Sukses

Salah Sebut Pemenang Oscar 2017, Ini yang Sebenarnya Terjadi

Insiden salah menyebutkan pemenang Film Terbaik di Piala Oscar 2017 menjadi momen paling tak terlupakan di sepanjang sejarah Academy Award.

Liputan6.com, Los Angeles - Perhelatan Oscar 2017 pada Minggu (26/2/2017) waktu setempat telah selesai. Penghargaan film paling bergengsi ini menorehkan Moonlight sebagai pemenang kategori Film Terbaik (Best Picture). Pengumuman sempat diwarnai oleh disebutnya La La Land sebagai pemenang yang langsung diralat di atas panggung. Apa yang sebenarnya terjadi?

Seperti disampaikan E! News, Selasa (28/2/2017), insiden salah sebut pemenang di saat-saat terakhir Piala Oscar 2017 itu dimulai sejak berdirinya Warren Beatty dan Faye Dunaway di atas podium. Dua legenda Hollywood yang pernah memenangkan Oscar serta sama-sama tampil di satu film itu, didaulat sebagai pembaca pemenang kategori puncak, Film Terbaik.

Insiden memalukan terselip penganugerahan Piala Oscar.

Namun, tersirat ekspresi serba salah dan kikuk ketika Warren Beatty sempat berhenti sejenak saat akan menyebutkan judul film pada kartu yang dipegangnya. Ia melihat ke bawah sambil mengacak amplop, dan menatap kepada Faye Dunaway, sementara para pemirsa menantikannya pengumumannya.

Sementara itu, Faye Dunaway seperti mendesak Beatty untuk segera mengumumkannya hingga disebutlah La La Land oleh Faye sendiri. Sementara itu, beberapa pemirsa berpikir bahwa reaksi Beatty merupakan bagian dari gaya bercandanya. Ternyata, memang ada yang tidak beres dengan kartu dalam amplopnya.

Barulah ketika kru dan para pemain La La Land maju ke panggung, semuanya terungkap. Awalnya, satu per satu para produser mengucapkan terima kasih, dimulai dari Jordan Horowitz kemudian Marc Platt. Selama Platt berbicara, terdapat hiruk pikuk di atas panggung ketika beberapa orang berlarian ke atas panggung.

Produser La La Land, Jordan Horowitz membacakan pemenang film terbaik Oscar 2017 jatuh pada film Moonlight di Hollywood, California, AS (26/2). Film Moonlight akhirnya dinobatkan sebagai film terbaik di ajang Oscar 2017. (AFP/Mark Ralston)

Ketika produser Fred Berger berbicara, ia mendengar percakapan di belakangnya lalu mengucapkan, "Kami kalah, omong-omong." Jordan Horowitz lalu kembali memegang mikrofon untuk mengumumkan pemenang sesungguhnya. "Ada kesalahan. Moonlight, kalian memenangkan Film Terbaik. Ini bukan lelucon."

"Ini bukan lelucon. Moonlight memenangkan Film Terbaik," ucap Horowitz sembari mengambil kartu pemenang dari tangan Warren Beatty dan memperlihatkan tulisan "Moonlight - Best Picture" dalam waktu lama agar bisa disorot kamera. Kru dan para pemain Moonlight pun langsung naik ke atas panggung untuk menerima Piala Oscar 2017.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengakuan Warren Beatty

Di sela-sela itu Warren Beatty memanfaatkan situasi dan berbicara di depan mikrofon untuk menjelaskan situasi sebelumnya ketika ia dan Faye Dunaway mengumumkan judul pemenang. Ia memang merasa ada yang tak beres saat melihat kartu di tangannya.

"Saya membuka amplopnya. Disebutkan Emma Stone, La La Land. Itulah mengapa saya seperti melihat Faye cukup lama dan kepada kalian. Saya tidak mencoba untuk melucu. Inilah Moonlight, Film Terbaik," katanya.

Setelah diamati lebih dekat, ternyata bagian depan amplop yang dibawa Beatty bertuliskan "Aktris Terbaik dalam Peran Utama". Hal tersebut mengindikasikan bahwa ia membawa amplop yang salah ketika pembacaan dimulai.

Produser La La Land, Jordan Horowitz menunjukan kartu nomine yang menyatakan film terbaik jatuh pada Moonlight dalam ajang Oscar 2017 di Hollywood, California, AS (26/2). (AFP/Getty Images/Kevin Winter)

Sementara produser La La Land, Jordan Horowitz, menuturkan pengakuannya. Ia menjelaskan, saat ia mulai mengucapkan pidato kemenangan, seorang petugas panggung mencari-cari amplop yang ia terima dari presenter.

"Ia meminta amplop milikku. Ia membukanya, lalu melihat bahwa amplop tersebut bertuliskan "Emma Stone, La La Land" di dalamnya. Saat itu, jelas sekali ada kesalahan, dan mereka mulai mencari amplop Film Terbaik," kata Horowitz. 

Dan sisanya, tentu sudah bisa ditebak. Tulisan dalam amplop Best Picture menyebutkan film Moonlight sebagai pemenangnya.

 

Produser La La Land, Jordan Horowitz mengajak sutradara Moonlight, Barry Jenkins bersama pemainnya usai pembacaan pemenang film terbaik di ajang Oscar 2017 di Hollywood, California, AS (26/2). (AFP/Mark Ralston)

 

 

PricewaterhouseCoopers, perusahaan yang telah mengatur proses pemungutan suara Oscar selama lebih dari 80 tahun, berjanji untuk menyelidiki kejadian tak terduga itu. "Kami sangat meminta maaf kepada Moonlight, La La Land, Warren Beatty, Faye Dunaway, dan pemirsa Oscar untuk kesalahan yang dibuat saat pengumuman penghargaan untuk Film Terbaik," ujar sebuah pernyataan dari perusahaan tersebut.

Ia melanjutkan, "Para presenter telah diberi amplop kategori yang salah dan ketika ditemukan, segera diperbaiki. Kami sedang menyelidiki bagaimana ini bisa terjadi, dan sangat menyesal bahwa ini bisa terjadi. Kami menghargai keikhlasan para nomine, Academy, ABC, dan Jimmy Kimmel yang menangani situasi ini."

 

 

Mau tahu fakta-fakta unik Piala Oscar? Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.