Sukses

Cara Oki Setiana Dewi ‎Ajarkan Alquran pada Bayi di Kandungan

Oki Setiana Dewi mengklaim metodenya ini bisa digunakan oleh segala usia untuk belajar dan menghafal Alquran.

Liputan6.com, Jakarta ‎Oki Setiana Dewi menyusun metode baru dalam belajar dan menghafal Alquran. Yang menarik, metode yang bernama Neuro Nadi Indonesia (NNI) itu dapat diterapkan untuk bayi yang masih dalam kandungan.

"Metode ini dimulai dari masa kandungan. NNI ini dimulai dari usia 0-3 tahun, 4-7 tahun, dan penghafalan Alquran usia tujuh tahun hingga lanjut usia. Makanya kami coba perkenalkan," kata Oki Setiana Dewi dalam acara Neuro Nadi Indonesia di Balairung Hotel, Matraman, Jakarta Timur, Selasa (31/1/2017).

Oki Setiana Dewi dan sang suami, Ory Vitrio (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dalam penghafalannya, Oki Setiana Dewi menggunakan beberapa cara. Salah satunya dengan metode ketuk. Pemain film Ketika Cinta Bertasbih ini menuturkan bahwa, alat ketuk yang digunakan akan menentukan panjang-pendek bacaan. Hal ini diyakini dapat mempermudah dalam menghafal Alquran.

"Yang untuk ibu hamil ada modul dan alat ketuknya. Jadi contohnya satu bunyi itu satu huruf dan satu ketukan. Dengan metode ini tidak ada lagi orang yang baca panjang-pendeknya sembarangan. Karena panjang-pendek dalam bacaan Alquran sangat penting," ujar Oki Setiana Dewi.

"Nanti untuk anak-anak yang sudah mahir, mereka bisa melepas alat ketuknya. Dan bisa mulai masuk ke dalam pembacaan ayat suci Alquran," lanjut ibu dua anak ini.

Metode NNI ini pun sudah diterapkan Oki Setiana Dewi kepada dua anaknya, Maryam dan Khadijah. Sejauh ini, kata Oki, hasilnya sangat memuaskan.‎

Oki Setiana  Dewi sangat menikmati perannya sebagai ibu (youtube.com)

"Maryam ikuti metode NNI dan sudah hafal huruf Hijaiyah dan mengenal dalam ketukan. Sekarang sedang belajar panjang-pendeknya dengan metode ketuk ini. Kalau Khadijah kan baru satu tahun, jadi belum bisa mengetuk secara disiplin," ucap Oki Setiana Dewi. (Ras)‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.