Sukses

Genap Berusia 20, Tatjana Saphira Bantu Anak Penderita Tumor Otak

Tatjana Saphira merayakan ulang tahun dengan mengajak publik memberikan kado dalam bentuk donasi untuk anak pengidap tumor otak.

Liputan6.com, Jakarta - Aktris muda berbakat Indonesia, Tatjana Saphira, merayakan ulang tahun ke 20 pada Minggu (21/5/2017). Tahun ini, Tatjana merayakan ulang tahun dengan cara berbeda, yakni dengan mengajak publik memberikan kado dalam bentuk donasi untuk biaya pemulihan seorang anak pengidap tumor otak bernama Kemal.

Melalui kampanye galang dana yang dapat diakses melalui laman Kitabisa.com/ultahtatjana tersebut, sedikitnya telah tergalang Rp 8.988.514 dari 21 orang donatur sejak kampanye dimulai pada Jumat (19/5/2017).

Tatjana Saphira. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tatjana menuturkan penggalangan dana ini bermula ketika dirinya mengunjungi Kemal dan keluarganya yang tinggal di wilayah Matraman, Jakarta Timur. Aktris ini datang bersama perwakilan Yayasan Komunitas Taufan. "Sebelum datang, aku sudah tahu sedikit tentang Kemal. Tetapi beda banget pas mendengar Ibu Kemal cerita langsung tentang anaknya dan segala hal yang telah mereka lalui selama hampir dua tahun ini," Tatjana Saphira menceritakan.

"Ibu Kemal cerita kalau sejak balita hingga usia enam tahun, Kemal tumbuh normal seperti anak-anak lain pada umumnya. Tapi, pada awal tahun 2015, Kemal mulai terus mengeluh pusing, dan matanya yang di sebelah kiri perlahan mulai tampak juling. Setelah dibawa ke klinik dan dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, akhirnya Kemal didiagnosa mengidap penyakit tumor otak," lanjutnya.

Tatjana menambahkan, dirinya sangat percaya bahwa setiap anak berhak untuk bertumbuh kembang dan menyambut masa depan yang cerah. Saat ini, bantuan yang bisa diberikan adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh Kemal dan adik-adik dampingan Yayasan Komunitas Taufan lainnya.

Tatjana Saphira (Zulfa Ayu Sundari/Liputan6.com)

"Aku ingin mengajak teman-teman semua untuk turut memeriahkan hari ulang tahunku ini dengan memberikan hadiah berupa donasi untuk adik-adik kita yang membutuhkan," ujar Tatjana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perayaan Ultah yang Berbeda

Aksi yang dilakukan Tatjana disebut sebagai Birthday Fundraising, program terbaru dari Kitabisa.com yang bisa diakses melalui halaman birhtday.kitabisa.com.

Alfatih Timur, CEO Kitabisa.com mengapresiasi inisiatif yang digagas oleh Tatjana Saphira dan berharap hal ini bisa direplikasi lebih luas lagi. "Ulang tahun adalah momen spesial bagi setiap orang. Jika biasanya kita merayakan ulang tahun hanya dengan pesta, Kitabisa.com ingin memberi alternatif merayakan ulang tahun yang berbeda," ujar Alfatih.

Tatjana Saphira. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ia melanjutkan, "Yaitu dengan merayakannya untuk orang yang membutuhkan. Galang dana meminta teman dan keluarga memberi hadiah berupa donasi. Semoga inisiatif yang dilakukan oleh Tatjana bisa diikuti oleh anak muda atau public figure lainnya."

Salah seorang donatur bernama Ranty menuturkan, "Semoga bisa sembuh, Kemal. Tetap semangat!." Sementara itu donatur lain, Dwi Gatra Sakti, menyatakan, "Semoga bermanfaat." Ada juga Donatur yang memilih menjadi anonim mengungkapkan, "Semoga donasi bermanfaat dan bisa membuat tersenyum penerimanya."

Ayah Kemal bekerja sebagai cleaning service yang dibayar Rp 50 ribu per hari dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga yang meluangkan seluruh waktunya untuk mengurus Kemal dan adiknya. Dibantu oleh beberapa pihak, Kemal akhirnya dapat menjalani operasi pengangkatan tumor tahun lalu, juga radiasi selama kurang lebih 30 kali, dan beberapa treatment lainnya pasca operasi.

Saat ini Kemal sedang menunggu jadwal fisioterapi karena sejak operasi sampai sekarang Kemal belum dapat berdiri, berjalan dan berbicara dengan biasa lagi. Hal inilah yang menggerakkan hati Tatjana Saphira untuk menggalang dana melalui Kitabisa.com.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini