Sukses

Ini Alasan Hanung Bramantyo Pilih Dian Sastrowardoyo Jadi Kartini

Liputan6.com, Jakarta Setelah beberapa lama sempat absen dari dunia akting, tiga tahun belakangan Dian Sastrowardoyo kembali membintangi sejumlah judul film. Yang sebentar lagi akan tayang, adalah Kartini, film biopik tentang sang pejuang emansipasi yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

Mengingat film Kartini bercerita tentang kisah hidup pahlawan Indonesia, jelas saja pemilihan Dian Sastro lantas menjadi pertanyaan sebagian orang. Kira-kira pertimbangan Hanung dalam memilih Dian Sastrowardoyo sebagai sang tokoh utama?

Dian Sastrowardoyo, Denny Sumargo dan Hanung Bramantyo. (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Saat bertandang ke kantor Liputan6.com, di Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini, Hanung Bramantyo tak menampik bahwa popularitas Dian Sastrowardoyo adalah salah satu alasannya.

"Dian Sastro, Acha, Ayushita memang dipilih karena mereka itu ikon pop saat ini," ujarnya, sambil menyebut nama Acha Septriasa yang memerankan Roekmini dan Ayushita yang memainkan tokoh Kardinah.

Namun bukan hanya itu saja alasan ia memilih Dian Sastrowardoyo untuk memerankan Kartini. "Tak hanya cantik, Dian juga pintar, berbakat, dan juga concern dengan isu-isu perempuan. Jadi bukan semata karena dia itu Dian Sastro," kata Hanung Bramantyo.

Yang menarik, Robert Ronny selaku produser film Kartini, menyebutkan bahwa sejak awal mereka memang menginginkan Dian untuk dipasang sebagai pemeran utama. "Kita susah juga kalau misalnya Dian enggak mau," kata Robert Ronny sambil tertawa.

Dian Sastrowardoyo sendiri, mengaku begitu senang mendapat peran ini. "Untuk memerankan Raden Ajeng Kartini sendiri termasuk tantangan terbesar saya sebagai seorang aktor, tapi juga membawa kebanggaan yang besar sekali," kata Dian.

 

Poster film Kartini

Film Kartini akan memotret kehidupan Kartini sejak awal masa hidupnya. Mengenai masa kecil Kartini, juga perjuangannya menuntut kesetaraan hak perempuan dan kaum miskin dalam pendidikan.

Selain Dian Sastrowardoyo, Acha Septriasa, dan Ayushita, dalam film ini hadir pula Christine Hakim, Deddy Soetomo, Djenar Maesa Ayu, Nova Eliza, Adinia Wirasti, Reza Rahadian, Denny Sumargo, dan lainnya.

Film Kartini akan ditayangkan pada 20 April mendatang oleh Legacy Pictures bekerja sama dengan Screenplay Films.

Artikel Selanjutnya
Reza Rahadian Kembali Bintangi Film Horor
Artikel Selanjutnya
Shireen Sungkar Siap Dipoligami Teuku Wisnu?