Sukses

Fakta-fakta Menarik tentang Piala Oscar 2017

Liputan6.com, Los Angeles Acara bergengsi Academy Awards ke-89 atau Piala Oscar 2017 akan berlangsung sebentar lagi, tepatnya Minggu (26/2/2017) malam waktu setempat. Pagelaran di dunia hiburan yang dianggap sebagai ajang penghargaan tertinggi di dunia perfilman telah dinanti publik.

Sepak terjang aktor ternama di industri hiburan seolah terbayar setelah meraih piala Oscar. Saat aktris atau aktor berhasil membawa pulang piala Oscar, citra mereka melambung, membuat mereka berada di puncak popularitas.

Sebagai ajang penghargaan yang paling banyak menyita perhatian dunia, persiapan Academy Awards ke-89 ini disebut telah sangat matang. Bahkan, daftar pemenang pun hanya tinggal dibacakan di hadapan insan perfilman dan industri hiburan dunia.

Lalu, apa sajakah fakta menarik Oscar 2017? Jangan lewatkan laporannya yang disarikan Liputan6.com dari berbagai sumber:

1 dari 5 halaman

Oscar Tidak Lagi Rasis

Pada 2016, Academy Awards banyak mendapatkan kritikan pedas. Piala Oscar yang dianggap sebagai ajang penghargaan tertinggi di dunia perfilman itu dianggap rasis karena hanya menampilkan aktor dan aktris kulit putih di jajaran nomine.

Tagar #OscarSoWhite (Oscar sangat kulit putih) banyak menghiasi laman Twitter. Beberapa orang memberikan dukungan kepada artis kulit hitam pada acara yang dipandu oleh Chris Rock, 28 Februari 2016.

Tahun ini, Oscar 2017 terlihat banyak perubahan. Dalam setiap kategori, terdapat aktor atau aktris kulit hitam yang dianggap berbakat. Nama  Viola Davis mendadak menjadi pembicaraan, disebut paling banyak menjadi nomine di Oscar.

 

 

2 dari 5 halaman

Jimmy Kimmel

Pada 2016, Oscar dipandu oleh Chris Rock untuk mengurangi sentimen negatif terhadap Academy Awards ke-89 yang dianggap rasis. Rupanya kehadiran Chris Rock tak terlalu bisa membuat suasana menjadi lumer.

(Variety/VINCE BUCCI/INVISION FOR THE TELEVISION ACADEMY/AP IMAGES)

Kini, Jimmy Kimmel menjadi host Oscar 2017. Seleb yang sukses membawakan acara atas namanya sendiri, Jimmy Kimmel Live! secara perdana menjadi pembawa acara Academy Awards ke-89.

Kehadiran Jimmy Kimmel diharapkan bisa membuat panggung Oscar 2017 yang menegangkan jadi lebih meriah. Jimmy Kimmel dikenal dengan leluconnya yang sehat dan menghibur, diwartakan FoxNews, baru-baru ini.

 

3 dari 5 halaman

Biaya Selangit

Academy Awards ke-89 ternyata dibuat dengan biaya yang sangat mahal. Dari panggung, dekorasi, hingga piala Oscar yang memang berlapis emas.

Menurut perkiraan, penyelenggaraan Oscar 2017 menghabiskan US$42,8 juta atau sekitar Rp572 miliar. Harga tersebut diperkirakan berubah dengan tambahan biaya lainnya.

Karpet merahnya saja membutuhkan biaya US$30 ribu atau Rp401 juta. Setiap piala Oscar yang berlapis emas 24 karat memerlukan US$696 atau Rp9,3 juta. 

4 dari 5 halaman

Kategori Tambahan

Academy Awards dianggap tak ada perubahan dari tahun ke tahun. Akibatnya, kategori di Oscar pun dianggap membosankan dan tidak kreatif. Tak heran, bila orang mulai mengkhayal kategori apa saja yang harusnya ada di Piala Oscar 2017.

Huffington Post, misalnya, menawarkan beberapa kategori baru untuk masuk di Oscar 2017, termasuk Penghargaan untuk Perbedaan. Pasalnya, banyak yang menyebutkan jika Oscar 2017 mulai diperuntukkan untuk artis dari berbagai jenis kulit yang berbeda.

Kategori Adegan Seks Terbaik juga disebutkan. Meski banyak yang protes, salah satu film yang membuat heboh dengan adegan seksnya adalah Fifty Shades of Grey, menjadi salah satu nominee di Academy Awards tahun lalu.

 

Mau tahu fakta-fakta unik Piala Oscar? Klik di sini.

Artikel Selanjutnya
Berlapis Emas 24 Karat, Berapa Biaya Pembuatan Piala Oscar?
Artikel Selanjutnya
6 Momen Tak Terlupakan di Piala Oscar 2017