Sukses

Personel Mr. Big Jadi Juri Kompetisi Gitar di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Dunia gitaris Tanah Air masih bertahan dan selalu berkembang hingga kini. Salah satunya berkat kehadiran kompetisi gitar online Indonesia yang diadopsi menjadi kompetisi tingkat Internasional bernama Ibanez Flying Fingers / IFF (dahulu dipelopori Indonesia dengan nama Flying With Ibanez / FWI pada 2014 dan 2015).

Acara yang sukses menelurkan gitaris-gitaris berbakat seluruh pelosok Tanah Air ini, diadakan rutin setiap tahunnya di Indonesia. Bahkan, Ibanez Flying Fingers menjadi barometer kompetisi gitar lain yang semakin marak akhir-akhir ini.

Mr. Big (Bintang Pictures)

Pada 2017, Ibanez Flying Fingers diambil alih pemegang merk Ibanez, Hoshino Gakki Japan, agar bisa diadakan dalam skala internasional hingga mencakup beberapa negara di seluruh dunia.

Kompetisi tahun ini merupakan yang keempat kalinya diselenggarakan di Indonesia. Tak hanya menelurkan beberapa gitaris berbakat dari seluruh pelosok Tanah Air. Ibanez Flying Fingers juga memberikan hadiah yang sangat prestisius kepada para pemenangnya.

Selain mendapatkan gitar Ibanez, setiap juara juga mendapat kesempatan untuk diberangkatkan ke luar negeri. Pada 2015, para pemenang yakni Aryz Bulo dan Triski Zulhiman, diberangkatkan ke Malaysia untuk meet and greet dengan salah satu artis internasional Ibanez, Tosin Abasi (Animal As Leaders).

Band Animal As Leaders. (metalinjection.net)

Begitu pula dengan juara Ibanez Flying Fingers 2016, Frans April, yang diberangkatkan ke Tiongkok dan bertatap muka sekaligus melakukan jam session bersama Paul Waggoner (Between The Burried and Me).

Tahun ini, Ibanez Flying Fingers Indonesia diselenggarakan dalam waktu bersamaan dengan periode Ibanez Flying Fingers Amerika Serikat. Sehingga, tradisi backing track dibuat oleh pemenang tahun sebelumnya. Alhasil pada tahun ini diseragamkan oleh pihak Hoshino Gakki.

Komposer backing track kali ini adalah Al Joseph yang juga salah satu artis Jam Track Central yang namanya sedang hangat belakangan ini. Kemudian untuk juri utama Ibanez Flying Fingers tahun ini adalah sang legenda gitaris dunia yang juga personel Mr. Big, Paul Gilbert.

Paul Gilbert, gitaris Mr. Big. (ashnewell.com)

Hadiah yang diperebutkan pada IFF Indonesia 2017 antara lain:
Juara 1: Ibanez Prestige RG652 AHM-NGB.
Juara 2: Ibanez Iron Label RGDIX6MRW-CBF.
Juara 3: Ibanez RG 370 AHMZ-BMT.

Syarat dan ketentuan calon peserta Ibanez Flying Fingers sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu wajib menggunakan gitar Ibanez asli, bermain dengan backing track yang disediakan, wajah peserta tidak tertutup, dan video diunggah ke Youtube dengan judul: "Ibanez Flying Fingers Indonesia 2017 – (Nama)".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini