Sukses

Judul Lagu Eminem Jadi Kata Baru di Kamus Oxford

Eminem merilis lagu berjudul "Stan" pada tahun 2000 silam.

Liputan6.com, Los Angeles - Eminem menjadi salah satu penyumbang kata baru di Kamus Oxford. "Stan" yang merupakan judul lagunya di tahun 2000 lalu, dicantumkan dalam Kamus Oxford mulai hari ini.

Seperti yang diketahui, rapper asal Amerika tersebut merilis lagu "Stan" pada 2000 silam. Lagu tersebut menceritakan seorang penggemar fanatik yang bunuh diri karena tidak digubris oleh Eminem.

 Rapper ternama Eminem tak menamatkan pendidikannya di bangku Sekolah Menengah Pertama. Eminem mengalami drop out karena dirinya tak ikut ulangan dan sering membolos. (AFP/Bintang.com)

Namun, di balik makna menyakitkan dalam lagu tersebut, kata "stan" menjadi sangat populer bertahun-tahun setelahnya dengan asosiasi yang lebih positif. "Stan" mengacu pada seseorang yang terlalu obsesif terhadap musikus atau selebritas idola mereka.

Kamus Oxford merasa bahwa kata tersebut sudah pantas dicantumkan dalam kamus, mengingat sudah sangat banyak orang yang menggunakan kata ini. Kamus Oxford bahkan mencantumkan Eminem sebagai pihak yang memopulerkan kata "stan".

Dalam kamus, "stan" adalah kata benda berarti seorang penggemar yang terobsesi terhadap selebritas, sedangkan sebagai kata sifat berarti menjadi obsesi terhadap selebritas. Pada kolom asal kata tertera, "pada awal abad 21: kemungkinan sebuah kiasan pada lagu 'Stan' karya Eminem pada tahun 2000, tentang penggemar fanatik."

 

Penggemar pun mengungkap tanggapan positif atas "jasa" Eminem tersebut melalui Twitter. "Wow! Itu lagu kesukaanku sepanjang masa", ujar herenhal1. "Benar-benar seorang legenda," sahut @AbelXOAri. "Salah satu lagu terbaik sepanjang masa," imbuh @LucyLyrical.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.