Sukses

Teori Konspirasi, 5 Artis Ini Masih Hidup atau Sudah Meninggal?

Liputan6.com, Jakarta Teori konspirasi biasanya muncul dalam sebuah peristiwa besar yang mengguncang. Coba saja hitung keberadaan teori konspirasi atas peristiwa 9/11 atau pembunuhan Presiden JF Kennedy.

Namun teori konspirasi tak hanya muncul dalam peristiwa yang mempengaruhi perpolitikan dunia saja, tapi juga dunia hiburan.

Biasanya, peristiwa dalam dunia hiburan yang sering dianalisis oleh penggila teori konspirasi, adalah yang berkaitan dengan kematian seorang bintang. Misalnya, kematian Marylin Monroe dan John Lennon.

Selain soal penyebab meninggal, tak jarang teori konspirasi justru mempertanyakan kebenaran berita kematian para artis. Berbagai bukti mereka sajikan untuk memperlihatkan bahwa mendiang artis ini sebenarnya masih hidup. Sebaliknya, ada juga artis yang masih hidup, tapi dianggap telah lama meninggal oleh sejumlah kalangan.

Jadi, siapa saja artis yang status hidup-matinya ini masih diperdebatkan oleh sejumlah orang? Simak lima di antaranya.

1 dari 6 halaman

Avril Lavigne

Teori konspirasi yang menyebutkan bahwa Avril Lavigne sudah wafat sebenarnya telah lama bergaung, yakni sejak 2005. Isunya, ia telah digantikan oleh seorang perempuan berwajah mirip dengannya, yang bernama Melissa.

Avril Lavigne dikabarkan mulai digantikan oleh Melissa sejak 2003 karena disebut-sebut tak tahan dengan tekanan yang muncul akibat popularitasnya. Belakangan, malah muncul rumor bahwa Avril telah meninggal dan Melissa benar-benar menggantikan sosok pelantun "Sk8er Boi" ini.

Bukti yang disodorkan orang yang percaya teori ini cukup beragam. Mulai dari pemilihan busana di karpet merah—Avril dipercaya lebih suka memakai celana, sementara Melissa cenderung memilih gaun—hingga struktur wajah Avril yang dinilai berubah.

Bahkan, ada yang mulai membandingkan tahi lalat di lengan Avril telah berubah letaknya dan menganggap Melissa memasang tato tahi lalat agar mirip dengan milik Avril. Kabar ini makin bergolak, saat suatu ketika Avril menjalani pemotretan dengan menuliskan nama "Melissa" di tangannya.

2 dari 6 halaman

Tupac Shakur

Tahun 1997, dunia dikagetkan oleh kabar pembunuhan Tupac Shakur. Rapper ini tewas setelah diterjang peluru dari pistol Glock oleh seorang tak dikenal.

Meski jenazahnya telah dikremasi dan ditabur di Georgia, Amerika Serikat, ternyata banyak orang yang masih percaya bahwa Tupac Shakur masih hidup. Sejumlah orang mengaku pernah bertemu dengannya, beredar pula video yang menampilkan satu sosok mirip Tupac.

Teori konspirasi tentang Tupac makin liar. Ada yang percaya bahwa Tupac tinggal di Kuba. Ada pula yang mengatakan Tupac memang tewas ditembak, tapi bukan karena perselisihan antar-geng seperti yang selama ini dipercaya, melainkan karena dibunuh FBI. Mereka yang percaya teori ini, beralasan pembunuhan Tupac oleh FBI sengaja dilakukan demi mengakhiri kekerasan dalam kultur hip hop.

3 dari 6 halaman

Paul McCartney

Paul McCartney adalah salah satu legenda musik yang masih hidup hingga kini. Namun bagi sebagian orang, Paul McCartney yang ada saat ini bukanlah orang yang sama dengan anggota band di awal kejayaan The Beatles.

Mereka percaya bahwa Paul McCartney yang asli telah meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil pada tahun 1969, sesaat setelah perilisan Abbey Road. Katanya, Paul lantas digantikan oleh seorang yang berwajah mirip dengannya.

Fans merasa ada sejumlah petunjuk tersembunyi di lirik The Beatles tentang kematian Paul. Contohnya dalam lirik "Strawberry Fields Forever", fans meyakini John Lennon menyanyikan "I buried Paul", padahal aslinya lirik tersebut berbunyi “cranberry sauce”.

Berita ini makin menguat karena saat promosi Abbey Road, Paul McCartney memang jarang tampil bersama rekan-rekannya di The Beatles. Aslinya, Paul mengatakan ia ingin menikmati hidupnya sebagai pengantin baru bersama sang istri, Linda McCartney.

4 dari 6 halaman

Elvis Presley

Satu lagi megabintang yang kematiannya diragukan adalah sang Raja Rock n Roll, Elvis Presley. Resminya, ia dinyatakan meninggal karena serangan jantung pada 1977.

Namun, sejumlah orang percaya bahwa Elvis Presley memalsukan kematiannya ini. Mereka percaya Elvis melakukan hal ini demi menaikkan angka penjualan albumnya. Sepanjang beberapa dekade kemudian, sejumlah orang juga mengaku pernah bertemu Elvis Presley.

5 dari 6 halaman

Miley Cyrus

Hingga sekarang, Miley Cyrus memang masih rajin muncul di pemberitaan dalam dunia hiburan. Mulai dari tingkahnya yang nyeleneh hingga kisah cintanya dengan Liam Hemsworth.

Namun ada pula yang meyakini Miley yang asli telah meninggal dunia. Ada yang percaya Miley telah meninggal karena overdosis pada 2010. Ada pula yang meyakini Miley dibunuh seorang bos Disney karena menolak ajakan berhubungan intim.

Seperti Avril Lavigne, ia kemudian disebut-sebut telah diganti oleh seorang perempuan muda dengan wajah mirip dengannya. Orang yang percaya dengan teori ini menunjuk perubahan yang terjadi pada wajah Miley Cyrus sebagai buktinya.

Artikel Selanjutnya
Meski Sudah Meninggal, 5 Selebritas Ini Masih Saja Hasilkan Uang
Artikel Selanjutnya
3 Orang Ini Ternyata Sosok yang Telah Mengubah Dunia