Sukses

Lama Tak Kelihatan, ST12 Muncul dengan Vokalis Berkumis Tebal

Liputan6.com, Jakarta - Nama ST12 sempat mewarnai dunia musik Tanah Air dengan sosok Charly sebagai punggawanya. Namun setelah pria kelahiran Cirebon itu keluar, akhirnya tersisa Pepep (drum, gitar, keyboard) dan Indra (bass) yang meneruskan kiprah band asal Bandung itu. Posisi vokalis pun sempat diisi oleh Rido yang juga telah keluar. Terakhir kali, mereka terlihat bersama Dimas.

Namun pada akhirnya, Dimas ikut keluar dan mau tak mau Pepep dan Indra harus mencari sosok vokalis baru. Belakangan, barulah diketahui kalau ST12 telah memiliki vokalis baru bernama Zaini atau yang akrab disapa Zai. Berbeda dengan tiga vokalis sebelumnya, Zai memiliki warna suara yang sedikit serak.

Band ST12. (Liputan6.com / Fatkhur Rozaq)

Zaini memiliki gaya yang sangat unik, yaitu kumisnya yang tebal dan sedikit lancip di kedua ujungnya bak tokoh Eropa. Ditanya soal itu, ternyata Zai bukan terinspirasi dari tokoh Eropa atau Indonesia. "Ini style saya sudah lama sekali sebelum gabung ST12. Saya terinspirasi dari orang-orang Turki," ucap Zaini kepada Liputan6.com di SCTV Tower, Jakarta, Senin (23/1/2017).

Bicara soal keterlibatannya di ST12, Zaini mengungkapkan, "Saya memang sempat terbayang-bayang oleh Charly dan vokalis lain sebelumnya. Tapi saya lebih mempelajari cara mereka bernyanyi dan ketika di atas panggung. Karakter suara saya yang berbeda dari vokalis sebelumnya juga sempat menghambat saya belajar musik Melayu. Untungnya pendekatan tim sangat bagus dan sekarang saya sudah lebih terbiasa."

Band ST12. (Liputan6.com / Fatkhur Rozaq)

Pepep sendiri menyampaikan bahwa vokalis baru yang dipilihnya tak hanya mencakup suara. "Dalam menyeleksi vokalis, kami juga melihat attitude dan mental karena menjadi seorang artis tak seperti yang dibayangkan banyak orang. Saya sendiri tidak terlibat langsung dalam proses audisi Zaini dan nggak mau terlalu excited, karena perjalanan dia masih panjang," ujar Pepep.

Melalui vokalis baru ini, Pepep berharap karya-karya ST12 di album barunya nanti bisa mengubah paradigma orang-orang terhadap musik Melayu. "Kami berusaha untuk minimalis di hampir setiap lagu dan sekaligus juga membuktikan kalau musik Melayu bisa dipadukan dengan warna musik lain," tambah Pepep.

Band ST12. (Liputan6.com / Fatkhur Rozaq)

Bersama Zaini, ST12 telah memiliki single berjudul "Pergi Saja" yang hanya terdiri dari instrumen piano, bass, dan vokal. Menurut Pepep, konsep minimalis seperti ini akan menjadi salah satu ciri khas baru ST12 ke depannya.

Artikel Selanjutnya
Zayn Malik Tampil Botak Plontos, Penggemar Geger
Artikel Selanjutnya
FDJ Yellow Ubah Haluan Bermusik