Sukses

6 Langkah Cerdas Mengatur Keuangan

Langkah cerdas yang Anda lakukan dalam mengatur keuangan dapat menentukan kesuksesan di masa sekarang dan masa depan.

Liputan6.com, Jakarta Dari waktu ke waktu, kebutuhan hidup cenderung semakin meningkat. Gaya hidup juga membuat kita memiliki keinginan tambahan di luar kebutuhan yang ingin dipenuhi.

Makanya sedari dini, penting sekali untuk mengetahui cara mengelola keuangan. Apalagi jika gaji yang Anda miliki pas-pasan. Langkah cerdas yang Anda lakukan dalam mengatur keuangan dapat menentukan kesuksesan di masa sekarang dan masa depan. Berikut ulasannya!

1. Rencanakan Keuangan Anda

Apapun yang Anda lakukan, semuanya memiliki konsekuensi finansial. Segala rencana yang Anda buat dalam jangka pendek sampai jangka panjang butuh pertimbangan finansial yang tepat. Setelah Anda menentukan apa yang mau dilakukan, misalnya rencana menikah, kuliah lagi, simpanan untuk dana pensiun, dll, baru Anda bisa membuat rencanan keuangan yang jelaa.

2. Catat Setiap Pengeluaran

Kebanyakan orang menghabiskan sekitar 2/3 dari pendapatan mereka pada tiga hal berikut: makanan, biaya rumah tangga, dan transportasi. Ada pun di urutan selanjutnya adalah untuk tabungan, pembayaran utang, dan kebutuhan opsional seperti hiburan dan jalan-jalan. Mulailah dengan mencatat pengeluaran sesuai pembagian pos masing-masing dengan begitu Anda bisa mengenali habit diri Anda sendiri yang tentunya bisa mempengaruhi perencanaan keuangan yang lebih baik.

3. Menabung di Awal

Setelah mencatat pengeluaran, jangan lupa juga untuk menyisihkan gaji di awal untuk ditabung. Sisihkanlah gaji Anda sekitar 10%-30% untuk rencana yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Dengan menyisihkan gaji di awal bulan atau saat begitu Anda menerima gaji, Anda akan terhindar dari tabungan yang terpakai tanpa diduga. Selain ini, ada cara yang lebih mudah untuk menyisihkan tabungan tanpa takut terpakai transaksi harian.

Aplikasi perbankan Jenius dari BTPN memiliki fitur bernama Dream Saver yang secara otomatis akan menyisihkan uang Anda per hari untuk rencana atau goal yang ingin Anda capai. Ibarat tabungan dalam tabungan, fitur ini akan menyimpan dan menjaga uang Anda dari kemungkinan terpakai tanpa disengaja karena transaksi, pembayaran, atau tarikan tunai ATM.

4. Manajemen Utang

Untuk bisa mengatur keuangan dengan baik, pastikan Anda terbebas dari utang, terutama utang konsumtif yang biasanya berasal dari gaya hidup. Pastikan Anda juga selalu mencatat cicilan atau utang yang sedang berjalan.

5. Kendalikan Kartu Debit

Terkadang saat berbelanja, Anda terbiasa berbelanja dengan menggesek kartu hingga tanpa disadari ternyata saldo semakin menipis. Kendalikan penggunaan kartu kredit Anda. Aplikasi Jenius memungkinkan Anda untuk mengatur limit transaksi dengan kartu maupun limit tarikan tunai ATM yang bisa diatur langsung di dalam menu Card Center. Dengan begini, pembelanjaan yang sering tidak disadari bisa Anda batasi.

Selengkapnya tentang Jenius bisa kamu temukan di sini!

Download dan aktivasi Jenius untuk iOS atau Android sekarang.

(Adv)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.