Sukses

Melanie Subono Kecam Maskapai Penerbangan yang Angkut Lumba-Lumba

Menurut Melanie Subono, lumba-lumba adalah hewan yang memiliki pendengaran yang sangat peka.

Liputan6.com, Jakarta Selain menjadi musisi, Melanie Subono juga dikenal sebagai aktivis. Saat ini, wanita 40 tahun itu sangat prihatin dengan nasib lumba-lumba yang digunakan sebagai hewan sirkus.

Keprihatinan anak promotor Adrie Subono itu kian membuncah setelah mengetahui salah satu maskapai penerbangan mengangkut lumba-lumba jenis hidung botol, dari Jakarta ke Balikpapan untuk sirkus. Ia juga sempat memposting foto tersebut di akun media sosialnya.

Melanie Subono

"Jadi kami menemukan kemarin, mereka mentransportasi lumba-lumba. Ketika maskapai lain enggak mau, ada maskapai bandel yang mau angkut itu," ujar Melanie Subono, saat ditemui di kawasan Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (19/1/2017).

Menurut Melanie, lumba-lumba adalah hewan yang memiliki pendengaran yang sangat peka. Bila mendengar sesuatu yang bising, hewan mamalia itu akan merasa kesakitan. Apalagi, dibawa dengan pesawat yang memiliki kebisingan suara yang sangat tinggi.

"Lumba-lumba dengar suara peluit pelatihnya itu nurut karena kupingnnya kesakitan. Orang tepuk tangan saja buat dia sakitnya setengah mati," jelas Melanie Subono.

Melanie Subono (Fajarina Nurin/Liputan6.com)

Oleh karenanya, wanita yang sudah dua kali gagal berumah tangga itu menentang keras sirkus lumba-lumba. Ia juga mengecam maskapai pernerbangan yang mau mengangkut lumba-lumba tersebut.

"Kami punya gambarnya segala macam, jelas itu menyalahi. Ini bukan untuk rehabilitasi dan penangkaran atau berobat atau apapun yang seharusnya boleh. Ini sedang kami kawal," sambung Melanie Subono.

"Kan sadis banget. Dan binatang itu kan lagi sangat dieksploitasi banget," tutur Melanie Subono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini