Sukses

Kisah 5 Ustaz Bercerai yang Mengguncangkan Publik

Liputan6.com, Jakarta Ya, zaman sudah berubah dan tuntutan hidup serta pemahaman pada kesakralan pernikahan mungkin sudah tak sama. Maka, perceraian sudah tak aneh. Apalagi terjadi di kalangan artis. Dan bahkan ustaz bercerai bisa saja terjadi.

Perceraian memang tindakan halal yang dibenci Sang Khalik. Namun, bagi pasangan suami istri yang menikah dan memutuskan bercerai, biasanya berdalih lantaran kebersamaan sudah tak bisa dipertahankan, maka berpisah dianggap yang terbaik.

Dalam era manusia yang hidup di jaman modern, perceraian tidak lagi dianggap tabu. Padahal di zaman dulu, orang-orang tua kita bakal menganggap tak elok jika dalam keluarga besar ada pasangan yang bercerai. 

Tapi, lihatlah yang terjadi pada pernikahan Ustaz Ahmad Alhabsyi. Ustaz berdarah Arab yang besar di Pelambang ini digugat cerai sang istri, baru-baru ini. Dan, Ustaz Alhabsyi tidak sendiri, karena sebelumnya publik juga dibuat terhenyak dengan kabar gonjang ganjing ustaz bercerai lainnya. 

Inilah rangkuman kisah itu. Tanpa berniat membuka aib, yang jelas dari kisah pernikahan para ustaz yang sempat kandas ini, kita harus bisa memetik hikmah. Dan, sadarlah ustaz juga manusia. Jadi, ustaz bercerai sudah tak aneh ya?

 

1 dari 6 halaman

Ustaz Ahmad Alhabsyi dan Putri Aisah Aminah

Ustaz Ahmad Alhabsyi bagi sebagian orang dianggap sebagai ustaz muda yang cukup gaul. Gaya bicaranya yang santun dengan selipan sedikit humor tatkala menyampaikan tausiyah membuat pria asal Palembang cepat ngetop sebagai ustaz seleb di televisi.

Tetapi, Ustaz Ahmad Alhabsyi meski kodang tak gampang royal membuka kisah tentang keluarga. Boleh dibilang berita ustaz berusia 36 tahun digugat cerai sang istri, Putri Aisah Aminah, di Pengadilan Agama Jakarta Timur, mengagetkan. 

Perkara cerai Ustaz Ahmad Alhabsyi dan Putri Aisah Aminah itu tercatat dengan nomor perkara 0478/Pdt.G/2017/PAJT. Dalam laman tersebut tertulis Putri Aisah Aminah binti Mochtar Bohory Muslim sebagai pemohon, sedangkan Ahmad Alhabsyi bin S. Abubakar Abdullah selaku termohon.

Rupanya Putri Aisah Aminah sudah mendaftarkannya  sejak 31 Januari 2017. Dan, diagendakan sidang cerai perdana Ustaz Ahmad Alhabsyi dan Putri Aisah Aminah bakal digelar pada 8 Maret 2017. Kabar ini didapat wartawan, Jumat kemarin.

Diketahui Ustaz Ahmad Alhabsyi menikah dengan Putri Aisah Aminah pada 13 Agustus 2006.‎ Apa kata sang ustaz tentang gugatan istrinya? "Semalam (Kamis malam) saya baru dapat surat panggilan dari pengadilan. Intinya saya membenarkan adanya itu (gugatan cerai)," kata Ustaz Ahmad Alhabsyi.

"Sebagai suami saya masih ingin mempertahankan. Mudah-mudahan kami berdua diberi ketabahan dan kesabaran," tambah Ustaz Ahmad Alhabsyi. Dan, publik hanya bisa menanti ke mana muaranya kasus gugatan perceraian ini. 

Sampai saat ini ketika berita bergulir liar, belum diketahui apa sebenarnya penyebab rumah tangga Ustaz Ahmad Alhabsyi dan Putri Aisah Aminah ini karam. 

2 dari 6 halaman

Ustaz Zacky Mirza dan Shinta Tanjung

Ustaz Ahmad Alhabsyi tak sendiri. Ada ustaz lain yang rumah tangganya juga gonjang ganjing. Bahkan sudah resmi bercerai, seperti Ustaz Zacky Mirza. Bedanya, Ustaz Zacky yang menggugat cerai sang istri, Shinta Tanjung. 

Pengadilan Agama Depok, 17 Januari 2017 lalu sudah memutuskan untuk mengabulkan permohonan talak cerai yang diajukan Ustaz Zacky Mirza. Selain itu majelis hakim juga memutuskan Ustaz Zacky Mirza harus memberikan nafkah iddah dan mut'ah sebanyak Rp80 juta.

