Sukses

Karena Kanker atau Tumor, Payudara 6 Artis Ini Harus Dioperasi

Liputan6.com, Jakarta Penyakit kanker payudara masih menjadi momok bagi sebagian besar wanita di dunia. Mengutip dari kantor berita Antara, Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), Linda Gumelar memaparkan bahwa kanker payudara merupakan jenis penyakit kanker tertinggi pada pasien rawat inap maupun rawat jalan di seluruh rumah sakit di Indonesia.

Di Indonesia, kanker payudara menjadi kasus kematian tertinggi dengan angka 21,5 pada setiap 100.000. "Yang memprihatinkan, 70 persen pasien kanker payudara baru datang ke fasilitas kesehatan pada stadium lanjut," tutur mantan Menteri Pemberdayaan Wanita ini. "Pengobatan kanker memerlukan waktu yang relatif lama, berat dan tidak murah," tambahnya. 

Tak heran kisah tentang bagaimana artis menderita kanker payudara yang berjuang melawan penyakit mematikan itu selalu menggugah rasa haru. Yang paling legendaris adalah kisah aktris senior Rima Melati. 

Sementara yang terjadi pada dua artis lain, baru sebatas tumor yang bersarang di payudara, tetap saja membuat mereka harus rela membiarkan dokter membedah aset kewanitaan itu. Ada juga artis menderita kanker payudara yang sudah mendapati kondisi stadium lanjut dan sedang berusaha melawan penyakit itu dengan segenap daya. 

Dan, inilah kisah tentang para artis tersebut yang masih berjuang.

 

1 dari 7 halaman

Rima Melati : Sampai Ke Belanda

Rima Melati adalah contoh artis perempuan yang telah berhasil keluar dari intaian penyakit mematikan itu. Kisah perjuangan aktris berdarah Kawanua, Sulawesi Utara ini, dalam menyembuhkan diri dari kanker payudara demikian mengharukan. Karena ada dukungan penuh dari sang suami, Frans Tumbuan, yang justru kini telah lebih dulu dipanggil Sang Khalik. 

Rima Melati divonis menderita kanker payudara di akhir tahun 1980-an. Saat itu usia aktris legendaris ini masih 50 tahun.  Untuk kesembuhannya, Rima Melati melakukan operasi pengangkatan sebagian payudaranya yang ditumbuhi sel kanker. Rima juga menjalani kemoterapi sampai di negeri Belanda. 

 

2 dari 7 halaman

Andien : Kankernya sejak SMA

Keputusan Andien untuk segera menjalani operasi kanker payudara saat stadiumnya belum lanjut memang tepat. Kini Andien telah terbebas dari momok tersebut, dan bahkan sedang menikmati kegiatan menyusui bayinya, Anaku Askara Biru, yang lahir Januari 2017 lalu.

Pengalaman berbaring di meja operasi karena penyakit ini dialami Andien tahun 2002. Sejak masih duduk di bangku SMA, Andien mengaku sudah tahu ada masalah dengan payudaranya. "Ya, saya sadar dulu gemar makan junk food. Sekarang setelah sukses dioperasi, saya menjalankan pola hidup sehat, makan yang benar," papar penyanyi ini yang menjalankan operasi kanker payudara di RS Pusat Pertamina, Jakarta Selatan, 15 tahun lalu.

 

3 dari 7 halaman

Yana Zein : Kemoterapi dan Sudah Menyebar

Yana Zein kini sedang berjuang melawan kanker payudara stadium IV. Mahkotanya sudah hilang lantaran efek kemoterapi yang dijalaninya karena penyakit sudah mencapai stadium lanjut. Pesinetron Cinta di Langit Taj Mahal itu koceknya terkuras untuk pengobatan, dan dua anaknya sempat putus sekolah.

Terungkapnya kanker payudara yang diidap Yana Zein sendiri tidak terlepas dari kesulitan biaya yang tengah dialami Yana Zein untuk pengobatan penyakitnya, Jakarta, Selasa (3/1). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ironisnya, Yana Zein baru beberapa bulan lalu ditinggal suami yang meninggal dunia. Selama ini Yana Zein menjalani pengobatan dengan kemoterapi. Jalan operasi yang harus dijalaninya sepertinya belum terjadi.

