Sukses

Sempat Mengemis, Ayah Marshanda Kini Tinggal di Pesantren

Padahal, Marshanda sempat memberikan rumah baru untuk sang ayah, Irwan Yusuf.

Liputan6.com, Jakarta - Berita Marshanda dan sang ayah, Irwan Yusuf, menjadi pemberitaan yang paling menghebohkan di 2016. Saat itu, Irwan Yusuf terjaring razia oleh satuan polisi pamong praja (Satpol PP) di kawasan Bangka, Jakarta Selatan, 24 Maret 2016.

Irwan Yusuf ditangkap dengan kondisi yang sangat mengenaskan. Tubuhnya lusuh dan mengenakan pakaian kotor. Rupanya, Irwan Yusuf hidup menggelandang, bahkan sering tidur di dekat permakaman.

Marshanda dan Irwan Yusuf selfie bersama [foto: instagram/marshanda99]

Marshanda kemudian merawat sang ayah dan memberikannya rumah untuk ditinggali Irwan Yusuf. Namun ternyata, Irwan tak tinggal di rumah tersebut.

Pada Minggu (22/1/2017) malam, sosok Irwan Yusuf terlihat di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh, Jalan Joyo Agung, Kota Malang, Jawa Timur.

Keberadaan Irwan diketahui setelah pimpinan Pesantren KH Lukman Al Karim atau Gus Lukman memperkenalkanya.

"Ini Pak Irwan ayahnya Marshanda, sudah delapan bulan di sini," kata Gus Lukman di Pesantren Bahrul Maghfiroh.

Ayah Marshanda, Irwan Yusuf (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Irwan terlihat mengenakan sarung, kopiah, dan sweater warna gelap. Wajahnya tampak semringah. Dia mengaku datang ke Pondok Pesantren Bahrul dibawa keluarganya, tapi tanpa disertai Marshanda. Irwan masuk pesantren atas bantuan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Saat diitanyakan apakah Marshanda pernah datang menengok, Irwan langsung menjawab, "Tidak pernah."

Meski tak datang menjenguk, Irwan mengungkapkan putrinya yang berprofesi sebagai artis itu pernah menanyakan kabarnya. "Pernah telepon, nanya Papa apa kabar," ucap Irwan.

Marshanda dan Irwan Yusuf (YouTube)

Sementara, Gus Lukman mengungkapkan, Irwan dibawa ke pesantren untuk menjalani pengobatan sekaligus menimba ilmu agama.

Menurut Gus Lukman, tingkah Irwan yang dulu kerap mendatangi kuburan dan tidak mengurus dirinya dipengaruhi "ilmu" yang dipelajarinya.

Kondisi Irwan ini membuat Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh memberikan pendampingan selama 24 jam untuk ayah Marshanda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini