Sukses

Meteor Garden Versi Jepang, Taiwan dan Korea, Pilih Mana?

Liputan6.com, Jakarta - Serial asal Taiwan, Meteor Garden, sempat populer di tahun 2001. Apalagi kalau bukan karena kehadiran empat cowok tampan, Tao Ming Tse, Hua Zhe Lei, Xi Men dan Mai Zuo yang tergabung sebagai F4.

 Para pemain serial Meteor Garden telah menikah dan bahagia kecuali Jerry Yan. (Foto: Pinterest)

F4 ini merupakan grup cowok populer di sebuah universitas yang berisi orang-orang kaya. Tidak ada seorang pun yang berani melawan mereka, kecuali seorang gadis miskin bernama San Chai.

Sejatinya, film Meteor Garden ini sendiri mengadaptasi dari komik asal Jepang, Hana Yori Dango (1992). Jepang sendiri baru mengangkat cerita komik ini ke dalam drama pada 2005.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya di tahun 2009, Korea Selatan ikut mengadaptasi cerita Hana Yori Dango ke dalam drama Boys Over Flower. Drama ini menampilkan sejumlah idola populer Korea seperti Lee Min Ho, Kim Hyun Joong, Kim Bum dan Goo Hye Sun.

 Meteor Garden vs Hana Yori Dango vs Boys Over Flower

Di antara tiga versi drama ini, hanya Meteor Garden yang mengambil setting cerita di universitas. Sementara di Hana Yori Dango dan Boys Over Flower, semua karakter masih duduk di bangku SMA.

Selebihnya, ketiga drama ini memiliki alur cerita yang sama. Berikut perbedaan nama dan pemain di Meteor Garden, Hana Yori Dango dan Boys Over Flower.

1 dari 6 halaman

1. Tao Ming Tse/Domyoji Tsukasa/Gu Jun Pyo

Tao Ming Tse/Domyoji Tsukasa/Gu Jun Pyo

Sang pemeran utama sekaligus ketua gank F4 diceritakan merupakan cowok paling ditakuti seantero sekolah/universitas. Ia berasal dari keluarga kaya yang kemudian jatuh cinta pada seorang gadis miskin.

Kalau di Metero Garden ia dikenal sebagai Tao Ming Tse yang diperankan Jerry Yan. Di drama Hana Yori Dango, tokoh ini bernama Domyoji Tsukasa yang diperankan oleh Jun Matsumoto, salah satu personel Arashi. Sementara di Boys Over Flower, tokoh ini dinamai Gu Jun Pyo yang diperankan Lee Min Ho.

2 dari 6 halaman

2. Hua Zhe Lei/Hanazawa Rui/Yoon Ji Hoo

Hua Zhe Lei/Hanazawa Rui/Yoon Ji Hoo

Di Meteor Garden, anggota F4 kedua yang jadi rebutan semua pria adalah Hua Zhe Lei (diperankan Vic Zhou). Ia merupakan seorang cowok pendiam dan diam-diam juga menaruh hati pada San Chai.

Dia juga yang kerap melindungi San Chai dari bully-an Tao Ming Tse. Kalau di drama Hana Yori Dango, tokoh ini bernama Hanazawa Rui (diperankan Shun Oguri). Sementara di Boys Over Flower, sosoknya bernama Yoon Ji Hoo (diperankan Kim Hyun Joong SS501).

3 dari 6 halaman

3. Xi Men/Nishikado Sojiro/So Yi Jung

Xi Men/Nishikado Sojiro/So Yi Jung

Anggota F4 ketiga yakni Xi Men. Seorang playboy yang memiliki masa lalu yang menyedihkan. Di Meteor Garden, Xi Men diperankan oleh Ken Zhu.

Sementara versi Jepangnya diberi nama Nishikada Sojiro (diperankan Shota Matsuda). Kalau di Boys Over Flower, sosoknya bernama So Yi Jung (diperankan Kim Bum) yang kemudian memadu kasih dengan Ga Eul (diperankan Kim So Eun).

Menariknya, pasangan So Yi Jung dan Ga Eul ini lebih populer ketimbang Gu Jun Pyo dan Geum Jandi. Bahkan banyak penggemar yang berharap Kim Bum dan Kim So Eun menjalin cinta di kehidupan nyata.

4 dari 6 halaman

4. Mei Chuo/Mimasaka Akira/Song Woo Bin

Mei Chuo/Mimasaka Akira/Song Woo Bin

Meski perannya terhitung minor, sosok Mei Chuo yang diperankan oleh Vanness Wu dalam serial Meteor Garden tidak dapat dipisahkan.

Di drama Hana Yori Dango, karakter ini bernama Mimasa Akira yang diperankan oleh Tsuyoshi Abe. Sementara di Boys Over Flower tokoh ini bernama Song Woo Bin yang diperankan Kim Joon, rapper grup T-MAX.

5 dari 6 halaman

5. San Chai/Makino Tsukushi/Geum Jan Di

San Chai/Makino Tsukushi/Geum Jan Di

Satu lagi tokoh yang tak boleh ketinggalan yakni sang pemeran utama wanita, San Chai. Di Meteor Garden, San Chai diperankan oleh Barbie Hsu.

Di Hana Yori Dango, tokoh wanita ini bernama Makino Tsukushi yang diperankan Mao Inoue. Sementara di Boys Over Flower tokoh ini diperankan oleh Goo Hye Sun sebagai Geum Jan Di.

Dalam cerita, San Chai/Makino Tsukushi/Geum Jan Di ini merupakan seorang gadis miskin yang berkesempatan menempuh pendidikan di sekolah bergengsi. Dia lah satu-satunya orang yang berani melawan sang ketua genk F4. Hingga keduanya saling jatuh cinta.

Artikel Selanjutnya
Ada Pesan Spesial untuk Song Hye Kyo di Film Baru Song Joong Ki
Artikel Selanjutnya
Tak Jadi Tamat, Rapunzel Melanjutkan Petualangannya