Sukses

Diana Sastra Angkat Musik Tarling ke Panggung Nasional

Diana Sastra lebih dikenal di kawasan Pantura.

Liputan6.com, Jakarta Nama Diana Sastra lebih dikenal di seputaran kota-kota di Pantai Utara Jawa seperti Indramayu, Cirebon, Majalengka dan Brebes. Kini, sang biduan, Ratu Tarling mencoba mencari keberuntungan di industri musik Tanah Air. Diana Sastra, bakal ditangani oleh tangan dingin Agi Sugiyanto, bos Pro Aktif yang sukses mempopulerkan kelompok Trio Macan.

Diana Sastra

"Saya mendapat dukungan moral dari pak Agi, katanya jangan jago kandang di wilayah Pantura tapi harus berkiprah di Nasional. Akhirnya saya coba deh," kata Diana Sastra ketika bincang dengan awak media di Radio Muara Cipinang Jakarta Timur Rabu (28/2/2017).

Diana Sastra sejak usia remaja telah ‘kejeblos’ di dunia tarling. Sehingga tak mengherankan, ia pun mendapat cap Ratu Tarling juga julukan Dewi Pantura.

"Iya karena kebetulan saya berkesenian di tarling, mungkin cara gampangnya para penggemarku bikin julukan dengan Si Ratu Tarling atau Si Dewi Pantura. Kok, jadi kelihatan heboh ya?” ungkap Diana Sastra terbiasa menyapa penggemarnya di atas panggung dengan teriakan Sedulur FDS (Fans Diana sastra).

Penyanyi yang menetap di Cirebon dan sama sekali tak bermimpi untuk memiliki rumah tinggal di Jakarta ini menjelaskan alasannya betah untuk eksis di pantura. "Karena lahir dan dibesarkan, juga terus juga rezeki nyanyinya kebanyakan didapat seputaran Pantura, jadi Jakarta cukup kalau ada job nyanyi sajalah,” paparnya mesam-mesem.

Saat ini, Diana Sastra telah melakukan promo di Jakarta. Salah satunya adalah tampil di acara Inbox SCTV. "Jadi ke Jakarta cuma untuk kegiatan promo single Juragan Empang saja," kata Diana Sastra.

Meskipun ia menyimpan rasa kecintaan yang tingginya terhadap kesenian tarling. Namun Diana Sastra mengungkapkan, kalau kesenian tarling belum mendapatkan ‘kursi empuk’ di industri musik Indonesia, berbanding terbalik dengan musik pop, rock atau dangdut.

Diana Sastra

"Andaikan saja televisi mau berbagi ‘panggung’ untuk musik tarling seperti jenis musik lainnya. Saya percaya mayor label pasti akan berlomba untuk ngeluarin tarling. Karena biar bagaimana selain radio, televisi juga punya peran besar untuk memasyarakatkan tarling,” papar Diana Sastra yang telah mengantongi sebanyak 21 album rekaman.

Kini dengan single barunya, Diana Sastra berharap lagu tarling bisa kembali eksis di beberapa televisi maupun acara-acara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini