Sukses

Siapa Gus Anom, Ustaz yang Disebut Calon Suami Kristina?

Gus Anom memulai berdakwah sejak 2005.

Liputan6.com, Jakarta - Pemberitaan soal pedangdut Kristina belakangan menjadi topik hangat di dunia showbiz Tanah Air. Janda Al Amin Nur Nasution itu dikabarkan menjadi calon istri bagi seorang ustaz yang belakangan diketahui bernama Gus Anom.

Selain penasaran dengan pemberitaan Kristina, masyarakat juga sepertinya ingin lebih mengenal sosok Gus Anom. Liputan6.com berkesempatan bertemu langsung dan berbincang-bincang dengan Gus Anom di kawasan Tebet Jakarta Selatan, Jumat (13/1/2017).

Gus Anom (Ferry Noviandi/Liputan6.com)

Gus Anom memulai berdakwah sekitar tahun 2004. Namun uniknya, Gus Anom memilih untuk berdakwah jauh dari Jakarta dan memilih daerah-daerah terpencil.

"Saya pertamakali berdakwah ke Balikpapan. Lalu ke Samarinda, Manokwari, Makassar bahkan Singapura. Kalau enggak salah di Singapura lebih dulu," ujar Gus Anom menceritakan awal dirinya berdakwah.

Gus Anom mengaku punya alasan sendiri mengapa dirinya lebih memilih berdakwah ke daerah-daerah. "Karena di Jakarta sudah banyak ustaz, dai dan kyai. Kalau di daerah masih jarang. Saudara-saudara kita yang muslim, yang tinggal di daerah-daerah itu sangat butuh para guru agama. Makanya, saya hampir sebulan sekali itu ke Papua," sambung Gus Anom.

Kristina dan Gus Anom

Pria kelahiran 1 Mei 1979 ini juga menegaskan, dirinya tak pernah memasang tarif bayaran untuk berdakwah. Malah, Gus Anom sering memberi sedekah kepada fakir miskin di tempat-tempat yang ia singgahi untuk berdakwah.

"Karena saya sendiri punya usaha. Guru saya juga bilang, sebelum jadi ustaz, perkaya diri sendiri, supaya enggak kufur. Saya juga ingin menegaskan, bahwa tidak semua ulama itu minta bayaran. Tidak semua ulama itu kalau diminta ceramah minta bayaran tinggi," kata Gus Anom.

"Saya ke mana-mana, ke daerah-daerah, kalau naik pesawat bayar tiket sendiri. Enggak pernah minta nginap di hotel ini dan itu. Saya enggak pernah minta bayaran. Mau diundang ceramah di mana pun, asal saya ada waktu, saya pasti mau," sambung Gus Anom.

Gus Anom (Ferry Noviandi/Liputan6.com)

Soal dirinya kini sering masuk televisi, Gus Anom mengatakan, hal itu karena kuasa Allah. Gus Anom bahkan tak menyangka, kedekatannya dengan Kristina menjadi buruan media massa.

"Jujur, saya berdakwa memang tidak pernah mau terekspos, karena memang niatnya ikhlas. Tapi dengan adanya seperti ini (pemberitaan dengan Kristina), enggak ada di skenario. Kebetulan kami memang dekat karena Kristina sedang memperdalam Islam," jelas Gus Anom.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini