Sukses

Tablo, Artis K-Pop yang Lahir dan Besar di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Sejak bergabung dengan YG Entertainment, popularitas Daniel Arman Lee atau bisa dikenal Tablo `Epik High` terus menanjak. Semua hal tentang suami Kang Hye Jung ini nampaknya selalu menarik untuk disimak. Ditambah lagi popularitas pria lulusan Standford University, Los Angeles, Amerika serikat ini semakin mencuat sejak bermain dalam variety show Superman Returns bersama dengan anaknya Lee Haru.

Namun masih banyak yang belum tahu, kalau ternyata rapper berusia 36 tahun ini lahir dan besar di Indonesia. Dalam sebuah wawancara bos dari label rekaman HIGHGRND (High Ground) ini mengaku pernah tinggal di berbagai negara termasuk Indonesia.

Tablo (Pinterest)

Selain itu, Tablo juga tak hanya piawai menciptakan sebuah lagu, tetapi juga mantan artis YG Entertainment ini juga telah menerbitkan sebuah buku cerita fiksi.

Tak ada yang menyangka, Tablo yang sukses sebagai artis ternama di negeri ginseng ini ternyata pernah sangat akrab dengan Indonesia, lahir dan besar di Tanah Air. Semua itu terungkap dalam sebuah wawancara dengan Golden Fishery.

Tablo mengungkap bahwa dirinya lahir di Indonesia bukan di Korea Selatan. Selain itu, Ia juga mengatakan bahwa Bahasa Indonesa merupakan bahasa yang pertama kali dipelajarinya.

"Saat aku kecil, aku tinggal di beberapa tempat, seperti Indonesia, Swiss, Hongkong dan Kanada. Aku pun tak lahir di Korea Selatan, tetapi di Indonesia dan bahasa pertamaku adalah bahasa Indonesia," ungkapnya.

Selain itu, ibu Tablo mengatakan bahwa mereka kembali Korea Selatan saat rapper ternama itu baru berusia dua tahun. Alasannya, sang ayah mengalami gangguan kesehatan.

1 dari 5 halaman

Karier Jadi Musisi

Musik sepertinya sudah menjadi bagian dari diri Tablo. Pasalnya sejak umur enam tahun dirinya sudah piawai bermain piano. Tak sampai disitu, Tablo mulai mencoba instrumen lain, yaitu biola dan memainkannya selama 10 tahun.

Tablo sendiri mulai menulis lagu di usia 17 tahun. Saat itu dirinya mendapat kehormatan membuat lagu untuk penyanyi legendaris Korea Kim Gun Mo. Kim Gun Mo mengaku mulai tertarik dengan Tablo setelah membaca puisi milik Ayah Lee Haru ini.

Sementara itu, Tablo memulai karirnya di dunia musik hip hop sebagai rapper underground. Disanalah Tablo bertemu kedua rekannya Mithra Jin dan DJ Tukutz dan mulai membangun grup Hip Hop Epik High.

Tablo bersama Mithra Jin dan DJ Tukuz di Epik High (Pinterest)

Tablo memulai debutnya bersama Epik High di tahun 2003 dengan album berjudul Map of the Human Soul. Namun sayangnya album pertamanya itu gagal dipasaran. Tetapi hal tersebut tak membuat Epik High putus asa, pasalnya setelah album ketiga berjudul High Society berhasil membawa nama Epik High terkenal di Korea Selatan.

Bahkan salah satu lagunya yang berjudul Fly dijadikan soundtrack video game sepakbola FIFA 07. Lagu ini juga dibuat ulang diberbagai negara, seperti Perancis dan Jepang.

Setelah sukses di industri musik, Epik High sempat memutuskan untuk hiatus. Pasalnya sang anggota termuda, Mithra Jin harus menjalankan wajib militer selama dua tahun. Saat itu, Tablo dan rekannya DJ Tukutz merilis beberapa single solo sampai rekannya tersebut selesai menjalani wajib militer.

