Sukses

8 Fakta Unik dan Mengerikan di Resident Evil: The Final Chapter

Liputan6.com, Jakarta - Penayangan Resident Evil: The Final Chapter telah menjadi hal menggembirakan tersendiri di Indonesia. Terlepas kritik pedas dari pengamat maupun penonton di negara asalnya, belum lama ini Milla Jovovich menyampaikan rasa terima kasih kepada penonton Indonesia yang berhasil menyukseskan film keenam Resident Evil ini.

Di balik kesuksesan Resident Evil: The Final Chapter di beberapa negara termasuk Indonesia, banyak hal-hal menarik yang rasanya patut diketahui, terutama oleh para penggemarnya. Hal tersebut berkenaan dengan beragam fakta selama pembuatan film ini berlangsung.

Resident Evil: The Final Chapter. (Screen Gems / Constantin Film)

Tak sedikit juga tersimpan fakta-fakta mengerikan dan unik yang terjadi di selama pembuatan film ini. Hal ini, berkenaan dengan para kru dan pemain yang beberapa di antaranya mengalami nasib kurang beruntung, bahkan mengenaskan.

Beragam fakta unik yang turut hadir dalam Resident Evil: The Final Chapter juga sangat menarik untuk diketahui. Misalnya saja suasana saat syuting di Afrika Selatan hingga alasan beberapa pemain akhirnya tak bergabung dalam film ini.

Milla Jovovich dan Ali Larter di Resident Evil 6. Foto: Cinemablend

Lantas, apa saja fakta-fakta mengerikan dan unik yang tersimpan di dalam Resident Evil: The Final Chapter? Simak selengkapnya berikut ini.

1 dari 9 halaman

Cederanya Pemain Pengganti

Selama syuting, seorang stuntwoman (pemain pengganti wanita) bernama Olivia Jackson, mengalami cedera parah pada lengan kirinya akibat kecelakaan sepeda motor. Keputusan yang dialaminya kemudian cukup mengerikan. Lengan kiri Olivia Jackson akhirnya harus diamputasi.

2 dari 9 halaman

Kru Meninggal

Beberapa adegan film Resident Evil: The Final Chapter bertempat di Afrika Selatan. Ketika syuting berjalan di negara tersebut, salah satu anggota kru bernama Ricardo Cornelius, berdiri di dekat sebuah mobil Humvee yang terletak di atas platform berputar. Rupanya, Humvee tersebut tidak dalam posisi benar-benar aman dan akhirnya meluncur turun dari platform.

Laman Deadline melaporkan, mobil tersebut menghimpit Cornelius ke dinding dan meremukkan tubuhnya. Ia langsung dilarikan ke rumah sakit dan mendapat penanganan darurat. Sayangnya, Cornelius meninggal beberapa jam kemudian. Ini adalah kecelakaan kedua di lokasi Resident Evil: The Final Chapter setelah Olivia Jackson.

3 dari 9 halaman

Hilangnya Banyak Karakter Penting

Beberapa karakter dari game asli yang muncul di film-film sebelumnya tak diperlihatkan dalam film terakhir ini. Sebut saja Leon S. Kennedy, Jill Valentine, Chris Redfield, dan Ada Wong. Hal tersebut membuat hampir seluruh penggemar berat video game-nya kecewa.

Ada yang menyebutkan kalau Sienna Guillory (Jill Valentine), Li Bingbing (Ada Wong), Wentworth Miller (Chris Redfield) dan Johann Urb (Leon S. Kennedy) tak diundang untuk bergabung di film ini. Begitu juga dengan bintang-bintang lain seperti Aryana Engineer (Becky), Spencer Locke (K-Mart), dan Michelle Rodriguez (Rain Ocampo).

Meskipun begitu, terungkaplah kalau ketidakhadiran mereka berkaitan dengan urusan masing-masing aktor dan aktris. Pada akhirnya, pihak studio memutuskan untuk mengaudisi para bintang baru dan segar yang diharapkan dapat membantu menarik penonton baru.

Resident Evil 6. foto: Instagram

Namun, Sienna Guillory sempat mengumumkan di Twitter bahwa ia tak pernah diajak untuk bergabung dalam film ini sebaga Jill Valentine. Ia pun menerima ucapan terima kasih dari semua penggemar atas dukungan terhadap penampilannya sebagai Jill.

Sementara itu, aktris Li Bingbing yang memerankan Ada Wong memutuskan untuk meninggalkan produksi film sebelum syuting dimulai. Ia lebih memprioritaskan jadwalnya dengan film lain di Tiongkok.

