Sukses

Opera Ainun, Kisah Cinta Habibie di Atas Panggung

Kisah cinta Bacharuddin Jusuf Habibie dengan Hasri Ainun diangkat menjadi sebuah Opera bertajuk Ainun.

Liputan6.com, Jakarta - Cinta selalu memiliki kisah bahagia dan juga duka. Di berbagai belahan dunia selalu ditemukan kisah cinta yang tragis. Legenda telah mencatat kisah cinta Romeo dan Juliet sebagai kisah cinta yang paling tragis. Dari semenanjung Arab, ada kisah cinta Laila dan Majenun. Dari Bali ada kisah cinta Pranajaya dan Layon Sari. Itu semua cerita cinta yang berasal dari masa silam.

Dan di masa kini, masih adakah kisah cinta yang begitu dalam, sebagaimana kisah cinta yang tersebut di atas? Ternyata ada, dan itu berasal dari Indonesia, yakni kisah cinta seorang pemuda bernama Rudy Habibie (Bacharuddin Jusuf Habibie) dengan seorang gadis bernama Hasri Ainun (Hasri Ainun Besari).

Kisah cinta Bacharuddin Jusuf Habibie dengan Hasri Ainun Besari dalam Opera Ainun yang dipentaskan pada 25 Mei 2017 di Theater Jakarta, TIM. (Opera Ainun Inc)

Dan kisah cinta inilah yang kemudian diangkat menjadi sebuah Opera bertajuk Ainun yang tengah diproduksi oleh PT Opera Ainun Inc, anak perusahaan dari Perkumpulan Lima Dimensi. Opera Indonesia ini akan dipanggungkan di Jakata, Amsterdam, Paris, Wina, dan Berlin. Sejajar dengan Opera klasik abadi bertaraf internasional seperti Aida, La Boheme, Hamlet, Phantom of The Opera, dan lain-lain.

Opera Ainun diangkat berdasarkan novel yang ditulis oleh Rudy Habibie yang menggambarkan segala sesuatu tentang cinta dari seseorang bernama Rudy Habibie. Cinta kepada orang tuanya, cinta sejati kepada Ainun, cinta kepada cita-citanya, cinta kepada aeronautical engineering, cinta kepada tanah airnya, dan akhirnya menemukan cintanya kepada Tuhan Sang Pencipta.

Kisah cinta Bacharuddin Jusuf Habibie dengan Hasri Ainun Besari dalam Opera Ainun yang dipentaskan pada 25 Mei 2017 di Theater Jakarta, TIM. (Opera Ainun Inc) 

Perjalanan Rudy Habibie sebagai anak manusia sangat menarik dan menginspirasi untuk diangkat.

Pengantar Opera Ainun tampil dalam bentuk opera serial klasik tiga babak. Menggambarkan bagaimana cinta menjadi tonggak utama pendukung kesempurnaan dalam hidup: cinta pada orang tua, cinta pada cita-cita, cinta pada pasangan hidup, dan cinta pada Sang Pencipta.

Cinta pada orang tua terutama ibunda, mengawali perjalanan hidup. Kecintaan yang mengantarkannya ke puncak aktualisasi diri sebagai seorang anak.

Kisah cinta Bacharuddin Jusuf Habibie dengan Hasri Ainun Besari dalam Opera Ainun yang dipentaskan pada 25 Mei 2017 di Theater Jakarta, TIM. (Opera Ainun Inc)

Cinta pada cita-cita membawa Rudy mencapai puncak aktualisasi diri tidak hanya sebagai seorang manusia, tetapi juga warganegara terbaik.

Kisah cinta Ainun-Rudy sebagai pasangan hidup membawa perjalanan hidup mereka ke dalam lautan kehidupan yang penuh dengan suka, duka, misteri, sukses, dan petualangan menuju kesempurnaan hidup.

Cinta pada Sang Pencipta yang selalu menyertai perjalanan hidup Rudy merupakan tahapan penyempurnaan jati diri sebagai seorang manusia dan hamba Tuhan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemain dan Sinopsis

Pemain

Conductor: Purwatjaraka
Penulis Skenario : Titien Wattimena, based on Novels by Prof. BJ Habibie
Art Director : Ari Tulang
Ainun : Andrea Miranda (Soprano)
Rudy : Farman Purnama (Tenor)
Arlis (sahabat) : Christine Tambunan (Soprano)
Soeli (sahabat) : Renno Krisna (Tenor)
Sahabat, Demonstran: Paduan Suara PCMS Choir dan PSM-ITB

Kisah cinta Bacharuddin Jusuf Habibie dengan Hasri Ainun Besari dalam Opera Ainun yang dipentaskan pada 25 Mei 2017 di Theater Jakarta, TIM. (Opera Ainun Inc)

Sinopsis

Tempat & Waktu: Bandung, Jakarta, Aachen, Hamburg, Munich 1950an-2000an

Ainun, seorang dokter muda, cerdas dan cantik, saling jatuh cinta dengan Rudy, kawan lama dari masa sekolah. Mereka menikah dan Ainun berangkat ke Jerman demi mendukung karier Rudy sebagai insinyur aeronautika. Ainun meninggalkan Indonesia dan meninggalkan karirnya sebagai dokter, menuruti nuraninya demi suami yang ia cintai.

Nama Rudy kemudian melonjak tinggi setinggi pesawat ciptaannya. Mereka kembali ke Indonesia. Ainun kemudian menjadi ibu untuk keluarga yang lebih besar lagi, ibu untuk negaranya. Walaupun harus terlebih dahulu melalui masalah politik yang pelik, dengan penuh cinta, ia rawat 200 juta manusia Indonesia layaknya anak-anak sendiri. Hingga penyakit ganas menggerogoti tubuhnya perlahan. Ainun bertahan sebagai ibu, istri, dan perempuan yang tangguh.

Namun, rencana Tuhan adalah sesuatu yang pasti. Ainun pun akhirnya harus "terbang" melintasi dimensi, bukan dengan kapal udara ciptaan sang suami, melainkan oleh Sang Khalik. Kepergian Ainun menyentakkan Rudy, tetapi Rudy kemudian menyadari Ainun tidak pernah pergi. Ainun meninggalkan cinta yang terus menyertai Rudy. Cinta yang selalu ada sejak dulu, kini, dan selamanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.