Sukses

Lolos ke Babak 6 Besar, Arlan D'Academy 4 Punya PR Besar

Liputan6.com, Jakarta Salah satu peserta yang lolos babak 6 besar Dangdut Academy 4 atau D'Academy 4 adalah Arlan. Lelaki berusia 27 tahun ini berhasil lolos dari posisi tiga terbawah saat melawan Putri dan Hafiz. Arlan berhasil lolos dengan perolehan empat lampu hijau dan satu lampu merah, mengalahkan Hafiz yang hanya mengumpulkan tiga lampu hijau.

Meskipun Arlan berhasil lolos ke babak selanjutnya, namun Arlan memiliki catatan dari Iyeh Bustami yang harus dia perbaiki. Saat tampil di Result Show tadi malam, Arlan yang tampil menyanyikan lagu berjudul "Katanya" ini mendapatkan penilaian empat lampu hijau. Lagi-lagi, hanya Iyeth Bustami yang memberikan penilaian berupa lampu merah kepada Arlan.

Dangdut Academy 4 (Deki Prayoga/bintang.com)

Iyeth menilai, dalam menyanyi Arlan masih menggunakan logat bahasa daerah sehingga Arlan tidak mengucapkan artikulasi dengan jelas. "Sebenarnya enggak banyak kesalahan yang Arlan perbuat tapi ada satu yang cukup mengganggu yaitu dalam pelafalan kamu macam orang dusun, jadi harus dijaga artikulasinya. Kebiasaan dalam berbicara jangan dibawa saat bernyanyi, itu harus kamu ubah. Saya peringatkan kamu karena ini penting sekali," ucap Iyeth Bustami.

Mendengar komentar Iyeth, juri lainnya tidak setuju apabila Iyeth memberikan lampu merah hanya karena Arlan melafalkan huruf j menjadi huruf z. Salah satu juri yang tidak setuju dengan pendapat Iyeth adalah Iis Dahlia. "Ini anak sejak kecil, sudah 27 tahun berbicara seperti itu. Kita mau mengubah kesalahan yang baru dia lakukan kemarin, tidak semudah itu. Ketika alasannya not yang salah saya enggak masalah, tapi ketika huruf saja yang tidak ketara menjadi permasalahan menurut saya itu tidak relevan."

Meski tidak setuju dengan alasan Iyeth dalam memberikan lampu merah hanya karena kesalahan satu huruf, namun Iis Dahlia pun mendukung Arlan agar mampu memperbaiki logatnya. Iis pun memberikan apresiasi atas penampilan Arlan.

"Notasi lagu ini bukan lagu yang gampang, Arlan di bagian yang susah bisa improvisasi dengan keren. Untuk memperbaiki logat mulai sekarang kamu tanamkan kebiasaan supaya tidak mengatakan j menjadi z biar Mbak Iyeth memberikan kamu lampu hijau."

Arlan D'Academy 4

Inul Daratista pun turut memberikan masukan kepada Arlan agar mampu menyaring penilaian juri dan memperbaiki kekurangannya.

"Kalaupun ada pro dan kontra, serap yang positif saja ya Arlan. Kamu jangan bingung ya. Ini semua supaya peserta bisa sukses selepas D'Academy 4. Dari saya koreksinya enggak banyak, saya menikmati penampilan kamu. Tinggal disempurnakan," ujar Inul.

 

Artikel Selanjutnya
Bidik Lolos 16 Besar Liga 2, PS Badung Ingin Hajar Madura FC
Artikel Selanjutnya
Hasil Lengkap Playoff Liga Champions Tadi Malam