Sukses

Cari Beasiswa Kuliah? Jangan Sampai Lolos Begini Triknya

Liputan6.com, Jakarta Menimba ilmu sampai ke perguruan tinggi adalah langkah wajib bagi mereka yang ingin berkarier di bidang yang dituju. Namun, bukan perkara mudah bagi mereka yang berprestasi tapi Orangtua tak bisa menyanggupi karena terkendala biaya.

Sebenarnya banyak jalan bagi siswa berprestasi agar mendapatkan pendidikan lebih tinggi tanpa harus terbebani masalah biaya. Beasiswa dimaksud bisa berupa potongan biaya atau bahkan gratis alias tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Ada empat hal yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh peluang mendapatkan beasiswa, apa saja? Berikut ini tipsnya.

Tambah porsi belajar



Setiap perguruan tinggi mempunyai grade berbeda-beda dalam menerima calon penerima beasiswa. Tak hanya berjuang mencapai grade yang diinginkan, para calon penerima beasiswa juga harus bersaing dengan kuota yang ditetapkan oleh perguruan tinggi.

Jika peluang mendapat beasiswa dari sekolah atau perguruan tinggi tak tercapai, maka kamu bisa mencari di tempat lain, karenanya tambah porsi belajar agar kesempatan lulus beasiswa juga semakin besar. Walaupun bukan pilihan utama tapi cobalah cari tempat kuliah dengan sedikit peminat, dengan begitu peluang untuk mendapatkan beasiswa juga semakin besar.

Jadilah website hunter


Informasi beasiswa saat ini sudah jarang disiarkan melalui papan pengumuman, apalagi di jaman sekarang ini dimana semuanya sudah serba online. Banyak informasi beasiswa yang disebar melalui website untuk itu rajin-rajinlah browsing dan bersahabat dengan dunia internet.

Beasiswa di internet juga berarti bicara soal speed, jadi selalu perbaharui informasi CV agar sewaktu-waktu diperukan tidak pusing dengan urusan CV.

Lihat Peluang

Jika biasanya kamu mencari beasiswa hanya berfokus pada satu perguruan tinggi atau instansti tertentu, namun sudah sering mencoba tetap gagal, sebaiknya ubah model pencarian. Banyak tempat lain yang menawarkan beasiswa, lihat peluang di beberapa tempat lainnya yang sesuai minat dan bidang.

Rajinlah bertanya misalnya di bagian tata usaha sekolah atau kampus. Jika ada, manfaatkan peluang tersebut, yang penting harus rajin-rajin mencari informasi dan peluang beasiswa.

Beasiswa lewat jalur Prestasi

Beasiswa melalui jalur penelusuran prestasi biasanya diselenggarakan oleh masing-masing universitas ataupun institute tertentu untuk menyaring mahasiswa yang memiliki bakat serta kemampuan akademik unggul dibandingkan calon mahasiswa biasa.

Jalur ini tidak hanya memandang berdasarkan variabel nilai akademik yang dimiliki calon mahasiswa semata, namun juga bakat yang dimilikinya. Adapun waktu penyelenggaraan lewat jalur prestasi tergantung jadwal yang disusun oleh universitas atau institute.

Memang, tak semua perguruan tinggi menggunakan cara ini untuk menyaring siswa berprestasi, untuk itu siswa yang menginginkan beasiswa melalui jalur prestasi disarankan untuk mencari informasi terlebih dahulu seperti halnya jalur prestasi yang sedang digelar oleh salah satu universitas islam terkemuka di Jakarta berikut ini.

Universitas terkenal di Jakarta ini membuka beasiswa jalur prestasi dengan empat kategori, yaitu kategori siswa berperingkat lima besar dari sekolah berakreditasi A, kategori siswa berperingkat lima besar di kelas dari sekolah berakreditasi A, kategori siswa berprestasi di bidang seni dan olahraga di tingkat internasional, dan kategori siswa berprestasi di bidang seni dan olahraga di tingkat nasional.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai masuk universitas dengan jalur beasiswa prestasi silahkan klik di sini


Sponsored by:


Universitas Al-Azhar Indonesia

Artikel Selanjutnya
Ditinggal Nikah Mantan, Haruskah Langsung Cari Pengganti?
Artikel Selanjutnya
3 Hal yang Harus Kamu Hindari Biar Nongkrong Jadi Lebih Asyik