Sukses

Kanker Payudara Stadium 3B Akhiri Karier Artis Renita Sukardi

Renita Sukardi menambah panjang deretan selebritas yang berjuang melawan kanker.

Liputan6.com, Jakarta - Renita Sukardi menambah panjang deretan selebritas yang berjuang melawan kanker. Ia sendiri divonis mengidap kanker payudara stadium 3B.

Renita Sukardi divonis menderita kanker payudara stadium 3B sejak April 2016. Setelah cukup lama dirawat di rumah sakit, Renita kini harus menjalani perawatan di rumahnya. Beruntung, Renita mendapat dukungan penuh dari sang suami, Andi Hilmi Salahudin.

Beberapa tahun lalu, Renita Sukardi telah dinyatakan bebas dari kanker. Kini, ia tengah berbaring di rumah berjuang melawan penyakit kanker payudara stadium 3B. (Instagram/irensukardi)

Kanker payudara yang diidap Renita Sukardi sebenarnya sempat berhasil diangkat pada 2014 dan ia dinyatakan sembuh. Namun sayangnya, pada 2015, kanker tersebut malah menyebar.

Dipaparkan sang suami, sakit Renita Sukardi adalah faktor keturunan. Itulah penyebab sel kanker tetap singgah di tubuhnya walau sudah diimbangi gaya hidup yang baik.

"Ibunya kan sudah meninggal juga. Ibunya tuh persis penyakitnya kaya Iren (sapaan Renita). Sama persis, turunan. Karena Iren tuh kalau aku bilang sebenarnya dia pola hidupnya sehat," jelas Andi Hilmi, di RSCM, Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2017) lalu.

Suami Renita Sukardi, Andi Hilmi. (Zulfa Ayu Sundari/Liputan6.com)

Ia melanjutkan, "Sebenarnya Iren makannya terjaga, dia juga rajin olahraga, tapi masih kena kanker juga. Setelah dokter bilang, jadi ini memang ada faktor genetik, keturunan dari ibunya."

Anak dan suami menjadi alasan Renita Sukardi untuk sembuh. Begitu juga dukungan dari para sahabat sesama artis.

Sejumlah rekannya di sitkom Tukang Ojek Pengkolan selalu memberi dukungan dan tak henti menjeguk artis kelahiran 26 Juli 1976 tersebut. Renita Sukardi bahkan masih sempat syuting di rumahnya, meski dari tempat tidur.

Akibat kanker payudara stadium 3B yang diderita sejak beberapa tahun silam, Renita Sukardi terbaring lemah ditempat tidur. Sang suami, Andi Hilmi setia mendampingi dengan penuh kesabaran. (Instagram/irensukardi)

Sayangnya, perjuangan itu pupus setelah kanker payudara stadium 3B yang diidapnya mengembalikan artis 41 tahun itu ke pangkuan Sang Pencipta.

Renita Sukardi diketahui tutup usia di Rumah Sakit Ciptomangunkusumo (RSCM) pada 10 April 2017 setelah berjuang beberapa tahun terakhir melawan kanker payudara.

Selamat jalan Renita.....

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.