Sukses

Dilarang ke AS, Sutradara Iran Menang Piala Oscar 2017

Sutradara asal Iran, Asghar Farhadi, menyampaikan salam setelah menang Piala Oscar 2017 meskipun dilarang datang ke Amerika Serikat.

Liputan6.com, Los Angeles - Salah satu kendala yang meliputi perhelatan Piala Oscar 2017 adalah pelarangan warga negara mayoritas Muslim untuk mengunjungi Amerika Serikat. Salah satu sosok yang terkena imbas dari peraturan yang dikeluarkan Donald Trump tersebut adalah Asghar Farhadi, sutradara film The Salesman.

Masuk ke dalam nominasi Best Foreign Language Film, The Salesman akhirnya memenangkan Piala Oscar 2017. Meskipun tak berada di lokasi Academy Awards ke-89 yang digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, California, Minggu (26/2/2017), namun Asghar Farhadi tetap menyampaikan salamnya.

Asghar Farhadi (IMDb)

Asghar Farhadi sendiri beralasan ketidakdatangannya dikarenakan dirinya masih menghormati negaranya. Namun dalam pidato sambutannya, ia tetap melontarkan adanya larangan imigrasi dari Donald Trump secara tersirat.

Sebuah kalimat indah pun terlontar dari Asghar Farhadi yang turut diunggah melalui akun Twitter @TheAcademy. "Para sineas bisa menyalakan kamera mereka untuk merekam sifat manusia yang sama-sama kita miliki, dan mendobrak stereotip atas dasar bangsa dan agama," ujarnya.

Nominator Oscar, Asghar Farhadi tidak bisa hadiri Oscar karena keputusan Baru Donald Trump.(Via: KTLA)

Selain Asghar Farhadi, akun Twitter @TheAcademy juga mengutip kalimat yang disampaikan oleh Alan Barillaro, sutradara film pemenang kategori Best Animated Short, Piper. "Semoga kau selalu memiliki keberanian untuk menghadapi ketakutanmu," ucap Alan.

Piala Oscar 2017 sendiri didominasi oleh La La Land yang masuk ke dalam 14 nominasi, disusul oleh Arrival dan Moonlight yang sama-sama memiliki delapan nominasi. Beberapa sineas juga mendapatkan penghargaan kehormatan termasuk aktor-sutradara-produser film bela diri Hong Kong, Jackie Chan.

 

Mau tahu fakta-fakta unik Piala Oscar? Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.