Dalam isi putusannya, majelis hakim sempat mengungkapkan masalah rumah tangga yang terjadi antara Zacky dan Shinta. Pasangan yang menikah pada 8 November 2011 itu sudah pisah rumah sejak hampir setahun terakhir.

"Masalah rumah tangga pemohon dan termohon sudah terjadi sejak tiga tahun terakhir. Dan keduanya pisah rumah sejak 2 Maret 2016," ujar majelis hakim PA Depok. Seperti diketahui, Ustaz Zacky Mirza menikahi Shinta Tanjung di ‎Cianjur, Jawa Barat, pada 8 November 2011. 

Konflik sudah mewarnai sebelum ketuk palu hakim terjadi. Ustaz Zacky Mirza secara terang-terangan sempat mengutarakan ada api dalam rumah tangganya. Salah satunya karena sang istri tak mengindahkan etika dalam rumah tangga. Diketahui, Shinta Tanjung sempat curhat dengan salah seorang pria yang celakanya diketahui terhitung sebagai ustaz muda juga yang kenal dengan Ustaz Zacky Mirza.

Kejadian ini membuat sang ustaz tak terima. Sebelumnya diketahui juga Ustaz Zacky Mirza menuduh istrinya menjadi sumber dari isu bahwa dirinya akan menikah lagi.  Rupanya Ustaz Zacky dan Shinta Tanjung sempat membuat kesepakatan setelah itu.

Salah satu poinnya dianggap Ustaz Zacky Mirza dilanggar oleh perempuan yang telah memberinya 3 anak itu. Shinta menampik tuduhan dirinya telah berselingkuh dengan pria yang menjadi tempat curhatnya. Dan, sang ustaz bersikukuh juga di pihak yang benar. 

 

 

 

 

 

3 dari 6 halaman

Aa Gym dan Teh Ninih

Tidak ada peristiwa perceraia ustaz yang menarik perhatian demikian kuat selain kasus Aa Gym dan Teh Ninih. Peristiwa yang terjadi pertengahan tahun 2011 itu diawali dengan kejadian yang juga mengagetkan, yaitu sang dai menjalankan praktik poligami. 

Diketahui Aa Gym menikah untuk kedua kalinya dengan seorang perempaun cantik, Alfarini Eridani, di Bandung, tahun 2006. dan, ini membuat efek sangat mengguncangkan umat, termasuk nyaris menggulingkan habis ekonomi sang ustaz. Teh Rini menjadi istri muda, dan Aa Gym tercela di mata sebagian umat, yaitu kaum ibu-ibu yang selama ini 'memuja' Aa Gym. 

Begitulah praktik poligami itu agaknya mengundang resiko tak mengenakkan. Meski di ujung lidah Teh Ninih, istri tua Aa Gym mengaku ikhlas, tapi di hati siapa tahu. Yang jelas Teh Ninih, akhir tahun 2010 menggugat cerai pria yang telah memberinya 7 anak itu. 

Apa sesungguhnya penyebab perceraian Kiai Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym dengan istri pertamanya yang bernama lengkap Ninih Mutmainah? Terkuak di persidangan di Pengadian Agama Bandung, selain perbedaan prinsip dakwah, ternyata poligami yang dilakukan Aa Gym menjadi penyebab utama perceraian itu.

Mengutip keterangan hakim Acep Saefuddin, Teh Ninih kecewa dengan keputusan poligami Aa Gym tersebut didapatkan dari keterangan saksi yang juga adik kandung Teh Ninih, yakni Dudung Abdul Gani. Tapi, pengacara Aa Gym membantahnya.

Aa Gym dan Teh Ninih menikah pada 5 November 1987.  Namun, pada November 2008 mulai timbul perselisihan di dalam rumah tangga. Dan, Aa Gym dan Teh Ninih resmi 26 Juli 2011.

Uniknya, setahun kemudian pasangan ini rujuk. Aa dan Teteh menikah kembali pada 13 Maret 2012. Maka, jadilah Teteh Ninih sebagai istri muda, lantaran yang dianggap istri pertama adalag Teh Rini, yang dulu jadi madunya. 

 

 

4 dari 6 halaman

Ustaz Aswan dan Rima Idris

Pada 2015 lalu, Ustaz Aswan menjadi bahan pemberitaan karena ia dikabarkan telah berpoligami dengan menikahi secara siri Rima Idris pada 2011. Dari pernikahan sirinya itu, ia dikaruniai seorang putra yang kini sudah berusia sekitar 6 tahun.

Berita pernikahan siri ini terkuak justru saat Rima mengaku telah ditelantarkan oleh suaminya itu. Menurut Rima, Ustaz Aswan menjanjikan bahwa pernikahan siri mereka akan diresmikan secara hukum negara tiga bulan setelahnya. 