4 dari 9 halaman

Faktor Milla Jovovich

Resident Evil: The Final Chapter kembali dibintangi oleh Milla Jovovich yang selalu muncul di seluruh seri. Aslinya, syuting film ini dijadwalkan pada musim gugur 2013 untuk tayang 12 September 2014. Namun, rencana tersebut dibatalkan karena Milla Jovovich sedang hamil anak kedua. Perilisannya di Amerika Serikat pun diundur hingga 2016.

Megan Charpentier yang memerankan Red Queen di Resident Evil: Retribution (2012), dianggap sudah terlalu besar untuk kembali di fim The Final Chapter. Ia pun digantikan oleh putri pertama Milla Jovovich dan Paul W.S. Anderson (sutradara film ini), Ever Gabo Jovovich Anderson. Film ini otomatis menjadi debut bagi Ever.

5 dari 9 halaman

Debut Bagi Dua Bintang Asia

Seperti banyak diketahui, para pemain dari film-film sebelumnya yang muncul di The Final Chapter hanya Milla Jovovich, Ali Larter, Iain Glen, dan Shawn Roberts. Namun begitu, ini menjadi kesempatan bagi artis televisi Jepang Rola untuk tampil perdana di film Hollywood.

Tak hanya Rola, bintang Asia lainnya yang menjalani debutnya di film Hollywood adalah aktor terkenal asal Korea, Lee Jon Gi. Ia tampil sebagai salah satu anggota Umbrella Corporation bernama Komandan Lee.

6 dari 9 halaman

Kembalinya Ali Larter sebagai Claire Redfield

Satu-satunya karakter protagonis yang diambil dari game dalam film ini adalah Claire Redfield. Karakter yang diperankan oleh Ali Larter itu, terakhir kali muncul di film keempat, Resident Evil: Afterlife (2010). Istimewanya kali ini, kostum yang dikenakan Claire Redfield, sama seperti yang dipakai dalam game Resident Evil: Revelations 2.

Ali Larter juga sempat mengonfirmasi bahwa film ini dipastikan menjadi bagian terakhir dari seri film Resident Evil dalam sebuah wawancara dengan beberapa media seperti IGN, Cinema Blend, dan lain-lain.

7 dari 9 halaman

Perjuangan Warga Afrika Demi Film Ini

Hari terakhir syuting film ini digelar pada 10 Desember 2015 di Belhar, Afrika Selatan. Beberapa YouTubers yang berada di Capetown, Afrika Selatan pun diberi kesempatan untuk tampil sebagai gerombolan zombie.

Resident Evil: The Final Chapter. (Screen Gems / Constantin Film)

Uniknya, seorang pria asal Zimbabwe bernama Busani "Alisdair" Ncube, melakukan perjalanan lebih dari 1000 mil (sekitar 1600 kilometer) untuk mengambil kesempatan tampil di film ini sebagai figuran. Sayangnya, ia kehabisan uang di sepanjang jalan.

8 dari 9 halaman

Fakta Menarik Lain

Kabar mengenai The Final Chapter sebagai film terakhir Resident Evil, ternyata masih berupa dugaan di mata beberapa pihak. Belakangan diketahui bahwa semua keputusan tetap bergantung kepada keuntungan domestik dan internasional. Satu serial TV juga diduga tengah dalam pembuatan untuk ditayangkan setelah film terakhir ini diputar.

Dalam garis waktu di filmnya, The Final Chapter terjadi tiga minggu setelah peristiwa dalam Resident Evil: Retribution (2012). Namun perilisan filmnya di Amerika berselang empat tahun sesudahnya. Film ini juga tayang hampir 15 tahun setelah Resident Evil (2002).

Resident Evil: The Final Chapter juga menjadi film terlaris pertama di sepanjang sejarah franchise ini, serta film horor yang meraih keuntungan terbanyak sepanjang masa dengan angka lebih dari US$1 miliar. Film in rilis pada 27 Januari 2017, tiga hari setelah perilisan video game terbarunya, Resident Evil 7: Biohazard.

Ilustrasi Resident Evil 7 (Sumber: Gamespot)

Selain itu, Resident Evil: The Final Chapter juga menjadi film terpanjang dari lima film sebelumnya dengan durasi 106 menit. Film terpanjang selanjutnya adalah film pertamanya dengan durasi 100 menit. Selain itu, film ini juga memiliki jeda terpanjang dari film sebelumnya, Resident Evil: Retribution (2012) dengan penantian empat tahun. Biasanya, jeda dari satu film ke film selanjutnya hanya berkisar dua hingga tiga tahun.

Artikel Selanjutnya
6 Film Hollywood Layak Tonton Selama Mei 2017
Artikel Selanjutnya
Horor Hingga Superhero, Ini 6 Film Pilihan di Bulan April 2017