Sukses

6 OST Anime Ini Ternyata Dinyanyikan Artis K-Pop

Liputan6.com, Jakarta Anime dikenal sebagai budaya pop yang berasal dari Jepang. Cerita anime kebanyakan diadaptasi dari manga atau cerita ternama dari negeri sakura. Sudah banyak anime yang beredar di televisi atau situs di Jepang, dengan berbagai genre, mulai dari romantis, komedi, hingga horor.

Beberapa anime ini ternyata juga laris manis di negara-negara lain, termasuk Indonesia. Jalan cerita yang menarik hingga gambar yang bagus menjadi pilihan penggemar anime.

Di Indonesia, anime atau lebih dikenal sebagai kartun Jepang, banyak diputar stasiun televisi swasta banyak, seperti Doraemon yang memang khusus untuk semua umur. Namun tak semua anime boleh ditonton oleh anak-anak. Naruto, Shinchan atau Bleach yang seharusnya ditonton oleh remaja karena beberapa adegan yang penuh kekerasan atau vulgar.

Sailor Moon

Keseruan anime juga disertai dengan lagu pendukung yang menjadi soundtrack-nya. Lagu-lagu tersebut dianggap mewakili cerita anime yang biasanya berubah dalam beberapa musim.

Biasanya, penyanyi ternama Jepang hingga band yang meminjamkan vokal mereka, seperti Aqua Timez yang beberapa kali mengisi OST Bleach. Namun, lagu anime juga ada yang dinyanyikan oleh artis K-Pop. Apa sajakah itu?

1 dari 7 halaman

One Piece

TVXQ memang pantas disebut sebagai King of KPop. Duo hallyu asuhan agensi SM Entertainment sempat mendapatkan pujian dari Billboard, sempat membahas jika TVXQ adalah salah satu group idol terlama di Korea. Hingga kini, TVXQ terus berkarya dengan berbagai karya miliknya, termasuk album Tense. TVXQ juga berhasil bertahan di tengah gempuran penyanyi muda yang muncul.

TVXQ (Pinterest)

TVXQ yang terdiri dari Yunho dan Changmin ini mendapatkan kesempatan mengisi soundtrack di anime ternama One Piece, cerita garapan Eiichiro Oda. Tak tanggung tanggung, TVXQ didaulat menyanyikan lagu penutup dan pembuka One Piece. Di lagu pembuka, TVXQ menggebrak dan terdengar membara dengan Share The World. Sementara, TVXQ juga bisa terdengar mellow dan menjiwai di lagu penutupnya, "Asu Wa Kuru Kara".

Karakter utama yang biasa muncul dalam manga dan anime One Piece besutan Eiichiro Oda.

Kisah One Piece mengenai ambisi pria muda bernama Luffy yang ingin menjadi raja bajak laut. Namun seiring berkembangnya cerita, banyak intrik yang membuatnya harus menjadi musuh besar pemerintah dunia hingga terjerat dalam rantai politik dunia yang keji.

 

2 dari 7 halaman

Detective Conan

Boyfriend merupakan group idol asal Korea Selatan yang muncul dengan konsep imut. Boy band yang terdiri dari 6 orang itu mulai mendapatkan nama di dunia musik KPop berkat lagu yang sama dengan nama band mereka yaitu Boyfriend pada 2011 silam.

BOYFRIEND「瞳のメロディ」]

Boyfriend rupanya mendapatkan kesempatan meminjamkan suaranya di soundtrack Detective Conan. Anime yang diadaptasi dari manga buatan Gosho Aoyama yang debut 1994 silam itu menjadi salah satu karya yang digemari di dunia. Detective Conan yang mengisahkan tentang perjalanan anak SMA Shinichi Kudo, diracuni hingga membuat tubuhnya mengecil.

Manga dan anime Detective Conan. (detectiveconanworld.com)

Lagu yang dinyanyikan Boyfriend berjudul "Hitomi No melody" untuk lagu penutup ke-44. Vokal renyah Boyfreind yang menyanyi dalam bahasa Jepang terdengar merdu ditambah dengan alunan melodi lembut.

 

3 dari 7 halaman

Fairy Tail

BoA dikenal sebagai penyanyi asal Korea Selatan yang telah lama merasakan asam dan garam dunia hiburan. BoA debut tahun 2000, hampir 15 tahun hingga mendapatkan pujian dari Billboard pada 2015 silam.Billboard menyebut BoA sebagai salah satu saksi mata pertumbuhan industri K-Pop di dunia. BoA juga beberapa kali merilis lagu dengan genre yang unik yang menjadi ciri khasnya.

