Sukses

Ibu Kepala Desa Ini Jago Nyanyi Dangdut

Liputan6.com, Jakarta Lama tidak eksis di panggung musik dangdut, membuat Hj Nina Hasyim kangen. Sampai akhirnya dirinya bertemu dengan beberapa teman pedangdut. Dari pertemuan itu lah yang membuat dia memutuskan merilis album dangdut.

"Sudah sejak tahun 1990 an saya nyanyi dangdut. Memang belum sempat bikin album seperti teman-teman lain seperti Neneng Anjarwati, Hetty Sunjaya dan Mirnawati. Karena dulu saya hanya sebatas nyanyi panggung ke panggung. Apalagi dulu nggak mudah bikin album seperti sekarang. Cari produser dulu susah dan memang seleksi banget,"tutur Nina Hasyim saat ditemui di kediamannya, Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Kamis (26/1/2017).

Penyanyi Nina Hasyim, yang menjadi penyanyi dangdut dan mengeluarkan album perdana.

"Tapi setelah bertemu dengan teman lama, Rury Modisca, akhirnya jadi juga album ini. Ada 8 lagu dan macam-macam isinya," sambung wanita yang menjabat sebagai Kepala Desa Parung Panjang, Kabupaten Bogor hingga 2019 mendatang.

Eksis bermusik dangdut, Nina Hasyim ingin mengangkat kembali dangdut religi yang sudah mulai ditinggalkan. Dia mencoba memberikan sentuhan yang beda dalam album dengan hits single Kado Terindah.

"Sengaja pilih lagu religi karena memang niatnya bukan komersil. Saya mau bikin album tapi yang ada isinya, album dangdut religi yang bisa menyampaikan pesan dan pandangan. Kan dalam album itu ada tentang Ramadan, yatim dan sholawat," jelasnya.

Disinggung bagaimana membagi waktu antara menyanyi dan pekerjaannya, Nina Hasyim memastikan tetap mengutamakan tugasnya sebagai Kepala Desa. "Penyanyi bukan untuk profesi, nyanyi hanya untuk menyalurkan hobi. Apalagi sekarang saya sudah punya tugas mengabdi untuk masyarakat.

Selama menjabat sebagai Kepala Desa, Hj Nina Hasyim mengungkapkan jika dirinya sudah mengerjakan tugasnya dengan sebaik mungkin.

"Memang banyak tugasnya, menyalurkan bantuan pemerintah untuk pembangunan desa. Salah satunya itu seperti memperbaiki infrastruktur jalan desa, membantu warga membangun dan memperbaiki rumah yang sudah tak layak huni. Tahun ini masih ada 29 rumah yang masih harus diperbaiki dari 109 runah tidak layak huni yang terdata, tahun kemarin sudah 45 rumah yang sudah diperbaiki," tambahnya.

Diluncurkannya album ini kata Nina Hasyim, berawal dari tuntutan warganya saat melakukan kunjungan kerja atau undangan hajatan.

Penyanyi Nina Hasyim bersama dengan penyanyi senior Elvi Sukaesih.

"Warga selalu minta saya nyanyi. Ya akhirnya buat album ini sekalian mensosialisasikan program sambil menghibur warga lewat lagu. Memberikan kesan moral juga," ujarnya.

"Dekat dengan warga itu dengan berbagai cara, ada yang lewat olahraga, kesehatan dan kesenian. Nah album ini jadi salah satu jalannya untuk bisa lebih dekat lagi dengan warga," tandasnya.