Sukses

Rombak Lagu Rhoma Irama, Ridho Rhoma Ubah Lirik

Liputan6.com, Jakarta - Karier Ridho Rhoma sebagai penyanyi dangdut sudah bukan hal yang baru lagi di mata masyarakat Indonesia. Putra bungsu Raja Dangdut Rhoma Irama itu sudah memiliki segudang karya yang ikut mengharumkan genre musik dangdut di seluruh penjuru Tanah Air.

Kini, Ridho Rhoma menjajal kembali warna dangdut di industri Tanah Air dengan mendaur ulang "Mengapa", lagu ciptaan ayahnya sendiri, Rhoma Irama. Sebelumnya, "Mengapa" dinyanyikan oleh Ida Royani dan dijadikan sebagai soundtrack untuk Raja Dangdut yang rilis pada 1979 silam.

Segmen 2:

Diakui oleh Ridho Rhoma bahwa nuansa dalam aransemen baru "Mengapa" sangat berbeda. Liriknya pun ia ubah sedikit karena adanya perbedaan gender dari sisi penyanyi. Lirik khusus wanita yang dinyanyikan Ida Royani, dirombaknya menjadi maskulin agar cocok dengan gender-nya sebagai pria. Bahkan, secara berani Ridho memberikan sentuhan modern yang jauh dari unsur musik dangdut.

"Ada sentuhan kekinian di warna musiknya, ada unsur elektroniknya. Kalau secara musik, jauh dari musik dangdutnya papa. Sentuhan modernnya sangat kuat. Sebelumnya aku lebih nge-band, karena sekarang solo, lebih banyak nuansa yang perbedaannya bisa dirasakan kalau didengar," ujar Ridho kepada Liputan6.com, Selasa (7/3/2017) lalu.

Penyanyi dangdut, Ridho Irama atau yang dikenal dengan Ridho Rhoma saat berkunjung ke kantor Liputan6.com di SCTV Tower, Jakarta, Selasa (7/3). (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Ditanya lebih jauh soal musik dalam "Mengapa", Ridho Rhoma pun mengaitkannya dengan videoklip-nya yang digarap oleh Rizal Mantovani. Proses pasca-produksi videonya sendiri baru saja rampung pada Selasa lalu.

"Kalau musik di proyek yang ini, aku merasa nuansanya lebih berbeda. Kalau yang dulu, versi bapak, itu lebih kental dangdutnya, sesuatu yang bisa kita temukan sehari-hari di lingkungan. Tapi kalau yang ini, kita kayak dibawa ke satu alam yang mampu menarik pendengarnya ke tempat lain. Makanya, videoklip-nya dibuat surealis oleh mas Rizal. Pas mendengarnya, dia merasa kayak, 'Gue dibawa ke mana nih?'" ujar Ridho.

Penyanyi dangdut, Ridho Irama atau yang dikenal dengan Ridho Rhoma saat berkunjung ke kantor Liputan6.com di SCTV Tower, Jakarta, Selasa (7/3). (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Bicara soal videonya lebih jauh, Ridho Rhoma mengaku konsepnya merupakan hasil diskusi yang berasal dari andil Rizal Mantovani selaku sutradara videoklipnya. "Aku suka dengan idenya, akhirnya kami coba mewujudkannya, karena surealis, jadinya kayak dreamy begitu."

Lagu "Mengapa" sendiri akan menjadi salah satu nomor di album terbaru Ridho Rhoma yang tengah dalam proses produksi. Di dalamnya, Ridho juga menyanyikan ulang lagu-lagu ciptaan Rhoma Irama. Meskipun begitu, ia menjanjikan bakal lebih banyak lagu-lagu ciptaannya sendiri di album terbarunya yang diharapkan rilis pada tahun ini.

Artikel Selanjutnya
Begini Cara Tante Nell Panaskan Pilkada DKI 2017
Artikel Selanjutnya
Jebe & Petty Angkat Tema EDM Romantis di Lagu Baru