"Sampai anak saya lahir, dia datang. Lalu datang lagi pas anak saya ulang tahun. Dia tidak memberi perhatian. Setelah anak lebih dari satu tahun, saya memilih mundur," jelas Rima kala itu. Ia juga menjelaskan, "Jadi aku tidak butuh nafkah dari Ustaz Aswan. Yang aku mau pengakuan ini anak kandungnya," tambah Rima yang dikenal Ustaz Aswan di pengajian.

Ustad Aswan membantah telah menelantarkan anaknya. Ustad Aswan mengaku selama ini selalu memberi uang untuk anaknya. Kakak kandung mendiang Uje ini, juga membantah telah menceraikan istrinya melalui salah satu pesan di ponsel pintar atau messenger. "Benar telah terjadi talak dan tidak ada lewat BBM. Itu resmi saya sampaikan langsung," terang Ustaz Aswan. 

Perihal talak melalui sebuah messenger, Rima bersikukuh memiliki bukti. "Insya Allah tidak berbohong. Apalagi menyangkut hal yang serius. Kalau saya berbohong saya bisa dipenjara. Saya punya bukti, kok," ujar Rima sambil menunjukkan bukti tangkapan gambar dari aplikasi percakapannya.

Rima juga menceritakan kronologi perceraian, yaitu pda hari yang dijanjikan Ustaz Aswan untuk dijadikan istri resmi. "Saya BBM menanyakan penjelasannya, eh malah ada talak. Saya bilang, 'Papa talaknya sudah jatuh ya, tidak ada keinginan Papa mempertahankan saya,'" ujar Rima Idris.

Messenger Rima pun hanya dijawab oleh Ustad Aswan singkat. "Maaf saya lagi syuting di Puncak, kejar tayang. Maafin ya." Pernyataan itulah yang dianggap perempuan cantik ini sebagai talak dari Aswan.

 

5 dari 6 halaman

Guntur Bumi dan Puput Melati

Pernikahan Ustaz Guntur Bumi alias Guntur Bumi dengan Puput Melati beberapa kali berada di ujung tanduk. Terakhir, terdengar kabar Puput Melati kembali melayangkan gugatan cerai kepada Guntur Bumi, pada April 2016 yang lalu di Pengadilan Agama Jakarta Timur. Tapi keduanya masih bungkam kepada awak media.

Secara mengejutkan, berita perceraian itu terdengar pertama kali pada  Januari 2014 lalu. Saat itu, mantan penyanyi cilik ini diketahui telah resmi bercerai dari Guntur Bumi,  di Pengadilan Agama Jakarta Timur. Tapi, perpisahan ini tak berlangsung lama. 

Keduanya telah sepakat untuk menyatukan kembali keutuhan rumah tangga mereka. "Memang kita alami pasang surut. Mungkin di sini ada tingkah laku kita yang salah, kurang komunikasi. Yang pasti kita kembali lagi," tutur Puput Melati, pertengahan November 2016 lalu.

Seperti diketahui Guntur Bumi menikahi Savia Puput Melati, nama lengkap Puput Melati, tak lama setelah wanita kelahiran 13 Mei 1983 itu resmi janda Oddie Pratama Wibowo. Guntur Bumi rupanya tak mau lama-lama. Mereka menikah secara siri Juni 2011. Atau tiga bulan setelah Puput Melati cerai.

Puput Melati dan Ustaz Guntur Bumi memiliki tiga orang anak, yakni Azzahra Asyilla Rahma Guntur Bumi Alqurtubbi, Ahmad Nabil Almer Guntur Bumi Alqurtubbi, dan Adzkia Sakinah Zahratusyta Guntur Bumi Alqurtubbi.

Tapi, tanggal 23 Desember 2013, Puput Melati menggugat cerai Guntur Bumi, di Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Tuntutan bintang sinetron Cinta Anak Kampus ini kemudian dikabulkan oleh pendilan agama pada 21 Januari 2014. Setelah itu Puput entah mengapa memutuskan ajakan rujuk dari Guntur Bumi.

Namun, akhir 2016 kembali terdengar rumah tangga mereka tak harmonis. Bahkan, sampai memaksa kedua orang tua Puput Melati angkat bicara.  "Jangankan menikahi perawan, jandapun harus minta ijin (orang tua) dong," kata Sofyan dan Febi, dua orang tua Puput Melati. Ternyata mereka tidak pernah dimintai ijin saat Guntur Bumi menikahi Puput Melati secara siri. 

Artikel Selanjutnya
Ini Bukti Ustaz Alhabsyi Akui Lakukan Poligami?
Artikel Selanjutnya
‎Ustaz Alhabsyi: Keluarga Nabi Pun Tak Lepas dari Masalah