlee terus jadi guyonan karena penampilannya ini.

3 dari 7 halaman

50 Cent

Tak hanya para penyanyi, rapper pun tertangkap basah melakukan lip sync. Rapper 50 Cent, ketahuan melakukan aksi ini saat tampil di BET Awards tahun 2007.

Saat itu ia sedang diturunkan dari langit-langit panggung dengan menggunakan platform. Di tengah jalan, ia melepaskan jaket, dan menjauhkan mic-nya dari mulut. Namun, suaranya tetap terdengar.

Rapper kekar ini, lantas mengaku bahwa ia sedang tak konsentrasi karena melakukan beberapa hal yang tak ada dalam geladi resik.

4 dari 7 halaman

Beyonce

Beyonce mendapat kesempatan berharga untuk tampil dalam inagurasi Presiden Amerika Serikat Barack Obama, untuk periode kedua pemerintahannya, di tahun 2013. Beyonce, tampil membawakan lagu kebangsaaan Amerika Serikat, "The Star-Spangled Banner".

Namun banyak yang mempertanyakan, apakah Beyonce benar-benar menyanyikan lagu itu. Pasalnya, band yang seharusnya mengiringi Beyonce, ternyata hanya berpura-pura memainkan musik, tak mengeluarkan suara apa pun.

Belakangan, Beyonce mengaku bahwa ia melakukan lip sync karena ia adalah seorang yang perfeksionis. Kala itu, ia mengaku sedang merasa sangat emosional. "Aku berlatih sampai kakiku berdarah dan aku tidak punya waktu berlatih dengan orkestra. Karena itu aku tak berani mengambil risiko," katanya.

5 dari 7 halaman

Britney Spears

Britney Spears, telah berkali-kali dituduh melakukan lip sync. Yang terbaru, adalah saat ia tampil di MTV Video Music Awards 2016. Kala itu, ia membawakan lagu "Make Me" dan "Me, Myself & I". Namun ia berkali-kali terlihat salah lirik.

Tak heran ia lantas menjadi sasaran hinaan bagi netizen setelah penampilannya ini.

6 dari 7 halaman

Mariah Carey

Yang paling gres, adalah insiden yang terjadi pada Mariah Carey. Saat tampil di panggung pergantian tahun 2017 di Times Square, New York, Mariah Carey secara terang-terangan terlihat lip sync.

Dalam penampilannya ini, ia menyanyikan tiga lagu. Performanya mulai mengendur saat menyanyikan lagu kedua, "Emotion". Ia bisa dibilang sama sekali tak menyanyikan lagu ini, hanya berjalan mondar-mandir di panggung dan berbicara pada penonton.

Di lagu ketiga, "We Belong Together", ia awalnya sempat melakukan lip sync, namun kemudian menyerah. Ia berhenti berkomat-kamit di depan mic, dan membiarkan rekaman suaranya tetap diputar di latar belakang.

Belakangan, Mariah Carey mengaku ia mengalami kendala teknis yang menyulitkannya bernyanyi di atas panggung.