2 dari 5 halaman

Depresi dan Kontroversi

Saat memutuskan untuk berkarier di dunia musik. Tablo sempat ditentang oleh orang tuanya. Pasalnya Tablo lahir di keluarga akademisi yang sangat mengedepankan pendidikan. Saat masih remaja, Tablo sempat pergi dari rumah untuk mengejar impiannya sebagai seorang rapper. Tablo sempat tinggal bersama salah satu temannya yang mendukungnya menjadi rapper. Sayang, temannya itu tak memiliki umur panjang karena penyakit kanker yang dideritanya.

Karena hal itu, Tablo sempat mengalami depresi berkepanjangan dan tak ingin kembali berkarya. Saat itu Tablo memutuskan untuk melanjutkan studi di salah satu institusi terkenal dunia, Standford University untuk memenuhi keinginan orang tuanya.

Untuk menggapai impiannya memang tak mudah untuk seorang Tablo. Pasalnya disaat dirinya mulai menapaki diri di dunia musik setelah sembuh dari depresi yang dideritanya. Tablo tersandung masalah mengenai keabsahan ijazahnya dari Standford University.

Tablo (Pinterest)

Kala itu sebuah artikel mencuat dan menuliskan bahwa Tablo tak pernah menyelesaikan sekolahnya di Standford University. Dalam website yang rilis di tahun 2010 itu, mengatakan bahwa kabar mengenai Tablo yang lulus dari sebagai Sarjana Sastra Inggris dan Master Creative Writing selama tiga setengah tahun itu tidak benar.

Artikel tersebut pun menjadi viral kala itu di Korea Selatan. Merasa tak terima dengan artikel tersebut, Tablo merilis ijazah dan beberapa dokumen pelengkap miliknya secara online. Namun hal itu tak cukup meyakinkan netizen saat itu, masih banyak yang menganggap bahwa dokumen tersebut masih dipertanyakan kebenarannya.

Untuk meredam hal tersebut, Tablo akhirnya kembali ke kampusnya, meminta pihak Standford itu untuk menerbitkan ulang ijazahnya dan disiarkan secara langsung untuk televisi di Korea Selatan. Selain itu, Tablo juga meminta beberapa profesornya untuk memberikan testimonial mengenai dirinya selama menjadi mahasiswa.

3 dari 5 halaman

Pendidikan dan Karier sebagai Penulis

Karena sejak kecil sudah sering berpindah tempat tinggal, Tablo pun mengenyam pendidikan di beberapa sekolah. Tablo sempat mengenyam pendidikan do St George School, Kanada sejak umur delapan tahun.

Namun karena bertengkar dengan salah seorang temannya di sekolah, Tablo pun dikembalikan ke Korea Selatan. Tablo pun menjalani sekolah di Seoul Internasional School sebelum masuk ke Standford University.

Tablo saat menikahi Kang Hye Jung pada 2009 silam (Dispatch)

Tablo mengambil jurusan Sastra Inggris untuk pendidikan strata satu di Standford University. Kemudian dirinya melanjutkan pendidikan master untuk jurusan Creative Writing di universitas yang sama.

Lulus dari jurusan sastra dan Creative Writing membuat Tablo mulai tertarik untuk menulis sebuah buku. Salah satu karyanya yang sudah dipublikasi adalah Pieces of You sebuah buku fiksi yang ditulis dengan nama internasionalnya, yaitu Daniel Armand Lee

4 dari 5 halaman

Keluarga dan Kariernya di Variety Show

Tablo menikah dengan seorang aktris bernama Kang Hye Jung pada tahun 2009 silam. Keduanya dikaruniai seorang anak bernama Lee Haru pada tahun 2010 lalu.

Popularitas Tablo semakin menanjak sejak dirinya bermain dalam acara variety show Superman Returns. Dalam acara yang tayang di televisi KBS itu Tablo hadir bersama sang buah hati.

Tablo bersama Lee Hary (Instagram)

Sejak kehadirannya di acara itu, Tablo semakin dikenal sebagai seorang rapper yang sangat mempedulikan keluarganya. Lewat acara itu juga, Tablo kini mendapatkan panggilan baru sebagai "Haru Appa" atau dalam Bahasa Indonesia diartikan "Ayah Haru."

Artikel Selanjutnya
5 Artis Indonesia Ini Lahir pada 17 Agustus
Artikel Selanjutnya
Ciptakan Lagu di 3 Negara, Michael Hizkia Bakal Tampil di Jerman