Sukses

Lepas Wamil, 6 Artis K-Pop Siap Kembali ke Dunia Hiburan

Liputan6.com, Seoul - Akhir tahun kemarin, tepatnya pada 30 Desember 2016, dua anggota boyband papan atas Korea Selatan, yakni Kim Jaejoong JYJ dan Lee Sung Min Super Junior, telah menyelesaikan tugas wajib militer selama 21 bulan. Para penggemar pun menyambut kepulangan mereka dengan sangat antusias.

Kepulangan Kim Jaejoong dan Lee Sung Min ini baru permulaan saja. Pasalnya, di tahun 2017 ini sejumlah aktor dan musisi berpengaruh di Korea Selatan juga akan segera menyelesaikan kewajibannya itu.

 [Foto: Kim Jaejoong discharged from Army]

Namun begitu, tak semua bintang yang akan kembali nanti benar-benar ditunggu kehadirannya. Karena beberapa di antaranya tetap tak luput dari kontroversi meski sedang mengabdi kepada negara.

"Tahun ini, ada banyak selebritas pria yang akan kembali dari wajib militer. Namun, ada di antara mereka yang terjerat kontroversi. Ini membuat kehadiran mereka kembali ke industri hiburan bisa terancam," kata salah seorang pengamat seperti dikutip situs allkpop (4/1/2014).

Ia melanjutkan, "Jika sudah begini, mau tidak mau mereka harus berjuang untuk membersihkan namanya kembali. Jadi sepertinya, mereka akan vakum untuk sementara waktu selepas menjalani wajib militer."

[Foto: Lee Sung Min discharged from Army]

Meski ada beberapa bintang yang namanya buruk, namun juga ada yang citranya tetap bersih. Mereka bahkan sudah merencanakan untuk segera merilis album baru bersama grup mereka masing-masing.

1 dari 7 halaman

Kim Hyun Joong

Kim Hyun Joong, dikenal sebagai aktor terkenal, termasuk membintangi beberapa drama ternama Boys Over Flowers dan Playfull Kiss. Kim Hyun Joong merupakan personel boyaband SS501 sempat terlibat skandal seks yang membuatnya memutuskan mengikuti wajib secara diam-diam.

Kim Hyun Joong mulai mengikuti wajib militer 12 Mei 2015. Selama kurang lebih dua tahun, Kim Hyun Joong dijadwalkan mengakhiri masa wajib militer pada 11 Februari 2017.

2 dari 7 halaman

TVXQ

Dua TVXQ, Yunho dan Changmin sama-sama melakukan wajib militer, masuk pada 2015. Yunho resmi bergabung sebagai peserta wamil sejak 21 Juli 2015, terdaftar dalam markas yang berada di Yangju, Gyeonggi, Korea Selatan. Yunho akan mengakhiri masa wajib militer pada 20 April 2017.

Sementara, terdaftar masuk wamil 13 November 2015. Changmin masuk tempat pelatihan tanpa diantar penggemar atau media. Changmin ingin wamil dengan tenang. Kami memohon pengertian kalian," ujar sumber dari SM Entertainment.

Setelah masa tugas berakhir, Changmin akan mengakhiri masa wajib militer pada 18 Agustus 2017.

3 dari 7 halaman

Eunhyuk `Super Junior`

Sama seperti rekan-rekannya yang lain, Eunhyuk juga dijadwalkan menyelesaikan masa baktinya di tahun ini. Eunhyuk Super Junior terdaftar sebagai peserta pelatihan di 102nd Reserve Forces di Chuncheon sejak 13 Oktober 2015 lalu.

Setelah menyelesaikan tugasnya sebagai tentara aktif selama satu tahun sembilan bulan, Eunhyuk Super Junior akan mengakhiri masa wajib militer. Eunhyuk diperkirakan akan lepas wamil pada 12 Juli 2017.

4 dari 7 halaman

Donghae Super Junior

Sama seperti Eunhyuk, Donghae merupakan personel Super Junior lainnya yang juga akan lepas di tahun 2017. Donghae masuk wamil bertepatan di hari ulang tahun, 15 Oktober 2015.

Saat itu, Donghae wamil secara diam-diam. Dengan diantar beberapa rekannya--Chanyeol dan Sehun `EXO, serta Leeteuk dan Zhoumi--mengantar kepergian Dongae untuk menjadi tentara aktif.

Tak terasa, hampir du atahun Donghae terdaftar sebagai tentara aktif. Kini, Donghae akan mengakhiri masa wajib militer pada 14 Juli 2017.

5 dari 7 halaman

Siwon `Super Junior`

Siwon terdaftar mengikuti pelatihan 19 November 2015. Namun Siwon tak mau proses masuk wamil disorot media atau diantar penggemar. Siwon ingin bertugas dengan tenang. Siwon masuk wamil bersama dengan rekannya sesama artis SM Entertainment, Changmin `TVXQ`.

Sebelum bertugas, Siwon melakukan pelatihan militer selama kurang lebih empat minggu. Kini, Siwon akan mengakhiri masa wajib militer pada 18 Agustus 2017.

6 dari 7 halaman

Park Yoocun `JYJ`

Park Yoocun, personel trio JYJ terdaftar sebagai tentara aktif sejak 27 Agustus 2015. Personel JYJ itu masuk ke tempat pelatihan secara diam-diam, tanpa sorotan media. Sebelum aktif sebagai tentara, Yoochun harus masuk ke pusat pelatihan.

Di sana ia menerima pelatihan dasar sebelum bertugas sebagai pekerja pelayanan publik selama kurang lebih dua tahun. Setelah masa baktinya selesai, Yoochun akan kembali menjadi warga sipil terhitung 26 Agustus 2017. 

Artikel Selanjutnya
Selfie dengan Fans, EXO Bikin Heboh Music Bank
Artikel Selanjutnya
Konser di Jakarta, G-Dragon Curhat soal Rasa Takut dalam Hidupnya