Sukses

6 Fakta Tokoh The Major dalam Ghost in the Shell Versi Anime

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum diadaptasi menjadi film hidup Hollywood, Ghost in the Shell rilis dalam bentuk manga dan anime fenomenal tersendiri di Jepang serta beberapa negara lain. Konsepnya yang unik dan penuh dengan makna filosofis, menjadikannya tak mudah untuk dinikmati.

Ghost in the Shell yang menginspirasi The Matrix, awalnya tak terlalu disorot ketika diciptakan dalam bentuk manga oleh Masamune Shirow. Namun ketika kisahnya diadaptasi menjadi sebuah film anime, seluruh penjuru Jepang dan dunia langsung menyorotnya.

Rilis 2015, Film Ghost in the Shell Tayangkan Teaser Perdana

Film animasi Ghost in the Shell yang dirilis pada 1995, menuai banyak pujian di negaranya sendiri maupun internasional. Production I.G berhasil membuahkan visualisasi yang manis serta alur cerita dramatis arahan sutradara Mamoru Oshii.

Selain temanya yang berpusat pada berkembangnya dunia maya di masa depan, Ghost in the Shell juga memiliki karakter ikonis bernama Motoko Kusanagi. Cyborg wanita yang kerap dipanggil Major tersebut, telah merebut hati para penggemarnya. Versinya pun dibuat berbeda-beda bersama seri anime lain yang tak saling berkaitan.

Perkembangan Ghost in the Shell di dunia anime berhasil menjadi tontonan yang memberikan makna bagi para penggemarnya. Oleh karena itu, menarik rasanya kalau kita menggali lebih dalam mengenai fakta anime Ghost in the Shell sebelum film hidupnya dikerjakan oleh para sineas Hollywood. Simak selengkapnya seperti yang telah disampaikan oleh IGN.

1 dari 7 halaman

Makna Kata Ghost

Dalam Ghost in the Shell, kita mendengar kata "Ghost" dari bahasa Inggris yang arti harfiahnya adalah hantu. Meskipun begitu, kata tersebut tak ada kaitannya dengan makhluk supranatural. Ghost merupakan sebutan untuk kesadaran satu individu atau sebuah jiwa.

Dalam kisah anime ini, manusia, cyborg, dan robot hidup saling berdampingan. Sebuah "Ghost" adalah sesuatu yang memberi setiap entitas menjadi sebuah individu. Termasuk ketika materi biologis dalam setiap makhluk hidup diganti oleh teknologi buatan, seperti yang terjadi pada The Major. 

2 dari 7 halaman

Motoko Kusanagi Sosok LGBT?

Melalui karakter Motoko Kusanagi, ada beberapa adegan jenaka yang tergolong cukup aneh dalam manga namun eksplisit. Ada beberapa panel yang menunjukkan The Major tengah berfantasi tentang dirinya melakukan aktivitas intim bersama banyak wanita.

Bahkan dalam musim pertama anime televisi Ghost in the Shell: Stand Alone Complex, ada adegan Motoko berbaring setengah telanjang di atas tempat tidur bersama dua wanita pelayan berpakaian seksi sedang membawakan anggur. Ada kesan Motoko baru saja berpesta di atas ranjang.

3 dari 7 halaman

Adegan Seksi Berbalut Fiksi Ilmiah

Manga Ghost in the Shell memang tak memiliki kisah seberat film-film animasinya. Banyak yang menilai versi manga aslinya sarat dengan adegan seksi nan vulgar serta kisah yang tergolong ringan.

Di hampir setiap halaman manga berjumlah satu volume itu, kehidupan Section 9 digambarkan cukup santai. Ketika diadaptasi ke dalam anime oleh Mamoru Oshii, barulah pendekatan filosofis terhadap Ghost in the Shell diterapkan. Bumbu seksi nan vulgar pun dibuat menjadi lebih ilmiah.

4 dari 7 halaman

Anime Ghost In the Shell: Arise Menjadi Sebuah Prekuel

Kehadiran anime Ghost in the Shell: Arise yang rilis pada 2015, dianggap sebagai sebuah prekuel untuk film anime yang tayang pada 1995. Arise berkisah mengenai kehidupan Motoko Kusanagi di masa mudanya.

Sebelum bergabung dengan Section 9, Motoko digambarkan sebagai seorang agen rahasia untuk Organisasi 501, perusahaan yang memiliki tubuh buatannya saat ini. Bekerja untuk 501, Motoko lalu bertemu Daisuke Aramaki, Batou, dan para calon anggota Section 9 lainnya.

Namun begitu, masa kecil Motoko Kusanagi tak digambarkan dalam anime ini dan malah dimunculkan melalui musim kedua Ghost in the Shell: Stand Alone Complex. Di situ, digambarkan sosok orangtua Motoko serta asal usul cyborg di kisah ini.

5 dari 7 halaman

Ghost In the Shell: Solid State Society Menjadi Kisah Paling Terakhir

Anime Ghost in the Shell: Arise memang menjadi serial terbaru waralaba ini. Namun secara alur waktu ceritanya, Ghost In the Shell: Solid State Society menggambarkan kisah paling baru dari karakter The Major dan seluruh anggota Section 9. Solid State Society bertempat setelah musim kedua Stand Alone Complex.

6 dari 7 halaman

Penampilan The Major Berubah-Ubah

Ketika mengingat sosok The Major fans tentu menyadari banyaknya wajah yang ia miliki berdasarkan setiap serinya. Namun yang paling melekat tentu ada pada film pertama serta serial Stand Alone Complex.

Namun di antara kisah Ghost in the Shell: Arise dan Ghost in the Shell: Solid State Society, The Major telah memiliki banyak pergantian tubuh. Ada sekitar enam hingga tujuh penampilan Motoko Kusanagi selama muncul di setiap anime.

Artikel Selanjutnya
Ghost in the Shell: Saat Cyborg Terkena Krisis Identitas
Artikel Selanjutnya
Kontroversi Unik yang Menimpa Ghost in the Shell