Sukses

Takut Menjalani Lotus Birth? Begini Penjelasan Andien

Andien menjelaskan lotus birth yang dijalaninya kala melahirkan buah hatinya.

Liputan6.com, Jakarta - Putra pertama Andien Aisyah, Anaku Askara Biru, lahir secara normal dengan metode water birth. Andien juga menerapkan sistem kelahiran lotus birth terhadap malaikat kecilnya itu. Lotus birth, yakni proses pemisahan antara tali pusat dengan bayi secara alami, hingga beberapa hari kemudian.

"Kawa, my lotus baby. Bersama kakak plasentanya yang setia menemani selama 9 bulan di dalam rahim, hingga puput dengan sendirinya. In Kawa's case, it took 3 days," tutur Andien Aisyah dalam akun Instagramnya Selasa (17/1/2017).

[Foto: Instagram Andien]

Sebagian orang mungkin belum memahami seperti apa proses lotus birth. Bagi orang yang masih awam, menerapkan lotus birth juga mungkin akan sangat merepotkan. Ditambah lagi, membiarkan tali pusat berada di luar rahim selama berhari-hari juga tentu ada treatment khusus yang dijalani.

Setidaknya, hal tersebut yang juga mencuri keingintahuan netizen seperti pemilik akun @itsdebhi. "Mbak @andienaisyah bagi cerita dunk 'kakak' d biarkn lepas selama 3hari n biasanya kan langsung d gunting trus dkuburin 'kakak'..itu gmn apa gak amis atw bau trus si baby gmn rewel kah n gmn sweeh reaksinya krn baby br lahirkn biasanya hangatin d kasih baju dll klw spt ini gmn dunk hehe pengen tw mbak @andienaisyah."

Andien pun akhirnya menjelaskan dan menjawab pertanyaan tersebut. Kawa--nama sapaan putranya--menjalani hari dengan normal seperti bayi pada umumnya. Hanya saja tali pusatnya memang harus selalu dibawa oleh sang ibu. Ia juga memakaikan beberapa ramuan kepada tali pusatnya agar tetap terawat.

"@itsdebhi Anak saya tetap dipakaikan baju seperti biasa kok mbak. Ini hanya seperti bawa "powerbank" aja kok. Tentunya plasentanya diberikan garam dan rempah dan ditaruh di tas khusus. Jd kapanpun saya mau menyusui ya saya bawa tote bagnya. Dan bayi gentle birth cenderung tidak rewel :)" ungkap Andien.

Dengan perawatan yang baik, tali pusatnya tidak akan mengeluarkan aroma bau, meski berada dalam suhu ruang berhari-hari. "@yaikqueenan Enggak sama sekali :)" kata Andien menjawab pertanyaan netizen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini