Sukses

Alien: Convenant, Layak Tonton atau Tidak? Ini Kata Kritikus

Alien: Convenant merupakan bagian keenam dari waralaba Alien dan menjadi sekuel Prometheus.

Liputan6.com, Jakarta Ada sejumlah alasan mengapa banyak penikmat film yang begitu menunggu-nunggu Alien: Convenant. Tak hanya karena film ini adalah bagian keenam dari waralaba Alien dan menjadi sekuel Prometheus. Namun juga karena film ini kembali ditangani oleh Ridley Scott, yang menyutradrai film Alien perdana pada 1979.

Mengingat di Indonesia Alien: Convenant baru saja tayang pada Rabu (10/5/2017), tentu banyak yang bertanya-tanya, apa film ini layak ditonton atau tidak. Salah satu tolak ukur yang bisa digunakan, adalah penilaian para kritikus film.

 

Dalam situs agregat Rotten Tomatoes dan Metacritic, Alien: Convenant mendapat skor yang cukup memuaskan, meski tak terbilang istimewa. Di Rotten Tomatoes film ini mendapat skor 75 persen dari 51 penilaian yang masuk, dan 38 di antaranya memberi nilai positif untuk film yang dibintangi Michael Fassbender ini.

Sementara di Metacritic, film ini mendapat skor 65, yang berarti film ini secara umum mendapat pujian.

Salah satu aspek dalam film Alien: Convenant yang mendapat pujian, adalah dari segi visual. Kevin P. Sullivan dari Entertainment Weekly menyebut bahwa visualisasi dalam film ini berhasil menyeret penonton dalam horor dan ketegangan yang disajikan dalam Alien: Covenant.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Rosie Fletcher dari Digital Spy. "Film ini menampilkan seni dalam menciptakan sebuah dunia, berukuran megah dan akan membuat kehebohan dalam pecinta Alien maupunHR Giger (seniman yang mendesain bentuk awal alien di waralaba ini)."

Jajaran pemain film ini juga mendapat pujian dari para kritikus. "Film ini dibuat dengan keahlian yang tinggi, dengan performa total dari Waterston dan Fassbender," tulis Peter Bradshaw dari Guardian.

Sementara itu Todd McCarthy dari The Hollywood Reporter memuji alur film ini yang berjalan dengan apik. "Tak seperti waralaba lain yang makin lama berdurasi makin panjang, film ini muncul tanpa menampilkan hal-hal yang tak perlu," tulisnya.

Namun, film ini tak lantas aman dari kritik. Sejumlah kritikus menilai tak ada hal baru yang disajikan dalam film ini. "Alien: Convenant tidak menyajikan hal yang baru. Formula sejak bertahun-tahun lampau, soal manusia dan alien yang saling membunuh dengan brutal memang menegangkan. Tapi setelah lewat 38 tahun, memang ini belum cukup?" tulis Wenlei Ma dari News.com.au.

Nah, dari seluruh penilaian kritikus ini, apa Anda masih tertarik menyaksikan Alien: Convenant?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.