Sukses

Artis-Artis yang Menjalankan Ritual Mistis Sebelum Syuting

Liputan6.com, Jakarta Menjalani ritual mistis banyak dilakukan sebagian orang untuk melancarkan sebuah pekerjaan. Hal itu dianggap sebagai tradisi nenek moyang yang masih boleh diikuti.

Termasuk beberapa kalangan artis yang rela melakukan ritual mistis sebelum menjalani kegiatan syuting. Di antara mereka pun rela melakukannya demi kelancaran kegiatan yang akan dibuat.

Siapa sajakah mereka? Bagaimana cara para artis-artis ini melakukan ritual mistis? Berikut beberapa di antaranya.

1 dari 6 halaman

1. Roro Fitria

1. Roro Fitria

Saat akan melakukan ritual syuting film terbarunya, artis Roro Fitria melakukan ritual di Gunung Kawi, Malang, Jawa Timur. Itu semua dilakukan agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

"Sebelum syuting, saya kulonuwun (permisi) ritual di sana, supaya lancar syutingnya. Ini pengalaman luar biasa, seperti ada yang mendampingi saya," ujar Roro Fitria di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Senin (6/2/2017).

Dalam film terbarunya ini, Roro Fitria berperan sebagai 'Ratu Roro'. Pendalaman karakternya itu rupanya membuat wanita bertubuh seksi ini merasa tertantang, karena harus melakukan ritual terlebih dahulu.

"Pokoknya ini pengalaman luar biasa banget. Pokoknya ini best on my story banget buat saya, luar biasa," ucap Roro Fitria.

 

2 dari 6 halaman

2. Julia Perez

2. Julia Perez

Artis Julia Perez melakukan ritual untuk mendapatkan gelar sebagai ‘titisan’ Suzanna. Artis seksi ini harus datang ke Yogyakarta kemudian mengunjungi kediaman almarhumah Suzanna di Gang Kebon Dalem II No.1 Magelang, Jawa Tengah.

"Buat saya nggak masalah meski harus melewati proses ritual berkal-kali. Nah, ritual yang kesembilan ini merupakan yang terakhir," ujar Jupe kepada wartawan, beberapa waktu yang lalu.

Dari delapan ritual sebelumnya Jupe tergolong mulus dalam melakoninya. Sedangkan untuk ritual terakhir yakni yang kesembilan, tujuannya menyucikan dari energi negatif. Clift Sangra, suami mendiang Suzanna selalu mengikuti dan mengawasi prosesi Jupe untuk pencapaian titel tersebut.

“Untuk ritual kesembilan Jupe harus melakukan ritual mandi kembang setaman. Bahkan wajib menjalankan ritual jamasan dengan cara menjilat besi yang sudah menjadi bara. Kedua hal itu sangat penting,” kata suami mendiang Suzzana tersebut.

3 dari 6 halaman

3. Hanung Bramantyo


3. Hanung Bramantyo

Saat memproduksi film 'Soekarno: Indonesia Merdeka', sutradara Hanung Bramantyo juga melakukan ritual mistis. Apalagi, Hanung Bramantyo mengaku jika film 'Soekarno' ini merupakan produksi yang paling sulit yang pernah ia buat.

"Buat saya tiap buat film selalu bilang ini film pertama. Meski pernah buat film autobiografi di Sang Pencerah, saya anggap itu nggak ada apa-apanya dibanding film ini," ujar Hanung Bramantyo.

Hanung pun juga harus menjalani sejumlah ritual untuk memulai proses syuting film yang mengambil setting di Yogyakarta itu. Meski tidak terlalu mempercayai hal seperti itu, suami Zaskia Mecca itu tetap menjalaninya.

"Saya harus menjalani ritual-ritual tertentu supaya berjalan baik. Awalnya saya nggak mau, tapi kondisi yang harus begitu," tuturnya.

Ia pun menceritakan kejadian pada hari pertama syuting. Hanung mengalami kejadian aneh. "Satu hari sebelum syuting kondisi cerah, stamina penuh, saya optimis. Pas syuting semua gelap dan mendung. Ada yang bilang harus jalani ritual," ungkapnya.

Akhirnya, Hanung menjalani beberapa ritual. Tidak banyak, ia hanya harus berdoa dan meditasi. "Berdoa, meditasi, saya buat skenario Soekarno yang nantinya ditaruh di suatu tempat. Hari berikutnya cuaca cerah. Yaa memang ada mitologi-mitologi, dan Bung Karno dekat dengan itu," lanjutnya.

4 dari 6 halaman

4. Dewi Perssik


4. Dewi Perssik

Dalam berakting di film Nyi Blorong, pedangdut Dewi Perssik berperan sebagai tokoh utama, yakni Laras/Larasati yang merupakan titisan Ratu Pantai Selatan. Nyi Blorong dalam film tak lain adalah titisan Ratu Pantai Selatan, atau yang lebih dikenal sebagai Dewi Ular.

Sebelum syuting, wanita yang akrab disapa Depe mengaku mendatangi tempat-tempat yang menurut mitos adalah tempat tinggal dari Ratu Pantai Selatan.

"Selain di Pelabuhan Ratu, ada dua tempat lagi di Bali dan Yogyakarta yang menurut mitos yang saya tahu adalah tempat istirahat Ratu Pantai Selatan. Di situ nggak boleh sembarangan orang masuk kamarnya. Jadi aku mendatangi tempat-tempat itu," ujar Depe.

Namun semua tantangan tersebut tak dirasa berat oleh Depe. Pasalnya, jauh sebelum Depe memulai syuting film garapan Chiska Doppert ini, dirinya punya kebiasaan memakan laron. Selain karena sebagai ritualnya, memakan laron dianggap Depe merupakan cara untuk menjaga kesehatan.

"Saya dulu di rumah suka makan laron mati yang digoreng. Saya kan menganut Islam Kejawen juga, jadi hal-hal seperti ini sudah biasa. Selain, itu makan laron membuat badan lebih sehat," ujar Depe.

5 dari 6 halaman

5. Fifie Buntaran


5. Fifie Buntaran

Saat membintangi film Pantai Selatan, Fifie Buntaran juga melakukan aktifitas ritual mistis. Fifie diminta untuk melakukan beberapa ritual yang dianjurkan oleh guru spiritualnya. Menurut pengakuannya, ritual ini dilakukan agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan saat syuting berlangsung.

"Jadi nanti pas syuting tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebagai contoh misalnya kalau pas adegan naik kapal di tengah laut, nggak digulung ombak, " ujarnya.

Beberapa ritual yang dilakoninya adalah puasa, tidak berhubungan seks selama sebulan hingga menjalani sunat. "Kan Fifie terlahir sebagai keluarga non-Muslim, jadinya belum disunat. Dan semua ritual tersebut berhasil Fifie lakoni," jelasnya.

Usai melakoni ritual, Fifie mendapat pengarahan dari sang guru spiritual. Agar dirinya tidak kaget dengan beragam hal-hal yang tidak biasa muncul dalam aktivitas.

"Ternyata beneran, saat tidur itu mimpi ditutupi kelambu putih dan saat tidur itu kayak ada cakar putih. Kemudian setelahnya aku konsultasikan kepada guru spiritual. Beliau menyebut kejadian tersebut wajar," jelasnya.

 

 

Artikel Selanjutnya
Jelang Nikah, Laudya Cynthia Bella Dapat Kejutan
Artikel Selanjutnya
Seru, Proses Syuting Film Wiro Sableng 212