Sukses

Grup Band Tipe-X 'Curhat' Karier Bermusik Lewat Buku

Liputan6.com, Jakarta - Bicara soal aliran musik Ska di Indonesia, tak afdal rasanya jika tak menyinggung nama Tipe-X. Medio 1990-an, band yang mempopulerkan lagu "Genit" ini begitu gandrung di telinga pecinta musik Tanah Air.

Sebagai band besar, sekaligus pelopor Ska di Indonesia, Tipe-X juga memiliki segudang cerita yang tak diketahui banyak orang. Terutama, ihwal perjalanan karier mereka menapaki industri musik hingga berjalan 22 tahun.

Kampanye AHY (Nurwahyunan/bintang.com)

Oleh karena itu, Tipe-X memutuskan untuk membuat buku biografi bertajuk 1999: Ketika Pecundang Menjadi Pemenang. Lewat medium lembaran kertas setebal 172 halaman, Tresno Cs membagi banyak hal yang tentunya tak pernah disangka-sangka masyarakat.

"Di buku ini, kita ceritain setiap kesulitan yang dialami personel. Nggak cuma masalah di panggung, tapi sampai ke ekonomi mereka," ucap Tresno, vokalis Tipe-X, saat merilis buku 1999: Ketika Pecundang Menjadi Pemenang di kawasan Matraman, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Tresno mengungkapkan, permasalahan para personel band yang sebelumnya bernama Head Master, jadi bumbu utama di buku itu. Dari mulai terlilit hutang hingga keinginan untuk mengakhiri hidup dengan jalan pintas, dituturkan dengan lengkap oleh band pemilik album Ska Phobia.

Grup band beraliran ska, Tipe-x akan tampil di Lombok. Hebatnya, tiket untuk konser tersebut ada yang seharga Rp6 juta.

"Itu betul, gimana nggak sampai mau bunuh diri karena hutangnya ada dimana-mana," dia menjelaskan.

Tipe-X berharap, kehadiran buku biografi perjalanan musik mereka bisa menjadi inspirasi bagi orang lain. Khususnya, untuk kalangan band dan musikus pendatang baru.

 

 

Artikel Selanjutnya
Dogies Barks, Pecinta Anjing yang Cinta Musik Punk
Artikel Selanjutnya
Resistensi, Bius Penikmat Musik Metal Lewat Lagu Demensia