Sukses

Yana Zein Merasa Percuma Jalani Kemoterapi

Yana Zein kini menjalani radiotherapy.

Liputan6.com, Jakarta - Yana Zein saat ini tengah berjuang melawan penyakit kanker payudara dan juga kanker kelenjar getah bening. Selama perawatan, janda dua anak itu sudah enam kali menjalani kemoterapi.

Namun kemoterapi yang sudah dijalaninya dianggap sia-sia oleh wanita 47 tahun tersebut. Karena bukannya sembuh, kanker tersebut kini semakin ganas. 

Yana Zein mengaku sudah mengidap kanker sekitar 2 tahun lalu, Jakarta, Selasa (3/1). Yana merahasiakan penyakitnya karena enggan merepotkan orang lain atas kondisinya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Awalnya langsung kemo, enggak lewat operasi. Kita biopsi langsung stadium tiga. Setelah enam kali kemoterapi, kanker saya malah menyebar, dan jadi stadium 4. Kemoterapi kemarin bisa dikatakan gagal, karena dari stadium 3 malah naik stadium 4," kata Yana Zein, saat ditemui di Rumah Sakit Siloam, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (3/12/2016).

Lantaran kemoterapi tak bisa menundukkan kankernya, dokter pun menyarankan Yana Zein untuk menempuh cara lain untuk mendapatkan kesembuhan.

"Dokter menyarankan berhenti kemoterapi, lalu disarankan menjalani radiotherapy sebanyak 25 kali. Jadi dilakukan Senin sampai Jumat, sampai target 25 kali radiotherapy," ungkap Yana Zein.

Yana Zein saat menerima wartawan di Rumah Sakit Siloam, Jakarta, Selasa (3/1). Yana Zein masih menjalani perawatan intensif terkait penyakit kanker payudara stadium 4 yang dideritanya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Karena terpentok biaya, Yana Zein menjalani perawatan dan pengobatan dengan terapi radiasi hanya bermodalkan BPJS.

"Saya sangat terbantu banget menggunakan BPJS ini. Karena biaya pengobatan kanker itu sangat mahal. Tidak bisa diprediksikan," tutur Yana Zein.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.