"Awalnya langsung kemo, enggak lewat operasi. Dibiopsi langsung stadium tiga. Setelah enam kali kemoterapi, kanker saya malah menyebar, dan jadi stadium 4," kata Yana Zein, saat ditemui di Rumah Sakit Siloam, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. Dan, Yana Zein baru saja pulang dari Tiongkok menjalani pengobatan intensif selama 2 minggu.

4 dari 7 halaman

Irma Darmawangsa : Benjolan Bikin Was-Was

Irma Dharmawangsa termasuk perempuan yang takut masuk ruang operasi. Makanya, dua benjolan di payudara kanan dan kirinya belum dilakukan penanganan operasi oleh dokter. Belakangan diketahui inilah kista atau kantong berisi cairan yang  bersarang di payudara pedangdut ini. 

"Ada lima kista di badan aku. Dua di payudara kanan, dua di payudara kiri dan satu di rahim," kata Irma Darmawangsa kepada Liputan6.com melalui sambungan telepon di Jakarta, Jumat (10/2/2017) malam.

Irma mengakui dirinya sudah lama merasakan benjolan asing di bagian tubuhnya. Namun, ia tak mempedulikan hal itu karena dianggap sebagai sesuatu yang tak mengkhawatirkan.

"Aku tuh tahunya kalau lagi mandi, kan suka gosok-gosok tuh. Terus aku ngerasa ada benjolan tapi aku nggak ambil pusing karena aku pikir ini kelenjar biasa. Tapi lama kelamaan aku ngerasa kayak membesar dan akhirnya aku periksa ke dokter dan ternyata memang benar itu kista," katanya.

 

5 dari 7 halaman

Cut Memey : Tumor Jinak di Payudara Kanan

Kamis (9/2/2017), Cut Memey menjalani operasi pengangkatan tumor jinak di payudara kanannya. Operasi dilakukan di RS Pondok Indah, Jakarta Selatan, pukul 19.00 WIB. Jumat pagi atau keesokan harinya, penyanyi dan pesinetron ini mengabarkan lewat akun Instagramnya bahwa operasi berjalan lancar. Bahkan, Memey mengimbuhkan foto gumpalan tumor di unggahan statusnya saat itu. 

Perempuan kelahiran tahun 1980 itu menjalankan operasi dengan hati tenang. "Kayaknya kita kaum wanita harus lebih aware dengn periksa kesehatan. Gaya hidup yang jelek juga harus diubah banget nih. Aku masih bersyukur karena ini jinak. Tumor lho Alhamdulillah enggak membahayakan," paparnya kepada Liputan6.com usai operasi

Beruntung, Cut Memey didampingi oleh sang suami, Paul Rowland, dalam menghadapi operasi tersebut. Pria asal Kanada yang tengah bertugas di Lebanon itu sengaja terbang ke Jakarta untuk memberi dukungan pada sang istri. 

 

6 dari 7 halaman

Pevita Peacre : Awalnya Gumpalan Darah

Pevita Pearce telah menjalani operasi pengangkatan tumor jinak di payudaranya, April 2016 lalu. Aktris muda ini memilih menjalankan operasi di sebuah rumah sakit di Kuala Lumpur, Malaysia. 

Untungnya, setelah menjalankan operasi ini, Pevita Pearce bisa langsung menjalani aktivitas keartisannya seperti biasa. Pevita mengaku bersyukur karena bisa langsung mengetahui ada masalah dengan payudaranya. "Awalnya kan check up katanya ada gumpalan darah (di payudara). Ke depan aku harus menjaga gaya hidup. Pola makan harus diperhatikan karena dari situ bisa menjadi penyebab sakit ini," katanya. 

Artikel Selanjutnya
Jatuh Bangun Julia Perez Lawan Kanker Serviks
Artikel Selanjutnya
Kanker Payudara Stadium 3B Akhiri Karier Artis Renita Sukardi