Sukses

Cinta Nicholas Saputra pada Gajah Sumatera

Aktor Nicholas Saputra terlibat sebagai salah satu peserta dalam ARTJOG 10 yang diadakan di Jogja Nasional Museum

Liputan6.com, Yogyakarta - Aktor Nicholas Saputra terlibat sebagai salah satu peserta dalam ARTJOG 10 yang diadakan di Jogja Nasional Museum (JNM) pada 19 Mei sampai 19 Juni 2017. Ia berkolaborasi dengan seniman Angki Purbandono memamerkan karya berjudul Post Jungle.

Karya yang ditampilkan berupa foto yang dicetak di kain serta neon box. Ada pula video yang menceritakan kehidupan mereka selama satu bulan di Konservasi Gajah Tangkahan, Sumatera Utara.

"Saya mengajak kerjasama Angki, ini karya mas Anggi Purbandono, proyeknya artis resisdensi, jadi Angki tinggal sebulan dan saya seminggu di sana," ujar Nicholas Saputra di Yogyakarta, Jumat (19/5/2017).

Nicholas Saputra mengaku sudah terlibat di Tangkahan Sumatera Utara sejak 2005. Secara personal ia menyukai gajah, selebihnya gajah merupakan hewan besar di Sumatera dan sebagai bagian dari ekosistem. Dinamika kehidupan gajah menarik perhatian pemeran Rangga dalam Ada Apa Dengan Cinta? ini karena banyak friksi, seperti gajah dibiru, gajah diracun, gajah masuk perkampungan, dan sebagainya.

Menurutnya, seniman harus mulai banyak berbicara tentang konservasi dan alam karena selama ini isu tersebut lebih banyak dilontarkan oleh aktivis dan LSM.

"Lewat seniman kita bisa melihat kejujuran, kepolosan dan mereka lebih terhubung dengan publik. Seniman ini mirip penyambung ke publik, dekat dengan publik," kata Nicholas Saputra.

Soal keputusannya memilih ARTJOG 10 sebagai wadah untuk menampilkan karya, Nicholas Saputra menjelaskan, "Ada kesamaan dengan tema ARTJOG 10 Changing Perspective, sama-sama mengubah perspektif, kami mengubah perspektif soal konservasi yang tidak melulu dibicarakan oleh aktivis," dia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini