Sukses

Andien Ungkap Detik-Detik Mendebarkan Saat Persalinan

Andien menceritakan kisah haru saat melahirkan putranya, Anaku Askara Biru.

Liputan6.com, Jakarta - Kini Andien sudah resmi menjadi seorang ibu dari putra kecilnya yang bernama Anaku Askara Biru. Ya, setelah mengandung selama sembilan bulan, Andien akhirnya melahirkan pada 7 Januari 2017 melalui persalinan normal lewat metode water birth di kediamannya.

Melalui Instagram, Andien pun menceritakan detik-detik mendebarkan saat menghadapi proses persalinan. Sang suami, Ippe, dengan setia mendampingi saat penyanyi berusia 31 tahun itu mulai mengalami kontraksi.

[Foto: Instagram Andien]

"Kilas balik ke Sabtu minggu lalu. Pagi sekitar pukul 8.00 saya merasakan kontraksi hebat. Untuk itu, saya minta suami saya menemani berjalan-jalan sembari earthing di luar rumah. Ketika merasa sudah tak mampu berjalan, akhirnya saya menghubungi bidan untuk datang ke rumah saat itu juga," tulis Andien, Minggu (15/1/2017).

Ia juga menyertakan foto saat tengah berjuang melahirkan sang anak, yang dibantu oleh pelukan hangat sang suami. Proses pembukaan yang dilalui Andien pun terbilang sangat cepat dari yang ia prediksi.

"Sekitar pukul 11.00 bidan datang, sejam kemudian dicek ternyata belum ada pembukaan. Kontraksi datang semakin hebat, hingga akhirnya pukul 14.00 dicek kembali ternyata sudah pembukaan 1 menjelang 2. Tak disangka, pembukaan demi pembukaan berjalan lebih cepat dari yang saya kira," ia melanjutkan.

Andien Aisyah saat hamil 9 bulan. (Instagram - @andienaisyah)

Karena pembukaan yang cepat itulah, suami sempat tergesa-gesa mempersiapkan segala sesuatunya. Termasuk menyiapkan air hangat dalam jumlah banyak. Dan, beberapa hal yang tidak terduga pun sempat terjadi.

"Ketika pembukaan 8 akhirnya saya masuk ke birthing pool yang sudah disediakan oleh suami saya secara buru-buru. Walaupun kami sudah melakukan "gladi bersih" berdua beberapa hari sebelumnya, nyatanya hari itu semuanya benar-benar terjadi sangatlah cepat."

Ia menceritakan bahwa sang suami langsung membeli 15 galon air galon dan buru-buru merebusnya. "Dan karena waktu tidak nututin, akhirnya harus minta tolong bantuan ngerebus air ke tetangga," tutur Andien masih dalam unggahan yang sama.

Bayi tampan Andien dan suami pun akhirnya lahir ke dunia, dalam keadaan sehat dan selamat, "Anyway, akhirnya @cyclonesia pun masuk ke dalam kolam. Sungguh pengalaman kontraksi yang indah. Pelukan suami saya membuat saya merasa tenang dan dicintai. Kurang lebih 30 menit kemudian, suami saya menangkap sendiri buah hatinya, Baby Kawa, keluar dari perut saya."

Kebahagiaan tengah menyelimuti pasangan Andien dan suami Irfan Wahyudi atau biasa disapa Ippe. Pasangan ini baru saja dikaruniai seorang anak berjenis kelamin laki-laki. (Instagram/andienaisyah)

Pengalaman ini tentu sangat membekas dan membangkitkan sisi emosional dari seorang Andien sebagai seorang ibu. "Proses dari pembukaan 1 hingga lahir memakan waktu 3 jam kurang (and feels like it was the longest 3 hours of my life). Bahagia. Haru. Semua jadi satu. That was a life changing experience," ungkapnya.

"Anaku Askara Biru, terlahir atas permintaannya dengan caranya sendiri. Hari itu.. Dia menginginkan hanya saya, suami saya, dan dirinya. Dibantu dengan bidan-bidan tercinta 🙏🏻 #waterbirth #andienippestory #BELAHANJANTUNGKU," Andien mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini