Sukses

Piala Oscar 2017 yang Bikin Pupus Fans Anime

Liputan6.com, Jakarta - Kategori Film Animasi Terbaik di ajang Piala Oscar 2017 membawa kabar buruk bagi para penggemar anime. Tak ada satupun film animasi Jepang yang masuk dalam nominasi di ajang penghargaan film paling bergengsi tersebut.

Lihat saja daftar kategori Best Animated Feature Film di Piala Oscar 2017: Moana, Zootopia, My Life as a Zucchini, Kubo and the Two Strings, dan The Red Turtle. Semua film tersebut bukanlah buah produksi animator Jepang.

[Foto: The Red Turtle]

Meskipun The Red Turtle turut diproduseri Studio Ghibli -studio animasi Jepang paling ternama-, namun film tersebut tak cocok disebut sebagai anime. Dikarenakan, filmnya digarap oleh animator dari Denmark-Inggris.

Disampaikan PBS.org, Sabtu (25/2/2017), Patrick Macias, pimpinan redaksi Otaku USA dan Crunchyroll News, sedikit menjelaskan mengapa tahun ini anime tak masuk ke dalam nominasi Piala Oscar 2017. "Jadi anime tidak benar-benar diabaikan pada tahun ini. Penting juga untuk dicatat bahwa tidak setiap film anime yang keluar layak ada di Oscar," katanya melalui pesan Skype.

"Jadi kalau kita ingin memikirkan satu nominasi Oscar sebagai pengakuan sesungguhnya dalam pembuatan film berkualitas tinggi, dan bukan sekelompok orang yang sangat memperhitungkan dalam membuat keputusan politik, - meskipun kita tahu biasanya itu tidak terjadi - mungkin ini adalah hal yang baik," lanjutnya.

[Foto: Spirited Away]

Puncak kejayaan anime atau film animasi Jepang di Piala Oscar, ditorehkan pada tahun 2003. Film Spirited Away besutan Studio Ghibli, menjadi anime pertama yang memenangkan piala di ajang Academy Awards itu.

Sepanjang 2016, para pecinta anime sempat berharap film Your Name (Kimi no Na Wa) masuk ke dalam Nominasi Piala Oscar 2017. Film besutan Makoto Shinkai itu meraih US$100 juta di box office Jepang.

 

Mau tahu fakta-fakta unik Piala Oscar? Klik di sini.

Artikel Selanjutnya
Top 10 Berita Bola: Pacar Ezra Walian dan Timnas Indonesia U-19
Artikel Selanjutnya
Spanyol Menang, Kapten Barcelona Puji Atmosfer Santiago Bernabeu