Sukses

Berani Nonton Sosok Hantu Mengerikan di Film Horor Asia Ini?

Liputan6.com, Jakarta Film horor, khususnya yang dari Asia, kerapkali memberikan mimpi buruk bagi penontonnya. Sosok hantu atau makhluk tak kasat mata dalam film horor di Asia ini rata-rata digambarkan berdasarkan urban legend atau kepercayaan masyarakat sekitar.

Hal itu dipercaya menjadi daya tarik film horor Asia. Maklum, sosok hantu memiliki kedekatan dengan lingkungan penonton. Jadi, wajar sepanjang film diputar, penonton bisa saja merasakan bulu kuduk merinding.

Jadi, setuju ya kalau dikatakan film horor Asia lebih menakutkan ketimbang Hollywood?

Ditambah lagi, memang ada beberapa sosok yang dipercaya masih berkeliaran di luar kisah film dan bisa memberikan mimpi buruk bagi penonton setelah menyaksikan filmnya.

Nah, apa saja sosok hantu mengerikan dari film horor Asia? Liputan6.com merangkumnya dari berbagai referensi.

1 dari 6 halaman

Sundel Bolong

Sosok hantu ini tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Si hantu digambarkan sebagai wanita seram dengan bagian tubuh dan punggung yang bolong. Terkadang, hanya terlihat lubang atau banyak belatung di dalamnya.

Itu adalah gambaran dalam film Sundel Bolong yang dibintangi Suzzanna yang tayang pada 1981 silam. Film itu sangat populer di zamannya--bahkan hingga kini--menyebabkan penonton bisa merasakan teror melihat Suzzanna yang cantik berubah menjadi hantu gentayangan.

Sundel Bolong (1988)

Sundel bolong di film ini digambarkan kerap mengganggu penduduk sekitar kuburannya dengan cara yang seram tetapi lucu. Salah satu yang tak terlupakan, si setan perempuan ini membeli satai 200 tusuk.

Di adegan itu, Suzzanna membuat tukang satai kebingungan dengan pesanan seorang nyonya berpakaian putih. Sebelum satai matang, Suzzanna sudah memakannya.

2 dari 6 halaman

Sadako

Sadako merupakan karakter utama dalam film horor Jepang Ringu (1998). Kesuksesan film ini membuat Hollywood mengadaptasi kengeriannya dalam film The Ring (2002).

Sadako mengutuk semua orang yang menonton videonya. Sadako menjadi legenda di Jepang dan dipercaya merupakan wanita yang mendapatkan kekerasan seksual hingga kemudian dibunuh. Lalu, mayatnya dibuang ke sumur.

Sadako dalam Ringu (1998)

Salah satu adegan paling mengerikan di film ini adalah ketika video diputar, hantu Sadako muncul dari sumur, lalu naik ke atas dengan cara jalannya yang aneh.

Rambut Sadako yang panjang dan berantakan menutupi semua wajahnya. Bajunya pun lusuh dan kotor hingga terdengar suara yang membuat bulu kuduk merinding.

 

3 dari 6 halaman

Mae Nak

Mae Nak merupakan sosok hantu mengerikan di Thailand. Mae Nak digambarkan sebagai wanita yang baru melahirkan. Sebuah laporan menyebutkan, Mae Nak awalnya adalah wanita cantik yang tengah hamil.

Saat itu, suaminya harus berperang. Saat melahirkan, wanita tersebut tewas bersama anaknya. Lalu, suaminya yang baru pulang berperang mendapati istri dan anaknya telah menantinya. Siapa sangka, tetangganya memberitahu sebenarnya istri dan anaknya telah mati dan selama ini dia tinggal dengan hantu.

Pada 2005, film Ghost of Mae Nak dibuat. Ceritanya dibuat sedikit berbeda mengenai pasangan yang menempati sebuah rumah baru.

Di sini, sang wanita terus mendapatkan gangguan hantu. Dia kerap kali melihat sosok wajah pucat dan mengerikan. Adegan paling mengerikan saat hantu ini membunuh korbannya, dari cara memenggal hingga dibakar hidup-hidup.

 

4 dari 6 halaman

Makhluk Mengerikan di Balik Cermin

Di Korea Selatan, cermin dianggap sebagai jalan menuju dunia lain. Dunia tak kasat mata yang ditinggali oleh makhluk mengerikan yang digambarkan dalam film Into The Mirror.

Alkisah, seorang mantan detektif dari kesatuan polisi di Seoul, terpukul dan bersalah karena sudah menyebabkan nyawa rekannya melayang. Detektif itu kemudian memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan menjadi petugas keamanan di Dreampia, sebuah department store milik pamannya.

Intno the Mirror (2013)

Dreampia sebenarnya memiliki sejarah kelam. Departement store itu pernah mengalami kebakaran hebat yang menyebabkan beberapa karyawannya tewas terpanggang. Suatu hari, sebelum Dreampia resmi beroperasi kembali, terjadilah sebuah peristiwa bunuh diri misterius yang melibatkan salah satu karyawan.

Peristiwa mengerikan ini rupanya mengusik jiwa detektif Woo Young-min kembali keluar. Ia kemudian melakukan penyelidikan dan menemui sebuah keanehan. Peristiwa bunuh diri tersebut rupanya berhubungan dengan cermin-cermin yang ada dalam gedung tersebut. Rupanya ada sesuatu yang jahat bersembunyi di dalam setiap cermin itu. Sesuatu yang tidak terlihat yang penuh dendam.

5 dari 6 halaman

Carved – The Slit-Mouthed Woman

Kuchisake-onna, nama sosok wanita mengerikan dengan luka sayatan lebar di mulutnya, menjadi legenda di Jepang. Film ini dirilis pada 2007 silam dan diperankan oleh aktris Miki Mizuno.

Legenda menyatakan bahwa sebuah kota diteror oleh roh seorang wanita yang wajah cantiknya telah dirusak dengan sangat sadis oleh suaminya yang cemburu. Berkeliaran di jalanan mengenakan penutup mulut untuk bedah dan mantel panjang, hantu wanita itu akan mendekati korban-korbannya yang masih muda. Dan sambil membuka penutup mulutnya ia bertanya, watashi kawaii desu ne? atau apakah aku cantik?”

Jawaban para korban itu selalu berakhir dengan kematian mereka yang brutal. Kini, satu persatu anak-anak kecil mulai lagi menghilang.

Saat para guru dan pihak kepolisian mulai menyelidiki kasus ini, kepanikan mulai terjadi saat roh wanita itu kembali untuk sebuah urusan yang belum selesai.

Artikel Selanjutnya
4 Alasan Orang Suka Nonton Film Horor
Artikel Selanjutnya
Setelah Annabelle Creation, 5 Film Horor Ini Wajib Tonton