Sukses

Kisah Mengagumkan Anak Andien Menjalani Lotus Birth

Setelah anaknya lahir, Andien ternyata tak lantas memotong tali pusat sang anak.

Liputan6.com, Jakarta - Andien kini telah resmi menjadi seorang ibu. Ia telah melahirkan putra pertamanya, Anaku Askara Biru, pekan lalu melalui persalinan normal dengan cara water birth. Kawa--begitu nama panggilannya-- lahir dengan berat 3,285 kg dan panjang 49 sentimeter (cm).

Setelah melahirkan, pelantun lagu "Sahabat Setia" itu ternyata tak lantas memotong tali pusat sang anak. Ia menerapkan sistem lotus birth, yakni proses pemisahan antara tali pusat dengan bayi secara alami, hingga beberapa hari kemudian. Dan untuk Kawa sendiri, tali pusat itu akhirnya putus alami dalam waktu tiga hari.

[Foto: Instagram Andien]

"Kawa, my lotus baby. Bersama kakak plasentanya yang setia menemani selama 9 bulan di dalam rahim, hingga puput dengan sendirinya. In Kawa's case, it took 3 days," tutur Andien Aisyah dalam akun Instagramnya Selasa (17/1/2017).

Andien melanjutkan dalam keterangannya, "Saya biarkan dia dilahirkan dalam keadaan utuh dan tetap utuh. Lotus Birth memperpanjang ketenangan si bayi seperti di dalam rahim. Ini adalah pilihan, hadiah dari orang tua yang mengakui maknanya (lotus birth). #LotusBirth #SacredBirthing #BELAHANJANTUNGKU."

Fotonya sendiri terlihat begitu indah. Kawa yang tak mengenakan sehelai busana, nampak tengah berbaring dengan tali pusatnya yang masih terurai panjang. Itu kemudian dibentuk menyerupai hati di tengahnya.

[Foto: Instagram Andien]

Sementara pasca-melahirkan, Andien sendiri melakukan tradisi yang sudah dilakukan secara turun temurun dari keluarganya. Yakni, tradisi memakai Bangkung atau sejenis korset. Ini bermanfaat agar perut bisa kembali ke ukuran semula sebelum mengandung.

"My kind of style untuk beberapa waktu ke depan, heheh. Tradisi dari nenek, turun ke ibu, lalu turun ke saya; bengkung setelah melahirkan. Berapa hari yah kira-kira sebaiknya memakai bengkung? #Bengkung #BellyBinding," ucap Andien di Instagram Rabu (18/1/2017).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini