Sukses

Tips dari Maudy Ayunda Bagi Pelajar Indonesia di Luar Negeri

Menurut Maudy Ayunda, universitas di luar negeri menuntut mahasiswanya mencari wawasan di luar kelas sebanyak-banyaknya.

Liputan6.com, Jakarta - Maudy Ayunda menjadi salah satu mahasiwa asal Indonesia yang berhasil mencapai prestasi cukup baik di universitas luar negeri. Maudy yang baru saja lulus dari Oxford University, Inggris pun membagi tips bermanfaat untuk para mahasiswa yang merantau ke luar negeri.

Salah satunya, untuk selalu mengolah apa yang disampaikan pengajar kepada mahasiswanya.

Maudy Ayunda (Herman Zakharia/Liputan6.com)

"Sebagai pelajar mempunyai tanggung jawab untuk benar-benar menelaah apa yang kita terima, apa yang diajarkan," kata Maudy Ayunda, saat ditemui dalam diskusi pendidikan di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (28/4/2017).

Ia melanjutkan pernyataan,"Jadi kita bukan seperti spons yang cuma bisa menyerap. Kita juga harus bisa mengevaluasi apa yang kita dapat dari para dosen. Begitu salah satu caranya."

Dari sinilah, sikap kritis atau sisi keingintahuan kita akan terasah. Pasalnya sistem pendidikan di luar, khususnya Oxford, mahasiswa dituntut untuk bisa berlaku seaktif mungkin di dalam kelas maupun di luar.

Maudy Ayunda (Liputan6.com/Herman Zakhria)

Para mahasiswa diharapkan bisa mencari wawasan di luar kelas sebanyak-banyaknya. Sebisa mungkin mencari channel alternatif untuk mendapatkan pengetahuan yang menunjang pelajaran yang diambil.

"Pinjam buku di perpustakaan misalnya, ada juga orang-orang yang membuat tutorial walaupun enggak komplet. Itu hal yang aku lakukan dan itu yang membuat aku merasa sangat powerfull. Kiatnya proaktif," ujar Maudy Ayunda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.