Sukses

Cerita Sedih 4 Girlband K-Pop yang Memutuskan Berpisah

Liputan6.com, Jakarta Kepopuleran Hallyu Star di Asia hingga merambah ke dunia, tidak menjadikan sebuah grup memiliki umur yang panjang di Industri musik Korea.

Pasalnya di tahun 2016 yang baru saja lewat, para penggemar K-Pop digemparkan dengan bubarnya beberapa girlband terkenal yang cukup ternama di negeri ginseng.

Banyak sekali penggemar yang menyayangkan keputusan ini. Padahal, girlband ini disebut sukses menyebarkan hallyu wave ke seluruh dunia dengan beberapa karyanya.

Salah satunya, 2NE1 dengan "I Am the Best". Atau Wonder Girls yang sukses mendunia lewat "Nobody".

Girlband yang memutuskan untuk jalan masing-masing ini berasal dari manajemen yang namanya tak asing lagi di industri hiburan. Siapa saja sih girlband Korea yang memutuskan berpisah?

1 dari 5 halaman

KARA

Awal tahun 2016 kesedihan dialami oleh penggemar KARA. Girlband yang sudah berkarier selama 9 tahun ini akhirnya memutuskan untuk bubar. Girlband asuhan DSP manajemen ini mulai dibentuk pada tahun 2007 dengan tujuh anggota Park Gyuri, Han Seung Yeon, Go Hara, Kim Sung Hee, Nicole Jung, Kang Jiyoung dan Heo Young ji.

Satu tahun setelah debut, Kara telah ditinggalkan salah satu anggotanya Kim Sung Hee dan mereka tetap bertahan dengan enam anggota. Dalam perjalanannya, Kara memang lebih aktif berkarier di Jepang. Mereka merupakan grup KPOP pertama yang berhasil menggelar konser di Tokyo Dome, Tokyo, Jepang.

Namun sayangnya predikat Hallyu Star yang disandangnya tak dapat menahan dua anggota lainnya untuk keluar di tahun 2014, Nicole Jung dan Kang Ji Young. Sejak saat itu mereka tetap bertahan selama dua tahun sampai akhirnya memutuskan untuk bubar di tahun 2016.

Selama berkarier di industri KPOP. Kara telah mendapatkan beberapa penghargaan baik lokal maupun internasional. Penghargaan yang telah diraihnya, antara lain Mnet Asian Music Award (MAMA) untuk kategori Best Dance Performance di tahun 2009 dan Best Global Group Female di tahun 2012; Seoul Music Award untuk kategori Bonsang Award selama dua kali di tahun 2010 dan 2012 serta Hallyu Spesial Award di tahun 2012. Selama berkarier di Jepang, Kara juga berhasil meraih penghargaan Japan Golden Award sejak tahun 2011 sampai dengan 2013.

2 dari 5 halaman

4Minute

Berita menyedihkan lainnya datang untuk para penggemar 4Minute. Grup asuhan Cube Enterrtainment yang beranggotakan lima wanita cantik ini juga telah memutuskan untuk berpisah pada tahun 2016 lalu.

Grup yang digawangi oleh Jihyun, Gayoon, Jiyoon, Hyuna dan Sohyun ini, mulai dibentuk pada tahun 2009 dan menghasilkan sekitar sepuluh album bahasa Korea dan bahasa Jepang. Banyak spekulasi yang beredar bahwa keputusan pisahnya Hyuna dan kawan-kawan ini karena gagalnya album terakhir mereka dipasaran. Namun menurut manajemen keputusan ini diambil karena mereka tidak ingin melanjutkan kontrak dengan CUBE Entertainment.

Eksistensi 4 Minute di industri KPOP dapat dikatakan cukup baik. Mereka juga berhasil mendapatkan berbagai penghargaan, antara lain Mnet Asia Music Award (MAMA), Seoul Music Awardm Golden Disk Award dan Gaon Chart Award.

3 dari 5 halaman

2NE1

Sejak ditinggalkan Minzy dan suksesnya CL dengan karir solonya. Memang eksistensi 2NE1 di jagat KPOP terlihat redup. Pasalnya YG entertainment selaku manajemen yang menaungi girlband beranggotakan empat wanita cantik ini beberapa kali menunda perilisan album mereka.

Sebelum memutuskan untuk berpisah. YG Entertainment sempat memberikan pernyataan bahwa sisa anggota 2NE1 tetap akan bertahan di dunia KPOP. Namun sayang sebelum resmi comeback dengan tiga orang anggotanya. Park Bom memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya dan memutuskan untuk hengkang.

Girlband yang dibentuk tahun 2009 ini akhirnya memutuskan untuk berpisah pda November 2016 lalu. Sisa tiga anggota ini pun akhirnya merilis single terakhir mereka berjudul 'Goodbye' pada Januari 2017. Selama tujuh tahun berkarier di industri musik, 2NE1 telah berhasil meraih penghargaan, antara lain MAMA kategori Song of the Year untuk lagu Fire di tahun 2009.

4 dari 5 halaman

Wonder Girls

Grup yang menjadi pelopor Hallyu yang terbentuk pada tahun 2006 ini memang sempat bergonta-ganti personel selama perjalanan di industri KPOP. Selama perjalanannya di industri KPOP Wonder Girls telah menorehkan banyak prestasi.

Girlband asuhan JYP Entertainment ini pernah menjadi artis pembuka konser Jonas Brother di Amerika yang menjadikan sebagai girlband pertama Korea yang berhasil masuk top 100 chart Billboard Amerika. Girlband yang awalnya beranggotakan lima orang ini juga bernaung dibawah manajemen Creative Artist Agency Amerika.

Selain bersinarnya karier mereka di Amerika. Yeeun dan kawan-kawan ini juga berhasil menduduki beberapa chart tangga lagu Jepang. Selain itu juga mereka berhasil mendapatkan beberapa penghargaan, seperti Golden Disk Award, Mnet Asia Music Award, Seoul Music Award, MTV Asia Award dan penghargaan lainnya.