Sukses

Alenia Sebar Nasionalisme Lewat Film

Di tangan suami istri, Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen, film-film anak berbau nasionalisme hadir mewarnai dunia layar lebar Indonesia yang sedang bangkit.

Liputan6.com, Jakarta: Persaingan di dunia perfilman Tanah Air memang kian sengit dan beragam. Tema percintaan, horor, dan komedi mendominasi. Namun di tangan suami istri, Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen, film-film anak berbau nasionalisme hadir mewarnai dunia layar lebar Indonesia yang sedang bangkit.

Film garapan pasangan Ari dan Nia antara lain Denias. Film bercerita tentang perjuangan Denias, anak dari suku di pedalaman Papua untuk mendapat pendidikan layak. Seluruh seting dan lokasi pembuatan film dilakukan di provinsi paling timur Indonesia. Film juga mengajak para penonton melihat keindahan Papua.

Banyak pihak menilai film tentang anak kurang komersil dan kurang peminat. Namun asumsi ini tidak berlaku bagi Ari dan Nia. Hingga kemudian tahun 2004, pasangan ini mendirikan rumah produksi di bawah bendera Alenia Production. Mereka mengisi celah industri film Tanah Air dengan isu-isu nasionalisme.

Selain mengangkat tema anak-anak dalam setiap filmnya, kedua insan ini selalu mengambil lokasi filmnya di berbagai daerah di Tanah Air. Tujuannya mempromosikan daerah-daerah yang memiliki pesona luar biasa tapi kurang terekspose. "Mencoba menggali potensi yang ada di Indonesia," kata Air Sihasale.

Dalam enam tahun terakhir, rumah produksi milik Ale dan Nia sudah memproduksi empat film dengan yang terbaru berjudul Tanah Air Beta. Pasangan ini berharap film nasional bisa dibawa ke mancanegara. Mereka bertekad makin produktif dalam menghasilkan film-film berkualitas dan bisa diterima masyarakat secara lebih luas.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.