Sukses

Jadi Duta Besar, Tantowi Yahya Diplomasi Lewat Seni

Tantowi Yahya ditunjuk sebagai Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Samoa dan Tonga.

Liputan6.com, Jakarta - Tantowi Yahya ditunjuk sebagai Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Samoa dan Tonga. Akhir bulan ini, Tantowi Yahya akan segera menjalankan tugasnya sebagai Dubes.

Sebelum pergi, ia pun coba menyelesaikan semua urusan di Indonesia. Salah satunya tanggung jawab Tantowi Yahya selaku Ketua Umum Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI), periode 2012-2017.

"Agendanya laporan pertanggungjawaban sebagai Ketum PAPPRI periode 2012-2017. Kalau LPJ saya diterima, saya akan bebas tugas hari ini," kata Tantowi Yahya di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (9/3/2017).

Presiden Jokowi (tengah), Tantowi Yahya (kiri) dan Triawan Munaf saat menghadiri Hari Musik Nasional 2017 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (9/3). Acara ini dihadiri oleh para penyanyi-penyanyi ternama Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuinar)

Menurut Tantowi Yahya, dirinya masih diperbolehkan kembali mencalonkan diri sebagai Ketua PAPPRI. Namun, tugas baru sebagai Dubes Indonesia menjadi tanggung jawab yang tak mau dia sepelekan. Oleh karena itu, ia memilih untuk menyerahkan tongkat estafet kepada penerusnya.

"Walau secara AD/ART saya diperbolehkan (calonkan diri), tapi saya tidak bersedia dicalonkan lagi. Karena akhir bulan ini akan meninggalkan Indonesia. Ada tanggung jawab yang lebih besar sebagai Dubes untuk mengenalkan Indonesia," ucap Tantowi Yahya.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar), Tantowi Yahya (Liputan6.com/Fery Pradolo)

"Karena saya seniman. Nanti saya akan berdiplomasi dengan seni Indonesia. Tetaplah berhubungan dengan seni," lanjutnya.

Jelang keberangkatannya ke Selandia Baru, Tantowi Yahya pun menitipkan sedikit pesan kepada penerusnya.
‎
"Mengurus seniman itu gampang-gampang susah. Ada yang minta ini dan itu, egonya tinggi. Tapi bersyukur sekarang teman-teman sudah makin sadar dalam berorganisasi. Saya pun sudah siap menjalankan tugas baru sebagai Duta Besar Indonesia ini," jelas host kuis Who Wants to be Millionaire. (Ras)‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.