Sukses

Suara Serak, Aan D'Academy 4 Dapat Wejangan dari Juri

Liputan6.com, Jakarta Dangdut Academy 4 atau D'Academy 4 mulai memasuki babak Top 25. Lima peserta yang terbagi dalam Grup 1 telah unjuk kebolehan di Konser Final Top 25 D'Academy 4 pada Senin (20/2/2017) tadi malam. Mereka adalah Hafiz (Batubara), Ayu (Deli Serdang), Sheila (Klaten), Firdaus (Sumenep) dan Aan (Bima).

Penampilan pertama diisi oleh Aan dengan membawakan lagu berjudul "Cintaku Pasti Kembali" ciptaan Puji R. Aan yang tampil mengenakan kemeja merah dengan setelan jas dan celana panjang berwarna biru navy motif kotak-kotak. Sayangnya ia belum tampil maksimal. Hal tersebut disebabkan suara Aan yang mengalami serak.

Aan D'Academy 4 (Foto: Umi Septia)

Beberapa juri D'Academy 4 pun memberikan komentar atas penampilan Aan tersebut. Komentar pertama datang dari Iis Dahlia. Menurut Iis, kekurangan Aan yaitu kurang rileks. "Menurut saya improvisasi Aan enggak maksimal, aku merasa Aan enggak rileks, ini akibatnya kalau enggak rileks, artikulasi juga enggak jelas," kata dia.

Tak hanya itu, Iis mengingatkan bahwa masih ada kesalahan pada lirik lagu. "Kamu juga ada kesalahan lirik. Sebagai penyanyi laki-laki sebenarnya kamu sudah pas, tapi tadi kamu enggak mulus saat improvisasi, seharusnya itu jadi poin plus kamu tapi malahan jadi kekurangan," kata Iis Dahlia. Iis menyimpulkan, yang perlu diperbaiki dari penampilan Aan adalah artikulasi dan improvisasi yang harus lebih hati-hati.

Komentar selanjutnya datang dari Elvy Sukaesih. Menurutnya, suara serak membuat Aan tampil tidak maksimal, "Ini pertama kalinya Umi Elvy menilai kamu tapi Umi melihat volume suara kamu keren, zat suaranya juga bulat dan cowok. Umi dengar awalnya ada bagian yang serak sedikit masih terdengar enak, cuma makin ke sini seraknya nambah," katanya. Seperti Iis, Umi Elvy juga menyebut artikulasi Aan tidak begitu jelas, juga soal kesalahan lirik lagu. 

Sementara itu, Rita Sugiarto sangat menyayangkan penampilan Aan yang tidak maksimal akibat suaranya yang serak. Menurutnya, Aan memiliki warna suara dan power yang baik. Untuk mengatasi suara serak yang dialami Aan, Rita yang mengaku ngefans dengan suara Aan pun memberikan tips pada kontestan ini agar bisa kembali fit.

"Yang kurang malam hari ini kenapa kamu tidak bisa mempertahankan suara kamu. Tips agar tidak serak minum kencur, bisa juga mengisap cengkeh atau minum campuran jeruk nipis dan kecap. Meskipun tampil masih aman, sayang banget kalau enggak maksimal karena serak."

 

Dangdut Academy 4

Selain Rita Sugiarto, Nassar pun memiliki tips untuk Aan agar ke depannya terhindar dari suara serak. "Pertama, apabila sudah berlatih dengan coach diupayakan beristirahat dan jangan banyak bicara supaya enggak gampang serak. Kedua, jangan begadang. Itu memang benar, lebih baik tidur lebih cepat agar tetap fit," tuturnya. 

Ia menyayangkan penampilan Aan ini, karena Nassar merasa Aan masih memiliki potensi. "Kamu harus perdalam lagi feel-nya dan juga teknik pernafasan. Karena feel itu sangat penting dalam lagu," ucap Nassar saat mengomentari penampilan Aan.

Artikel Selanjutnya
Anak Didik GilBhas Gantung Mic di Grup 1 Top 35 SUCA 3
Artikel Selanjutnya
Tulus Semakin Tertantang Jadi Juri Pencarian Bakat