Vokal BoA yang indah rupanya telah beberapa kali diminta mengisi untuk soundtrack anime. BoA dikenal dengan vokalnya yang lembut di lagu "Every Heart", mengisi soundtrack Inuyasha. Selain itu, anime Fairy Tail juga membidik BoA untuk menjadi pengisi soundtrack.

Fairy Tail

Kisah Fairy Tail sendiri mengetengahkan pertemuan antara anggota Fairy Tail bernama Natsu dengan gadis bernama Lucy yang ingin masuk ke dalam perguruan tersebut. Setelah Lucy diterima sebagai anggota Fairy Tail, banyak cerita yang dilalui olehnya bersama Natsu dan rekan-rekannya

4 dari 7 halaman

Naruto Shippuden

Secret, girlband K-Pop yang debut 2009 silam ini diam-diam ternyata pernah mengisi soundtrack anime ternama Naruto. Dengan lagu "Twingkle Twingkle", Secret memberikan nuansa keceriaan dalam lagu penutupnya.

Secret (Pinterest)

Naruto merupakan anime adaptasi dari manga karya Masashi Kishimoto yang mulai beredar 1997 silam. Ceritanya mengenai Naruto Uzumaki, seorang ninja yatim-piatu yang periang, dan ambisius untuk mendapatkan gelar Hokage, pemimpin dan ninja terkuat di desanya.

Naruto rupanya memiliki kekuatan tersembunyi, rubah berekor sembilan yang sangat kuat tersegel di dalam dirinya. Perjuangan Naruto di dalam hidupnya pun membuat penikmat anime jatuh cinta dengan ceritanya.

5 dari 7 halaman

Ao No Exorciste

2PM, boyband yang debut di bawah asuhan JYP Entertainment. Boyband yang awalnya beranggotakan tujuh personel itu, kini hanya tinggal enam setelah Jay Park hengkang. Nama 2PM pun tercatat sebagai salah satu boyband papan atas di negeri ginseng.

2PM

Tak hanya di Korea Selatan, 2PM juga sudah tak asing lagi di insutri hiburan Jepang. Beberapa kali, 2PM merilis lagu dalam bahasa Jepang, Buktinya, 2PM yang terdiri dari Chansung, Nichkhun, Taecyeon, Jun.K, Junho dan Wooyoun itu berhasil merajai deretan tangga lagu ternama Jepang, Oricon dengan album No.5 yang rilis 2015 silam. 2PM mendapatkan kesempatan menyanyikan lagu untuk soundtrack anime Blue Exorcist atau Ao No Exorciste.

Blue Exorcist

Anme ini mengisahkan tentang Rin Okumura, anak laki-laki yang dibesarkan oleh eksorsis atau pengusir setan bernama Fujimoto. Di awal kisah, keduanya digambarkan selalu beradu argumen satu sama lain. Meskipun menyadari ia adalah anak Satan, Rin tetap bertekad untuk menentang jati dirinya dengan menjadi anggota True Cross Academy. Tujuan utamanya adalah untuk bisa menjadi pengusir setan dan mengalahkan para iblis di dunianya. Akan tetapi ketika ia menarik pedang milik sang ayah, perlahan-lahan Rin kekuatan gelap dari dalam dirinya muncul.

6 dari 7 halaman

Arashi no Yoru ni

UKISS, beberapa waktu ini memang menjadi buah bibir. Pasalnya, personel UKISS menggebrak industri hiburan dengan ceritanya yang memutuskan berkeluarga di usia yang dianggap terbilang muda. Selain itu, UKISS juga merombak personelnya setelah Dongho hengkang 2013 silam. UKISS kini kembali dengan forrmasi baru.

UKISS

UKISS kembali lengkap beranggotakan 7 orang dengan salah satu personel barunya untuk menggantikan Dongho. UKISS mulai dikenal pada 2015 setelah merilis album Always. UKISS menjadi artis K-Pop yang ikut menyanyikan soundtrack anime Arashi no Yoru ni. Dengan lagu "Dear My Friends" yang melengkapi anime besutan Yūichi Kimura.

Arashi no Yoru ni (Pinterest)

Vokal renyah sekaligus lembut dari personel UKISS, disertai dengan alunan musik yang nge-beat, membaut lagu ini terasa membuai dan menghipnotis. Arashi no Yoru ni mengisahkan tentang persahabatan yang unik antara dua makhluk hidup yang berbeda, domba dan serigala. Padahal, keduanya seharusnya menjadi musuh bebuyutan: satunya memangsa dan lainnya seharusnya dimangsa. Namun perbedaan tersebut tak menghalangi persahabatan.

Artikel Selanjutnya
Cerita Unik di 5 Lagu Baru Maliq & D'Essentials
Artikel Selanjutnya
Eunha GFriend Nyanyikan Lagu Band Indonesia Mocca