Sukses

Prediksi Piala Oscar 2017: Ini Nomine yang Mengancam La La Land

Jangan lantas mengira La La Land bakal dengan mudah melenggang membawa pulang piala Oscar 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Saat daftar nominasi Piala Oscar 2017 diumumkan pada akhir Januari lalu, banyak orang terhenyak. Pasalnya, film La La Land melesat dengan perolehan 14 nominasi Oscar.

Ini, menyamai rekor yang dipegang dua film dengan nominasi Oscar terbanyak sepanjang sejarah, yakni Titanic dan All About Eve.

Namun dengan semua nominasi ini, jangan lantas mengira La La Land bakal dengan mudah melenggang membawa pulang piala Oscar. Lihat saja pengalaman The Color Purple arahan Steven Spielberg. Di Piala Oscar tahun 1986, film ini meraih 11 nominasi, namun tak memenangkan satu penghargaan pun.

Apalagi, saingan La La Land tahun ini cukup ketat. Ini terlihat dari para nomine di kategori 'Lima Besar', yakni Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, Aktris Terbaik, dan Naskah Terbaik—yang semuanya menyertakan La La Land sebagai kandidat pemenang.

Mengingat banyak film nominasi Piala Oscar 2017 yang belum diputar di bioskop Tanah Air, memang sedikit sulit untuk memprediksi siapa yang bakal keluar sebagai pemenang. Untuk itu, Liputan6.com mencoba menyarikan sejumlah pendapat para kritikus film Hollywood, tentang siapa saja yang akan keluar sebagai jawara di Piala Oscar 2017.

Apakah prediksi ini benar-benar jitu atau tidak, kita tunggu saja pelaksanaan Academy Awards ke-89 yang akan berlangsung pada Senin (27/2/2017) pagi waktu Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Naskah Asli Terbaik

Di kategori Naskah Asli Terbaik, La La Land akan berhadapan dengan Hell or High Water, The Lobster, Manchester by The Sea, dan 20th Century Women.

Sejumlah kritikus memperkirakan La La Land yang ditulis oleh Damien Chazelle akan ditumbangkan oleh Manchester By The Sea milik Kenneth Lonergan.

"Naskah Lonergan menyeimbangkan antara penceritaan dan pengungkapan emosi secara seimbang, hal inilah yang dikritik dari La La Land dengan naskahnya yang sedikit lembek," tulis Todd VanDerWerff dari Vox.

Sementara itu Moonlight diperkirakan akan keluar sebagai pemenang di kategori Naskah Adaptasi Terbaik. Apalagi, film ini baru memenangkan Writers Guild Awards.

3 dari 5 halaman

Aktor dan Aktris Terbaik

Emma Stone dan Ryan Gosling memang menampilkan performa penuh emosi dalam La La Land. Chemistry keduanya pun terasa sangat meyakinkan . Namun bukan berarti mereka bisa dengan mudah 'mengawinkan' dua kategori ini, seperti yang mereka lakukan dalam Golden Globes 2017 kemarin.

Selain Emma Stone, performa Natalie Portman sebagai Jacqueline Kennedy Onassis di film Jackie banyak dijagokan para kritikus.

"Performa Natalie Portman sebagai Jacqueline Kennedy benar-benar pencapaian besar dalam seni peran. Portman tak hanya menampilkan aksen dan bahasa tubuh mantan ibu negara ini dengan sempurna, ia juga secara luwes menghadirkan sosok perempuan perkasa sekaligus lemah, kuat namun hancur, manipulatif tapi tak berdaya, pengasih juga pendendam," tulis Madeline Berg dari Forbes.

Jangan lupa juga, di kategori ini ada aktris veteran Meryl Streep yang bermain cemerlang sebagai Florence Foster Jenkins, dalam film yang berjudul sama. Ia memerankan seorang penyanyi soprano bersuara fals tapi populer, yang diangkat dari kisah nyata.

Sementara saingan Ryan Gosling juga tak bisa dianggap sebelah mata. Akting Casey Affleck sebagai seorang pria muda yang tiba-tiba diserahi tanggung jawab untuk menjadi wali dari keponakannya yang yatim, membuatnya banyak dijagokan kritikus. Sayang, banyak yang memprediksi bahwa tuduhan pelecehan seksual yang pernah dialamatkan padanya, akan menghalangi adik Ben Affleck ini membawa pulang Oscar.

Aktor lain yang tak bisa dipandang remeh adalah Denzel Washington dalam Fences. Aktor peraih dua piala Oscar ini juga baru saja memenangkan Screen Actors Guild Awards tahun ini atas performanya di film tersebut.

4 dari 5 halaman

Sutradara Terbaik

Damien Chazelle, benar-benar dijagokan untuk meraih gelar Sutradara Terbaik dalam Piala Oscar 2017. Mayoritas kritikus memprediksi sutradara La La Land inilah yang akan keluar sebagai pemenang.

Hal ini, bukan satu hal yang mengherankan. Kemampuan Damien Chazelle dalam menerjemahkan film drama musikal modern dalam bahasa audio dan visual yang apik, membuatnya memborong banyak penghargaan di bidang penyutradraan. Beberapa penghargaan penting yang ia terima tahun ini, adalah Golden Globes, BAFTA, dan Directors Guild of America.

Cukup aman rasanya, menyebut bahwa Damien Chazelle akan membawa pulang piala Oscar sebagai Sutradara Terbaik tahun ini.

5 dari 5 halaman

Film Terbaik

La La Land mendapat banyak saingan berat di kategori ini. Film-film yang menjadi kandidat pemenang antara lain Arrival, Fences, Hacksaw Ridge, Hell or High Water, Hidden Figures, Lion, Manchester By the Sea, dan Moonlight.

Moonlight, adalah salah satu film yang paling dijagokan akan merebut Piala Oscar dari La La Land. Cerita film ini yang berkisah tentang LGBT di masyarakat kulit hitam, tak hanya indah secara artistik, namun dianggap penting untuk diceritakan.

"Film yang dibuat dan diceritakan secara indah, Moonlight memberikan lampu sorot pada tokoh-tokoh yang selama ini tak ditengok oleh Hollywood, atau hanya ditampilkan sebagai stereotip—yakni pria muda kulit hitam yang gay dan termarginalisasi," prediksi BBC.

 

Mau tahu fakta-fakta unik Piala Oscar? Klik di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini