Sukses

Piala Oscar 2017 Cabut Nominasi Kru Film Benghazi

Kabar kurang menyenangkan baru saja melanda Piala Oscar 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar kurang menyenangkan baru saja melanda Piala Oscar 2017. Sebuah pelanggaran dilakukan oleh salah satu peraih nominasi, Greg P. Russell, sound mixer untuk film 13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi.

Seperti disampaikan Los Angeles Times, Sabtu (25/2/2017), pihak Academy Awards mencabut Greg P. Russell dari daftar calon peraih Piala Oscar 2017 karena adanya upaya untuk memenangkan penghargaan dengan menghubungi orang dalam dari tim penilai.

13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi. (telegraph.co.uk / Paramount)

"Keputusan ini didorong oleh penemuan bahwa Russell telah memanggil teman-temannya di bagian penilaian suara selama fase nominasi untuk membuat mereka menyadari karyanya dalam film, pelanggaran langsung dari peraturan kampanye yang melarang lobi telepon," terang pihak Academy Awards dalam sebuah pernyataan.

Akhirnya, hal tersebut membuat sound mixer lain dari 13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi, menggantikan Russell di nominasi Piala Oscar 2017. Mereka adalah Gary Summers, Jeffrey J. Haboush, dan Mac Ruth.

"Keputusan dewan tertinggi untuk membatalkan nominasi tuan Russell dibuat setelah mempertimbangkan secara hati-hati. Pihak Academy menindak sangat serius proses pemungutan suara Oscar dan segala hal - tidak peduli dikemas sebaik apapun - yang dapat merusak integritas proses itu," kata Presiden Academy Awards, Cheryl Boone Isaacs, dalam sebuah pernyataan.

Pihak Academy Awards mencabut Greg P. Russell dari daftar peraih calon Piala Oscar 2017

Tindakan tersebut dilakukan setelah munculnya rekomendasi dari komite eksekutif bagian penilai suara di Academy Awards. Dewan tertinggi mencabut nominasi Russell pada Kamis (23/2/2017), dua hari sebelum pengumuman ini disampaikan pihak Academy.

Sebelum tertimpa permasalahan di Piala Oscar 2017 ini, Russell sudah menjadi veteran di bidang sound mixing. Bahkan, ia pernah didapuk menjadi nomine Piala Oscar sebanyak 17 kali berkat film-film seperti Black Rain, Con Air, Transformers, dan Pearl Harbor. Namun, tak ada satupun Piala Oscar yang dimenangkannya.

 

Mau tahu fakta-fakta unik Piala Oscar? Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini