Sukses

6 Momen Tak Terlupakan di Piala Oscar 2017

Ada banyak momen tak terlupa di Oscar 2017. Mulai dari pembukaan yang menggelegar hingga Oscar yang tertukar.

Liputan6.com, Jakarta Perhelatan Piala Oscar 2017 baru saja selesai digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, pada Minggu malam waktu setempat (26/2/2017). Dalam acara yang dipandu oleh Jimmy Kimmel ini, film Moonlight meraih penghargaan paling prestisius, yakni Film Terbaik.

Beberapa fakta menarik mengenai piala Oscar 2017 yang akan segera berlangsung.

Selain terkuaknya para pemenang Piala Oscar 2017, jalannya malam puncak penghargaan ini sendiri juga penuh dengan ingar bingar dan keseruan tersendiri. Ini bukan hal yang mengherankan tentu saja, mengingat jutaan pasang mata tertuju pada Academy Awards ke-89 ini.

Dari sekian banyak hal yang terjadi dalam Piala Oscar 2017 ada beberapa hal yang rasanya bakal sulit dilupakan, bahkan akan jadi bahan omongan hingga beberapa waktu ke depan.

Apa saja itu?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Justin Timberlake

Seperti tradisi Academy Awards biasanya, Piala Oscar 2017 juga diisi dengan pertunjukkan live OST sejumlah film yang masuk sebagai kandidat pemenang.

Nah tahun ini, Justin Timberlake kebagian giliran pertama untuk tampil, dengan membawakan "Can't Stop The Feeling" untuk membuka perhelatan tersebut. Mengenakan setelah tuksedo dengan dasi kupu-kupu, Justin Timberlake muncul dari belakang bangku penonton bersama sejumlah penari.

Kombinasi antara lagu yang energik dengan pesona Justin Timberlake ternyata mampu memanaskan suasana di Dolby Theatre. Buktinya, para undangan yang terdiri dari para pesohor papan atas ini, tak tahan dan ikut bergoyang.

3 dari 7 halaman

Kejutan untuk Turis


Rasanya perhelatan piala Oscar tak akan seru bila tanpa satu-dua gimik yang dilancarkan sang pembawa acara. MC Oscar 2017, Jimmy Kimmel, melakukannya dengan membawa sejumlah turis untuk masuk dalam panggung Dobby. Para turis tersebut, sama sekali tak menyadari bahwa mereka sedang berada di acara Oscar.

"Ini betulan, kami menghabiskan ratusan ribu dolar untuk melakukan hal ini," kata Jimmy Kimmel.

Sesaat, lampu panggung dimatikan untuk memberi kejutan pada para turis. Tak heran, para turis ini kaget begitu sadar mereka ada di Oscar. Namun begitu sadar, para turis ini langsung ramai-ramai mengambil selfie dan bersalaman dengan para bintang yang duduk di barisan depan.

4 dari 7 halaman

Hujan Permen dan Donat


Tampaknya menyajikan makanan dengan cara unik mulai jadi tradisi tersendiri di Oscar. Bila Ellen DeGeneres memanggil tukang pizza dan Chris Rock menyajikan biskuit girl scout, maka Jimmy Kimmel menyuguhkan donat dan permen pada para bintang di Oscar 2017.

"Kalian lapar enggak? Kalau ya, tutup mata kalian dan berharaplah sekhusyuk mungkin," kata Jimmy Kimmel.

Tak lama kemudian ratusan parasut putih kecil diterjunkan dari langit-langit Dolby Theatre. Di ujung langit-langit itu diikat beberapa permen. Tak lama kemudian, ia lantas mengirimkan donat dari langit-langit, dengan cara yang sama.

"Mungkin tahun depan kita serahkan piala Oscar dengan cara seperti ini saja," canda Jimmy Kimmel.

5 dari 7 halaman

Tamparan untuk Donald Trump


Seperti yang sudah diduga banyak orang, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bakal jadi bulan-bulanan dalam Oscar 2017. Sang MC, Jimmy Kimmel, tanpa ampun menyindir Trump sejak awal mengungkapka monolog pembukaannya di Oscar.

"Acara ini disiarkan secara langsung dan ditonton jutaan pasang mata di seluruh dunia, di lebih dari 225 negara yang kini membenci kita," kata Jimmy Kimmel.

Ia juga mencibir kebijakan anti imigran Donald Trump, sekaligus menyentil tradisi di Hollywood. "Kami di Hollywood cukup terbuka. Kami tak mendiskriminasikan orang berdasarkan negara asalnya, kami mendiskriminasikan mereka berdasarkan tinggi dan berat badannya," katanya.

Bahkan di akhir monolognya, ia menertawakan kebiasaan Donald Trump curhat di Twitter.

"Mari kita mengapresiasi apa yang sedang terjadi. Kita berada di Academy Awards... beberapa dari kalian akan naik ke atas panggung lalu memberikan pidato, dan Presiden Amerika Serikat akan mencuit tentang ini—yang ditulis dalam huruf besar-besar—di pukul lima pagi, saat ia sedang buang air besar."

6 dari 7 halaman

Oscar-Oscar Pertama


Ada banyak nomine Oscar 2017 yang mendapatkan piala perdananya pada perhelatan tahun ini.

Aktris film Fences, Viola Davis, misalnya. Ia akhirnya memenangkan piala ini setelah tiga kali masuk nominasi Oscar. Emma Stone, yang tahun 2015 lalu hanya masuk nominasi Aktris Pendukung Terbaik lewat Birdman, kali ini berhasil membawa pulang piala lewat La La Land.

Mahershala Ali, juga membawa pulang piala Oscar Aktor Pendukung Terbaik lewat film Moonlight. Ini merupakan pencapaian yang cukup penting dalam sejarah Oscar, karena ia merupakan aktor muslim pertama dalam penghargaan ini.

Tak hanya para aktor dan aktrisnya, bintang baru juga lahir dari kategori Sutradara Terbaik. Damien Chazelle, akhirnya mengukuhkan kedudukannya sebagai salah satu sutradara muda paling bersinar di Hollywood berkat Oscar yang ia raih lewat La La Land.

 

7 dari 7 halaman

Oscar yang Tertukar


Jelas, yang terakhir ini akan ramai diperbincangkan selama beberapa waktu lamanya. Saat pengumuman kategori Film Terbaik, ada kesalahan fatal yang cukup memalukan.

Dua presenter yang membacakan nominasi ini, yakni aktor dan aktris senior Warren Beatty dan Faye Dunaway, salah membacakan pemenang. Seharusnya mereka membacakan Moonlight sebagai pemenang, namun yang mereka umumkan adalah La La Land.

Begitu mendengar filmnya disebut, tentu saja para sineas La La Land naik ke atas panggung. Namun begitu melihat isi amplop yang dibaca dua presenter itu, ternyata mereka menyadari ada yang salah. "Ini bukan gurauan, saya khawatir mereka membaca kertas yang salah," ujar Jordan Horwitz, produser La La Land.

Para sineas Moonlight pun berangkulan, sementara sineas La La Land mulai beringsut turun dari panggung.

 

Mau tahu fakta-fakta unik tentang Piala Oscar? Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini